RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Mengungkap Perjalanan Daging Sapi di Event Ngopi Bareng Peternak Indonesia

Yayasan CBC Indonesia bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Cattle Buffalo Club, Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI), dan duniasapi.com menyelenggarakan acara NGOBAR: Ngopi Bareng Peternak dengan tema “From Farm to the Plate” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Desember 2019 di Auditorium Bale Sawala Universitas Padjadjaran.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk membentuk komunitas baru yang konsen terhadap inovasi dan teknologi bidang peternakan dari hulu ke hilir serta memberikan motivasi kepada peserta untuk ikut berkecimpung di bidang peternakan.

Robi Agustiar selaku ketua RnD dari Yayasan CBC pada sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan awal perkenalan Yayasan CBC Indonesia kepada peternak, komunitas, stakeholder dan khalayak umum.  Kegiatan ini tidak akan dilaksanakan sekali akan tetapi akan ada kegiatan Volume 2 dan seterusnya.

Kegiatan yang disingkat dengan istilah NGOBAR ini adalah sebuah talkshow dengan konsep Brain Storming dan Sharing Session dengan 2 orang narasumber yaitu:

  1. Yudi Guntara Noor, Owner PT Citra Agro Buana Semesta, PT Agro Investama, PT Berkah Citra Agro serta pemilik restoran steak “Its Nice to Meet You”
  2. Hedi Rusdian serta Gianjar Sari Banon selaku Konten Creator dari Channel Youtube “BBQ Mountain Boys”.

Untuk memeriahkan acara, Yayasan CBC juga menyuguhkan “Farmily Tour” dimana peserta yang membawa keluarganya akan diajak keliling kandang ternak untuk mendapat edukasi dan hiburan. 

Yudi Guntara sebagai narasumber segmen pertama,  memulainya dengan mengajak peserta untuk melihat video mengenai kegiatan atau bisnis yang sedang dijalankan yaitu sebuah isu mengenai produk peternakan yang berdaya saing. Menurutnya, produk peternakan (Daging) tidak sesederhana seperti saat disajikan,  namun  melalui proses yang panjang, dimanan kualitas dan system manajemennya harus memenuhi standar yang ada.

Bahkan untuk memenuhi persyaratann,  Yudi harus membuat sendiri  rumah potong hewan Domba/Kambing yang dagingnya akan disuguhkan kepada para konsumen di restorannya. RPH Domba/Kambing ini menjadi satu-satunya di Bandung raya yang telah disertifikasi.

Kegiatan talkshow segment kedua adalah mengajak kedua narasumber, yaitu Yudi Guntara sebagai bagian dari hilirisasi dan Hedi Rusdian serta Gianjar Sari Banon sebagai bagian dari peternak muda agar berdiskusi mengenai hubungan materi yang akan disampaikan.

Kegiatan talkshow segment ketiga dengan narasumber Hedi Rusdian dan Gianjar Sari Banon, membahas mengenai awal mula dibentuk chanel youtube tersebut berangkat dari kekhawatiran tidak adanya pemuda yang tahu proses dibalik tersedianya kopi di meja atau daging steak yang ramai dikalangan anak muda sekarang.

Mereka berdua mencoba mengangkat isu tentang peternak/petani muda yang bisa merubah mindset orang-orang bahwa petani/peternak itu tidak kotor atau kampungan dan kaum melenial untuk bisa berpartipsipasi dalam bidang peternakan/pertanian. Harapan mereka beberapa tahun kedepan akan muncul peternak-peternak muda yang inovatif dan mampu membangun bidang peternakan/pertanian.

Acara ini dihadiri oleh beberapa komunitas yaitu Himpunan Peternak Domba dan Kambing DPD JABAR dan DPC Sumedang, Komunitas Sapi Indonesia, Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia, Ikatan Sarjana Peternakan DPC JABAR I dan Beberapa Akademisi Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Acara didukung penuh oleh BRI Agro, Kalbe Farma, PT. Napindo Media Ashatama, PT. Medion dan Dagingqu sebagai sponsor.

Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu. Baca selengkapnya...

Mari Ikut Mendukung Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Dengan Mencegah Aborsi Pada Sapi

Selama ini pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan pasokan atau produksi daging sapi dalam negeri, antara lain dengan meningkatkan populasi, pengembangan logistik dan distribusi, perbaikan tata niaga sapi dan daging sapi, dan penguatan kelembagaan melalui Sentra Peternakan Rakyat (SPR). Namun upaya tersebut ternyata tidak cukup sehingga perlu dibarengi pasokan dari luar negeri untuk menutup kekurangan yang ada. Baca selengkapnya...

Mengkonsumsi Susu Sapi Terbukti Bisa Meredakan Stress Kerja. Buktikan Sendiri!

Semua orang tentunya tahu bukan mengenai susu sapi? Susu sapi merupakan suatu cairan yang bergizi dan berwarna putih. Bahasan kali ini ialah mengenai susu sapi yang ternyata bisa mengatasi stress kerja. Stress kerja adalah sesuatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seorang karyawan (Rivai, 2004:108). Baca selengkapnya...

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...

Heboh Fenomena Anakan Sapi dengan Indera Penglihatan dan Penciuman Ganda

Pada beberapa waktu lalu pasutri asal Jombang, Slamet (30) dan Misni (31) dikejutkan dengan kelahiran seekor anakan sapi milik mereka yang lahir dengan kondisi tak lazim. Apabila diperhatikan sekilas memang tidak ada yang aneh dengan organ pernafasan anak sapi berwarna hitam putih tersebut. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, terdapat 4 lubang pada bagian hidungnya. Baca selengkapnya...