RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Perlakuan Pada Sapi Perah Jantan Sebagai Penghasil Daging Yang Enak Untuk Barbeque

Sapi perah jantan yang kurang berkualitas sebagai pemacek umumnya dimanfaatkan sebagai sapi potong untuk menghasilkan daging yang enak untuk barbeque. Sapi perah jantan umumnya akan dikawinkan dengan sapi betina ketika menginjak usia 10-11 bulan, sebanyak 1-2 kali perkawinan. Jumlah perkawinan sapi akan meningkat seiring usia sapi jantan, dan biasanya para peternak mengawinkan sapi sebanyak 2 kali dalam satu minggu.

Pejantan yang dikawinkan terus-menerus selama dua minggu, atau satu periode perkawinan selama tiga bulan, bertujuan untuk mendapatkan anak yang sejenis/seragam dalam satu musim kawin.

Sejak usia dua tahun, seekor sapi jantan dapat mengawini sekitar 60 ekor sapi perah betina dalam setahun. Berbeda jika menggunakan inseminasi buatan, pejantan dapat mengawini sampai dengan 10.000 ekor betina dalam kurun waktu 1 tahun. Seiring pertumbuhan sapi jantan, kemampuannya dalam membuahi betina pun kian meningkat.

Kemampuan tertingginya dicapai saat sapi berusia 5-7 tahun. Oleh karena itu, biasanya sapi jantan dipertahankan peternak dalam waktu lama, bisa sampai 15 tahun lebih. Sayangnya tidak semua sapi jantan bagus digunakan sebagai pejantan atau pemacek. Ada pula sapi jantan usia 1-2 tahun yang terpaksa dikebiri kemudian dimanfaatkan sebagai penghasil daging yang enak untuk barbeque.

Jenis sapi seperti ini disebut dengan steer. Selain istilah steer, ada juga istilah stag yang digunakan untuk menyebut sapi jantan yang berusia lebih dari 2 tahun dan harus dikebiri lalu dijadikan sapi potong. Meski setengah dari anak sapi yang dilahirkan adalah sapi jantan, akan tetapi hanya sebagian saja yang cocok dijadikan sapi pemacek atau sire. Peternak akan memelihara sisa pedet untuk menghasilkan veal (pedet sapi perah).

Anak sapi yang tidak cocok dijadikan pejantan atau pemacek penanganannya berbeda-beda, di antaranya:

  • Anak sapi berumur beberapa hari bisa dijual untuk kemudian dipotong sebagai sumber daging yang enak untuk barbeque. Jenis sapi ini disebut dengan istilah bob veal/veal calves atau deacon calves;
  • Dipelihara sebagai feeder calves dengan tujuan supaya dapat menjadi dairy beef.

Sapi jantan dewasa atau yang dikenal dengan sebutan bull pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan sapi dara. Semakin dia bertumbuh, sapi jantan akan kian sulit ditangani bahkan bisa menyerang dan mengancam keselamatan peternak. Oleh sebab itu, pedet jantan yang telah usai masa veal biasanya akan dikebiri atau dikastrasi. Pemberian pakan pedet sapi perah pun tidak bisa sembarangan apabila ingin memperoleh hasil optimal, dibawah ini ada beberapa jenis pakan sesuai tujuannya yaitu:

1. Pakan untuk Veal Calves Sebagai Penghasil Daging Yang Enak Untuk Barbeque

Veal calves merupakan pedet sapi perah yang telah berumur 6-8 minggu dan berat badannya mencapai 100 kg. Karakter pedet yang satu ini adalah karkasnya yang cenderung berotot disertai lapisan lemak punggung dan diharapkan dapat menghasilkan daging berkualitas yang berwarna merah muda. Pakan veal calves adalah susu atau pengganti susu. Patokan pemberian susu sebanyak 5 kg untuk setiap kilogram daging yang dihasilkan. Pakan berupa pengganti susu sebanyak 0,7 kg per 1 kg daging.

