RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Jangan Berharap Untung Terlalu Muluk Jika Sapi Berbau Busuk

Manusia dianugerahi indra penciuman yaitu hidung untuk dapat membaui segala sesuatu yang ada di sekitarnya baik itu yang wangi ataupun busuk. Seperti apa sebenarnya bentuk bau-bauan itu? John Crimaldi, seorang ahli mekanika ingin mengetahui bagaimana manusia dan binatang dapat memetakan aroma dan menggunakan indra mereka untuk menjelajah.

Agar nantinya, ia bisa merancang sebuah "robot penciuman" yang bisa membedakan berbagai aroma secara otomatis. Selama ini kita menggunakan binatang untuk mengendus adanya bom, obat terlarang, orang hilang dan beberapa jenis penyakit. Crimaldi berharap "robot penciuman" suatu hari nanti bisa menggantikan binatang yang seringkali mempertaruhkan nyawa mereka dalam situasi yang berbahaya.

Salah satu jenis penyakit pada sapi yang mengeluarkan bau busuk adalah Foot Root alias kuku busuk. Penyakit ini menyerang ternak sapi, baik  sapi potong maupun sapi perah. Penyebabnya adalah kuman Fusiformis Necrophorus. Kuman ini masuk ke dalam celah kaki ketika kaki sapi terluka (biasanya terjadi akibat menginjak atau tergores benda tajam seperti paku, pecahan kaca atau serpihan kayu) di tempat yang berair dan kotor

Akibatnya sapi bisa mengalami kelumpuhan. Kuman Fusiformis Necrophorus ini sebenarnya hanya dapat bertahan sekitar tiga minggu di alam bebas (seperti di tanah peternakan sapi atau kotoran sapi). Namun ketika kuman ini masuk ke celah kuku, dapat bertahan hingga bertahun-tahun.

Dampak dari Penyakit kuku busuk ini sangat merugikan karena:

  • Menurunkan nafsu makan pada sapi, karena rasa sakit di area kuku kaki.
  • Sapi semakin kurus karena turunnya nafsu makan tadi.
  • Tampilan sapi jadi kurang menarik pada saat akan dijual.
  • Tergolong jenis penyakit yang cepat menular.
  • Menimbulkan komplikasi dengan penyakit lain.


Untuk mencegah kerugian yang besar, penyakit kuku busuk ini harus segera ditangani begitu terlihat gejala awalnya, yaitu:

  • Pembengkakan pada celah kuku dan tumit.
  • Bagian kuku yang sakit mengeluarkan cairan kuning dan berbau busuk. Bau busuk ini merupakan akibat dari matinya jaringan sel yang diserang oleh kuman  Fusiformis Necrophorus.
  • Selaput pada bagian kuku kaki terkelupas, akibat dari matinya jaringan sel di bagian tersebut.
  • Sapi terlihat pincang dan kesakitan saat berjalan. Jika dibiarkan tanpa tindak lanjut, sapi dapat mengalami kelumpuhan.

Lalu, apa yang harus dilakukan peternak jika menemukan sapi dengan gejala di atas? Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan pada sapi yang terindikasi penyakit kuku busuk:

  • Rendam kaki sapi yang sakit dengan larutan Formalin 10% atau Copper Sulphate 3%.
  • Jika sapi tidak menunjukkan perbaikan pada kondisi kesehatannya, maka sapi harus disuntik dengan larutan sulfat dan antibiotik berdasarkan saran dari dokter hewan. Setelah disuntik, kaki sapi harus dijaga agar tetap kering. 
  • Pada perawatan selanjutnya, pengobatan haruslah berada di bawah bimbingan dokter hewan. Rencana-rencana pengobatan yang akan dilakukan harus disetujui dan dilakukan dibawah pengawasan dokter hewan.


Dari semua langkah yang diberikan untuk mengantisipasi penyakit kuku busuk ini, langkah terpenting adalah mencegah datangnya penyakit kuku busuk tersebut (karena pencegahan lebih baik dari pengobatan) dengan cara:

  • Menjaga kebersihan peternakan, terutama ventilasi dan sanitasi di bagian kandang. Peternakan yang bersih akan membuat bakteri dan kuman sulit untuk berkembang.
  • Mengadakan pemeriksaan kesehatan secara berkala, terutama pada bagian kuku sapi. Kuku sapi harus selalu dipastikan sehat dan bersih.

Dengan adanya informasi ini, para peternak sapi diharapkan dapat mencegah terjadinya penyakit kuku busuk pada sapi dan meningkatkan kualitas kesehatan ternak sapi yang dikelolanya. Tak kalah penting selalu memeriksa tempat yang berair agar selalu bersih.

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Bikin Gepuk Daging Sapi Khas Sunda, Jangan Pakai Bagian Has Dalam!

Gepuk adalah makanan khas sunda yang terbuat dari daging sapi,terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan, kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut. Jika akan disajikan goreng gepuk dengan sedikit minyak hingga kecokelatan dan angkat. Gepuk akan lebih enak di santap dengan… Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Apa Istimewanya Susu Milku?

'White Gold from the Heart of Europe' adalah salah satu kampanye dari negara Belgia, untuk menyampaikan kepada publik, bahwa produk-produk olahan susu sapi dari Belgia memiliki kualitas prima dan nutrisi yang tinggi, serta diolah dengan mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan. Baca selengkapnya...
  • 54

    Ayo Bergabung Bersama Kami, Terbatas Hanya 1 Agen Untuk 1 Kecamatan

    Kami SagaraMilk peternak dan penyalur SUSU SAPI & SUSU KAMBING SEGAR 100% MURNI dari Kabupaten Bandung mencari mitra kerjasama UMKM seperti : Agen & Reseller SUSU. Warung/Kedai. Produk olahan berbahan SUSU SAPI atau SUSU KAMBING. Catering untuk karyawan pabrik/kantor. Siap antar wilayah Bandung, Karawang, Bekasi, Jakarta Timur

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Fakta Sapi Bali yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya sapi Bali bukan? Sapi Bali sendiri merupakan jenis sapi unggul asli dari Bali Indonesia. Baca selengkapnya...