Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Dari Empat Jenis Babat Sapi, Cuma Tiga Yang Umum Diolah Menjadi Hidangan Lezat

Babat adalah daging yang berasal dari jeroan hewan, biasanya lambung sapi, yang diolah dan disantap sebagai lauk atau sebagai bagian dari masakan lain, misalnya soto babat, nasi goreng babat dan sebagainya. Teksturnya kenyal dan memiliki citarasa tersendiri, oleh sebab itu banyak yang menyukainya. Ada empat jenis babat sapi yang ternyata memiliki tekstur berbeda-beda. 

Dari empat jenis babat sapi, ada tiga jenis yang biasanya diolah menjadi hidangan yaitu:

 

1. BABAT RUMEN

Disebut dengan babat handuk. merupakan lapisan lambung yang pertama dan berukuran besar. Berbentuk pipih serta halus seperti handuk. Dilansir dari Masterchef, Biasanya jenis babat ini diolah menjadi campuran nasi goreng yang lezat.

 

2. BABAT RETIKULUM

Umum dikenal sebagai babat sarang lebah. Menurut Live Strong, babat sarang lebah memiliki tekstur yang lebih lembut dari babat handuk, dengan celah mirip sarang lebah. Babat jenis ini rasanya yang empuk, dengan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan jeroan sapi lainnya. Babat jenis ini biasanya diolah menjadi soto atau gulai.

 

3. BABAT OMASUM

Atau babat buku merupakan lapisan ketiga dari lambung sapi. Dengan tekstur yang unik, perpaduan antara babat handuk dan babat sarang lebah yang tebal dibagian dalam namun tipis dan lembut dibagian lembarannya. Babat buku biasanya diolah dengan cara diungkep dan dimasak dengan cara digoreng. Disajikan dengan sambal terasi merah pedas dan nasi putih.

 

4. BABAT ABOMSUM

Merupakan lapisan keempat dari lambung sapi yang paling berlemak, menurut  Healthline. Teksturnya kenyal dan rasanya bervariasi dari yang kuat hingga lembut. Inilah jenis babat yang jarang diolah menjadi masakan.

 

Sumber: kompas.com