RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Pakan Sapi Produk Indonesia Ternyata Diminati Peternak Brunei Darussalam

Di Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, terdapat koperasi yang eksistensinya tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi masyarakat sekitar, khususnya anggota. Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) Syariah namanya. Berdiri pada 27 Mei, dengan nama Koperasi Unit Desa (KUD) Jabung, sebelum bertransformasi seperti sekarang.

KAN Jabung Syariah mempunyai usaha inti berupa peternakan sapi perah, unit usaha yang memproduksi pakan ternak (konsentrat), serta menyediakan  kebutuhan sarana peternakan lainnya seperti susu pedet, ember perah, milk can (kaleng susu), karpet sapi, dan sebagainya.

Awalnya, produksi pakan ternak sapi merk JABFeedd dari Koperasi KAN Jabung Syariah, hanya untuk mencukupi kebutuhan anggota. Tetapi, seiring perkembangannya juga melayani penjualan kepada  pihak eksternal, bahkan ke pasar international dengan  ekspor perdana ke Brunei Darussalam, pada 30 April 2021, dan terus berlanjut.

Pada 7 Februari 2022, Lima puluh dua ton pakan ternak sapi hasil produksi Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah Jawa Timur yang dimuat dalam dua kontainer tiba lagi di Brunei dan langsung diantarkan ke pembeli dengan pembongkaran kontainer disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI juga berdiskusi dengan para pembeli yang merupakan para pelaku usaha peternakan Brunei guna menjajaki peluang atas produk potensial lainnya dari Indonesia, berupa sarana produksi peternakan dan  pertanian, seperti pupuk, vitamin, mesin pertanian, dan bibit unggul. Untuk itu, KBRI Bandar Seri Begawan senantiasa siap memfasilitasi ekspansi ekspor produk dan jasa pertanian Indonesia ke Brunei Darussalam.

Para pengusaha Brunei juga menaruh harapan dapat mendatangkan domba siap potong asal Indonesia dalam waktu dekat,  guna mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang Hari Raya Idul Adha. Bahkan terungkap pula minat mengimpor daging beku asal Indonesia karena cita rasa yang cocok dengan selera masyarakat Brunei.

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Mbah Gareng, Sapi Monster Dari Purworejo

Mbah Gareng adalah nama seekor sapi yang dinobatkan sebagai sebagai sapi terberat di Indonesia, karena bobotnya mencapai 1.130 kilogram. Dengan kulitnya berwarna putih keabu-abuan, badannya memang tampak kekar berotot, bahkan tingginya mencapai dua meter dari kaki sampai ke punuk. Baca selengkapnya...

Sama Seperti Manusia, Sapi Wagyu A5 Harus Dipakaikan Jaket Ketika Cuaca Dingin

Daging sapi wagyu A5 ini memang spesial dibanding daging lain, hingga membuat Chef Arnold Purnomo harus menggunakan tisu ketika memotongnya, untuk menghindari supaya lemaknya yang lezat tidak lumer. Wagyu berasal dari gabung dua kata Jepang yakni ‘Wa’ yang berarti Jepang dan ‘Gyu’ yang berarti daging sapi. Sedangkan A5 yang disematkan setelah kata Wagyu adalah nilai dari daging sapi tersebut. Baca selengkapnya...

Bisakah Susu UHT menggantikan ASI / Susu Formula?

Susu UHT merupakan salah satu jenis susu yang sangat terkenal di Indonesia. susu ini memiliki proses yang berbeda dengan susu lainnya dan justru inilah yang terkadang membuat orang khawatir tentang nutrisi yang dikandung oleh susu UHT. Bahkan ada beberapa pihak yan memiliki asumsi keliru tentang kualitas susu UHT yang dibandingkan dengan susu segar. Baca selengkapnya...