RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Sapi Jenis Hereford Ternyata Juga Butuh Aplikasi Cari Temen Kencan

Mencari pasangan yang cocok dan sesuai memang tidak mudah. Walaupun punya pergaulan luas, belum tentu bisa mendapatkannya. Hal tersebut membuat orang melirik ke dunia maya. Di era digital seperti sekarang ini, menemukan jodoh bisa dilakukan melalui ponsel pintar plus akses internet. Salah satunya adalah dengan bantuan aplikasi seperti Tinder yang disebut sebagai aplikasi cari teman kencan yang paling terkenal dan paling banyak digunakan.

Cara menggunakannya cukup mudah, namun aplikasi ini mengharuskan pengguna berusia lebih dari 18 tahun agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan  karena cara berpikir yang masih kekanak-kanakan.  Jika menyukai seseorang, silahkan memberi ‘like’ pada foto. Jika ternyata calon teman kencan yang  dipilih juga menyukai anda, akan ada tanda ‘match’ dan bisa lanjut ke proses pendekatan satu sama lain.

Perkembangan teknologi memang luar biasa, tidak hanya bagi manusia tapi juga hewan ternak seperti sapi. Demikian juga dengan aplikasi cari teman kencan. Jika Tinder sangat bermanfaat bagi manusia, aplikasi sejenis untuk sapi namanya Tudder.

Aplikasi ini pertama kali digunakan di Britania Raya, untuk membantu hewan mencari belahan jiwa mereka, alias pasangan pembiakan, dengan menampilkan profil data sapi dari 42 peternakan di seluruh Inggris.

Pengoperasiannya juga cukup mudah, peternak cukup menggeser layar gadget ke kiri atau kanan demi mencari pasangan yang pas untuk beberapa jenis sapi khusus milik mereka seperti sapi Hereford. Setelah menemukan yang cocok berikut data peternaknya, dilanjutkan dengan negoisasi biaya untuk mengawinkan sapi Hereford tersebut. 

Hereford adalah sapi subtropis yang berasal dari daratan Eropa ini,  sejatinya adalah sapi potong keturunan bos Taurus yang dikembangbiakkan di daerah Hereford, dekat Lembah Severn River, Wales, Inggris Raya, namun juga berkembang sebagai sapi perah. Jika ditelusuri sejarahnya, Hereford adalah nenek moyang dari sapi favorit para peternak  yaitu Brahman Cross. 

Di daerah asalnya, ternak sapi ini disebut dengan nama White Face Cattle. Sapi Hereford yang asli selalu bertanduk, umumnya berasal dari Lembah Severn River, Wales. Sedangkan yang tidak bertanduk adalah hasil kawin silang antara Hereford asli dengan sapi jenis lain.

Dibandingkan dengan ternak sapi jenis lain, Hereford merupakan sapi potong yang bisa menghasilkan daging dalam jumlah yang sama namun dengan waktu pemeliharaan yang lebih singkat. 

Walaupun berasal dari Inggris, Hereford diternakkan secara profesional di Amerika Serikat pada tahun 1840-an, kemudian tersebar di Selandia Baru, Afrika Selatan, Kanada, serta Australia. Karakternya yang baik (relatif jinak), dagingnya banyak, cepat besar, mudah bunting, tulangnya kuat serta mudah beradaptasi, membuat sapi Hereford disukai dan mulai diternakkan di sejumlah negara beriklim subtropis.

Sapi Hereford memiliki ciri khusus yang membuatnya sangat mudah dibedakan dengan sapi jenis lain, seperti:

  • Bulu badan didominasi warna merah kecokelatan, kecuali bulu pada bagian muka.
  • Bulu putih juga terdapat pada perut bagian bawah, sisi badan, keempat kaki, leher, serta ekor.
  • Posturnya tegap
  • Tubuhnya lebar

 

Namun, di balik karakternya yang kuat, sapi Hereford memiliki kelemahan yang cukup serius. Sapi ini rentan terhadap penyakit  cancer eye dan pink eye karena pengaruh faktor pigmen pada tubuhnya.