2. Pakan Feeder Calves

Tujuan pemeliharaan anak sapi ini adalah demi mendapatan keuntungan besar ketika dijual. Sehingga sebisa mungkin membuat sapi mencapai berat 200-370 kg ketika telah berumur 6 bulan. Pemberian pakan untuk feeder calves sebanyak 2,5 kg konsentrat setiap harinya plus hijauan.

3. Pakan Yearling Steer 

Tidak semua veal calves dijual atau dipotong. Sisa veal calves tersebut akan dipelihara hingga usianya genap setahun yang dikenal dengan nama yearling steer. Setiap hari yearling steer diberi pakan berupa konsentrat dan aneka jenis hijauan sebanyak 1-1,5 kg. Diharapkan bobot tubunya dapat mencapai 360 kg dalam satu tahun.

4. Pakan Dairy Beef

Yearling steer yang dipelihara hingga mencapai bobot 500 kg dan sudah dapat disembelih disebut dairy beef. Berikan hijauan sebanyak mungkin agar cepat mencapai berat yang diinginkan. Pakan konsentrat wajib dikurangi.

Demikian pembahasan mengenai sapi jantan sebagai penghasil daging yang enak untuk barbeque dan cara ternak sapi jantan dengan pemberian pakan yang tepat. Berikan pakan dengan benar agar pertumbuhannya maksimal.

Baca juga: Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

  • 164

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Teknik Memasak Daging Wagyu Jepang Ternyata Tidak Bisa Sembarangan

Daging wagyu jepang merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan daging wagyu jepang? Sesuai namanya, daging wagyu adalah daging yang berasal dari sapi ras jepang. Baca selengkapnya...
  • 22

    Sedia Daging Slice Sapi Untuk BBQ Di Trusmi Plered, Cirebon

    Sukiyaki, Teriyaki, Yakiniku, Shabu-shabu dll. Kami juga menyediakan berbagai macam daging sapi kualitas super. Siap isi Rumah makan, bbq deliveri dll. Produksi Sendiri. Kemasan Styrofoam 250gr, 500gr. Bersih, Premium, Higienis dan Frozen Food. 100% Halal. Keunggulan Produk Kami? "Sehat, Aman, Halal, Utuh dan Toyiban " (SAHUT): SEHAT : Daging memiliki zat-zat yang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan pertumbuhan tubuh manusia AMAN : Daging tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik…

MANFAAT SUSU SAPI

Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kedelai

Susu sapi dan susu kedelai sachet merupakan dua jenis minuman yang sudah sangat familiar di sekitar kita. Pasti banyak dari kita yang tahu perbedaannya, dimana susu sapi sudah tentu diambil atau diperah dari sapi perah. Sementara itu, susu kedelai sachet diperoleh dari kacang kedelai yang sudah diolah sedemikian rupa, kemudian dikemas didalam sachet. Baca selengkapnya...
  • 43

    Jual Susu Sapi Murni Ready Setiap Hari

    Langsung dari Koperasi susu SUKA MAKMUR, Grati, Pasuruan. Asli tanpa campuran air dan tambahan apapun Harga: 16ribu/liter (mentah) Pembelian 10Liter harga reseller Yang kemasan botol siap minum juga ada 6ribu/botol (250ml), pembelian Minimum 4botol Free ongkir GKB, randu agung, pongangan dan cerme

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Simmental Sapi Favorit Peternak Generasi Millenial

Apa yang dimaksud dengan generasi Millenial atau generasi Y, yang juga akrab disebut sebagai generation me atau echo boomers? Memang tidak ada kriteria khusus untuk menentukan kelompok generasi yang satu ini. Namun beberapa pakar menggolongkannya berdasarkan tahun lahir awal dan akhir, dengan rentang tahun antara 1980 -1999 Masehi. Sedangkan manusia kelahiran tahun 2000 M sampai sekarang disebut dengan generasi Z atau Z Generation. Baca selengkapnya...
  • 41

    Ready Stok Sapi Perempuan

    Hasil kawin suntik Lemosin Induk muda 2x produksi Peranggang/doro Induk anak rambon cocok kawin suntik/ib Induk anak sapi bali Satuan bisa, borongan lebih ringan.