RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Semua Makanan Untuk Manusia Yang Tidak Lagi Bisa Dikonsumsi, Bisa Jadi Bahan Baku Pakan Sapi

Pakan sapi dapat dibuat dengan mudah. Hanya dengan menggiling semua bahan baku menggunakan mesin menjadi serpihan, kemudian dikemas dalam karung ukuran 50 Kg. Bahan bakunya juga banyak macamnya seperti sisa sukro, senek, ikan asin juga kurma. Pokoknya, semua makanan yang tidak bisa lagi dikonsumsi manusia bisa jadi pakan sapi.

Demikian yang dikatakan oleh Haji Maulud atau lebih dikenal dengan nama 'Haji Ulud'. Lebih 30 tahun Haji Ulud menjalankan bisnis ini, bahkan menjadi satu-satunya produsen pakan sapi di Kabupaten Garut.

Nyaris semua peternak sapi di Garut menjadi pelanggannya, terbanyak ada di Kecamatan Bayongbong dan Kecamatan Sukaregang. Ketika ditanya mengenai pengaruh pandemi Covid-19 pada bisnisnya, jawabannya agak diluar dugaan.

Semua Makanan Yang Tidak Lagi Dikonsumsi Manusia Bisa Jadi Bahan Baku Pakan SapiDi saat pandemi seperti sekarang ini dimana banyak sekali perusahaan yang gulung tikar, bisnis pakan sapi Haji Ulud masih berjalan, bahkan terjadi lonjakan permintaan.

Peningkatan terjadi karena sapi para peternak sapi hanya bisa membeli pakan dari produsen terdekat, saat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di Garut. Kondisi ini membuat pabrik pakan sapi Haji Ulud banjir pesanan. 

Walaupun demikian, Haji Ulud tidak serta merta menaikkan harganya yakni tetap Rp2.400 per Kg.

Dalam sebulan Haji Ulud bisa menjual produknya sekitar 60 ton. Ia tidak memiliki rencana meningkatkan jumlah produksinya, karena pabrik pakan sapi yang terletak di Komplek Perumahan Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi itu hanya memiliki 12 orang pekerja saja.

Alasannya, Haji Ulud ingin fokus juga pada dua unit bisnisnya yang lain, yaitu minyak kacang dan bungkil kedelai sebagai bahan baku pembuatan oncom.

Bagaimana, apakah anda berminat jadi pengusaha pakan sapi?

 

Sumber: ayobandung.com

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Mengenali Penyakit Dan Gangguan Reproduksi Sapi Via Aplikasi Android

Para peneliti dari Balai Besar Penelitian Veteriner, telah mengembangkan sebuah aplikasi android untuk membantu para peternak sapi yang ingin mengetahui penyakit dan gangguan reproduksi pada ternaknya. Aplikasi ini diberi nama TAKESI, singkatan dari Teknologi Android Kesehatan Sapi ini, terdiri dari empat fitur, yaitu penyakit dan gangguan reproduksi pada sapi indukan, penyakit dan gangguan pada anak sapi, manajemen kesehatan sapi dan kontak ahli. Baca selengkapnya...
mobil dan kotoran sapi

Menang Kontes Modifikasi Mobil Berkat Kotoran Sapi

Semua yang tercipta di bumi memang terdapat manfaatnya masing-masing, bahkan hal yang terkadang kita remehkan sekalipun bisa berfungsi dengan baik apabila kita kreatif dalam memaksimalkan fungsinya pada tempat yang benar, termasuk dengan kotoran sapi ini. Contohnya adalah modifikasi mobil dengan kotoran sapi. Apa? Bagaimana hal itu bisa dilakukan? Baca selengkapnya...

Film Tentang Wanita Peternak Sapi, Sang Pahlawan Keluarga

Mita Kopiyah atau akrab disapa Mita memulai usaha pemeliharaan sapi sejak sejak 2005. Ide usaha itu berasal dari pemikiran suaminya dan dijalankan kerja keras, ia kemudian dapat membeli satu dari 3 sapi yang dirawatnya. Kini, perempuan dari Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, telah memiliki sekitar 16 sapi. Setiap hari ada sekitar 75-100 liter susu sapi dari hasil ternaknya. Baca selengkapnya...