Lantas, bagaimana kisahnya sapi potong ini bisa digolongkan menjadi sapi perah juga? Berawal dari negara-negara produsen susu seperti Australia dan Amerika, yang mencoba melakukan kawin silang sapi Hereford dengan sapi jenis Brahman. Tujuannya untuk menghasilkan ternak sapi jenis pedaging sekaligus sapi perah produk hybrid yang unggul.

Hasil kawin silang yang diberi nama Brahman Cross ini nantinya banyak diminati para peternak sapi di berbagai belahan dunia, namun fungsinya bukan sebagai sapi perah sesuai tujuan awal, namun dominan menjadi sapi potong.

Di Indonesia sendiri, sapi Hereford jenis silang (Brahman Cross) mulai diimpor ke Sulawesi dari Australia pada tahun 1973. Sapi Brahman Cross juga pernah didatangkan ke Pulau Sumba untuk memperbaiki mutu genetik sapi Ongole di sini.

Kembali ke aplikasi cari teman kencan untuk sapi. para peternak mengakui jika aplikasi Tudder mempermudah pekerjaannya. Sebenarnya Tudder bukanlah aplikasi cari teman kencan untuk hewan ternak yang pertama. Pada tahun 2014, sekelompok asosiasi pembiakan sapi di Perancis meluncurkan situs trouverlebontaureau.com, yang artinya “Temui Sapi Yang Pas”

Di situs tersebut, peternak dapat memilih donor sperma yang cocok untuk sapi betina mereka dari 300 ekor sapi jantan berkualitas yang ditampilkan datanya. Setelah menetapkan pilihan, sperma sapi jantan tersebut akan dikumpulkan untuk kemudian dikirim kepada peternak yang memesannya. 

 

Luar biasa! Apakah anda tertarik untuk mulai membudidayakan sapi Hereford dan mencarikan jodohnya dengan aplikasi cari teman kencan?

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Cara Benar Cincang Daging Sapi Pakai Pisau, Hasilnya Halus dan Rata

Daging sapi tak hanya diolah dalam bentuk potongan, bisa pula digiling atau dicincang. Daging sapi cincang umumnya digunakan untuk membuat sambal goreng atau bola daging. Daging sapi cincang dapat dibuat sendiri di rumah, dengan memakai blender atau food processor agar hasilnya rata dan lembut. Namun jika tak memiliki alat tersebut, bisa menggunakan pisau. Caranya sebagai berikut: Baca selengkapnya...
  • 64

    Toko Daging Mang Oong

    Ayo belanja di pasar tradisional Sedia daging sapi lokal berkualitas (Hasil pemotongan terbaru dari RPH): Daging sop soto rendang semur sate Tualng iga tulang rangu kaki sapi Gajih jando urat Tetelan hati paru babat usus

MANFAAT SUSU SAPI

Perlakuan Yang Baik dan Benar Dapat Menjaga Kualitas Produk Susu Segar

Banyak dari anda yang mungkin suka dengan susu sapi. Produk peternakan tersebut memang kaya gizi dan menyehatkan. Citasanya pun sangat enak, apalagi di jaman sekarang ini mulai banyak sekali varian rasa yang bisa ditambahkan sehingga rasanya lebih segar. Namun demikian, susu sapi terbaik untuk dikonsumsi tetaplah susu segar. Baca selengkapnya...
  • 53

    Ayo Bergabung Bersama Kami, Terbatas Hanya 1 Agen Untuk 1 Kecamatan

    Kami SagaraMilk peternak dan penyalur SUSU SAPI & SUSU KAMBING SEGAR 100% MURNI dari Kabupaten Bandung mencari mitra kerjasama UMKM seperti : Agen & Reseller SUSU. Warung/Kedai. Produk olahan berbahan SUSU SAPI atau SUSU KAMBING. Catering untuk karyawan pabrik/kantor. Siap antar wilayah Bandung, Karawang, Bekasi, Jakarta Timur

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Jenis Sapi Potong Unggulan yang Banyak di Ternak

Sapi potong – Jenis daging yang sampai saat ini masih dipatok harga cukup tinggi adalah daging sapi. Daging sapi tidak hanya lezat, namun juga penuh gizi. Mengonsumsi daging sapi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebab daging sapi sebagai sumber protein dan besi. Baca selengkapnya...