TRANSLATE

Peluang Usaha Lebih Banyak Jika Bergabung Dalam Satu Komunitas Peternak

Peluang usaha adalah sebuah kesempatan untuk melakukan bisnis dengan kegiatan dan aktivitas tertentu, yang bisa mendatangkan manfaat dan keuntungan. Jadi tidak hanya untung tapi juga bermanfaat, agar bisnis yang dilakukan bisa berkelanjutan.

Bagaimana cara menemukan peluang usaha? Cara paling mudah adalah memulainya dari pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini. Kenapa? Pastinya banyak pengetahuan yang sudah dikuasai.

Sebagai contoh adalah para peternak sapi di Desa Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjungsari, Lampung. Mereka tergabung salam satu komunitas dengan nama "Peternakan Penyelamat Sapi Produktif" yang disingkat PPSP. Penghasilannya tidak hanya dari jual beli sapi, tapi memanfaatkan peluang untuk mengolah limbah peternakan, yaitu kotoran dan air kencing (urine) menjadi pupuk berkualitas.

PPSP mengelola satu kandang yang berisi 121 ekor sapi, milik 20 orang peternak dengan rata-rata kepemilikan antara 5 hingga 10 ekor. Perawatan dilakukan oleh masing-masing pemiliknya, berikut pemberian pakan, mengumpulkan kotoran berikut kebersihannya.

Hasil dari penjualan kotoran dan urine sapi milik masing-masing warga itulah yang nantinya menjadi penghasilan sampingan. Tidak main-main, omset dari hasil penjualan kotoran sapi itu mencapai Rp 15.000.000 per tahun.

Saat ini penjualan kotoran dan air kencing masih menjadi penghasilan tambahan, kedepannya akan diupayakan bisa menjadi penghasilan pokok.

Sebagai peternak apakah anda tidak mau ambil peluang ini?

Sumber: www.radarlamsel.com

BALITNAK - Balai Penelitian Ternak

Sejarah berdirinya Balitnak - Balai Penelitian Ternak (Balitnak) merupakan gabungan dua Unit Kerja bidang peternakan yaitu Lembaga Penelitian Peternakan (LPP) di jalan Raya Pajajaranm, Bogor dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak (P3T) di Ciawi, Bogor pada tahun 1981. Sejalan dengan perkembangannya, sejak didirikan masing-masing unit kerja tersebut telah beberapa kali mengalami perubahan nama. Baca selengkapnya...

Pernak Pernik Sapi Dijual

Celengan Plastik Sapi

Tinggi 12 cm, Lebar 6 cm, Panjang 5,5 cm

Pensil Motif Sapi

Pensil Faber Castell. Panjang 17,4 cm

Patung Keramik Pasangan Sapi

Tinggi 13 cm, Panjang 5,5 cm, Lebar 3,5

Magnet Kulkas Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm

Pensil Box Susu Sapi

Panjang 21 cm, Dilengkapi dengan per.

Sendok Bayi Gambar Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm