RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Jenis Sapi Kurban Yang Populer Di Indonesia

Menjelang hari raya Idul Adha, biasanya umat muslim akan berbondong-bondong mencari hewan kurban. Salah satunya adalah mencari sapi yang sehat dan baik untuk disembelih serta dibagikan kepada masyarakat. Saat membeli sapi kurban pun ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik. Diantaranya adalah dari segi harga, kondisi kesehatan, dan jenisnya. Perlu diketahui dengan baik bahwa di Indonesia ada banyak jenis sapi yang bisa digunakan untuk qurban.

Diantaranya sebagai berikut ini;

1.Sapi Limosin

Namanya terdengar unik dan berasal dari wilayah Limousin, Perancis. Ciri khas dari sapi ini adalah warna kulitnya merah bata, krem dan hitam. Kualitas daging dari sapi limosin ini sendiri pun sangat baik, rendah lemak, dan juga empuk. Jadi ketika dikonsumsi akan aman. Selain itu daging sapi limosin ini juga padat, tidak heran jika menjadi salah satu pilihan nomor satu bagi Presiden RI untuk ibadah kurban.

2.Sapi Brahman

Merupakan sapi india yang sudah melegenda. Ciri khas dari sapi ini adalah punuknya besar dan warnanya bervariasi. Antara warna abu-abu muda, merah dan kehitaman. Awalnya sapi ini memang berasal dari India, tetapi negara Amerika Serikat mulai mengembangkan genetik dari sapi brahman. Kemudian di ekspor ke berbagai negara, termasuk ke Indonesia. Satu ekor sapi brahman bisa mencapai 800 – 1100 kg.

3,Sapi Bali

Untuk jenis sapi ini dihasilkan dari genetika banteng asli yang mempunyai kelebihan dalam daya reproduksi dan adaptasi. Jenis sapi bali ini bisa dimasukkan ke dalam daftar hewan qurban terbaik. Kelebihan dari sapi ini adalah dari Bali yang terkenal pariwisata dan keindahan alamnya. Postur sapi bali pun gemuk dengan daging yang padat. Warna dagingnya merah segar, kandungan lemak sedikit, jumlah karkas diatas 50%.

4.Sapi Simental

Bentuk sapi ini kekar dan penuh dengan otot. Sapi ini asalnya dari Swiss dan menjadi salah satu sapi favorit untuk dipakai qurban. Tidak hanya daging yang banyak, namun sapi Simental ini juga bisa dipelihara untuk dijadikan sapi perah. Untuk sapi ini mempunyai warna kulit kemerahan atau cokelat dengan bagian putih di muka, lutut, ekor dan bagian bawah perut. Bobot sapi Simental bisa berkisar antara 700 kg – 1.2 ton.

5.Sapi Ongole

Satu lagi sapi dari India yang memiliki warna putih atau merah dengan ciri khas rambut berwarna hitam di area mata dan ujung ekor. Sapi ini di gadang-gadang sebagai salah satu jenis sapi potong terbaik daerah tropis. Yang mana bisa menghasilkan daging berkualitas. Persentase karkas sapi ini cukup besar, yakni 45 – 58% dengan daging 4.25 kali lebih banyak dibandingkan tulangnya.

6.Sapi Madura

Sesuai namanya, sapi Madura memang berasal dari Madura. Postur tubuh sapi Madura sendiri relatif kecil, bulu warna merah bata dengan corak putih di paha dalam dan perut. Kakinya pun pendek namun sangat kuat untuk menanggung bobot tubuh sapi itu sendiri. Pada bagian kepala sapi ada tanduk setengah melingkar dengan melengkung ke bagian depan. Kelebihan dari sapi ini adalah daya tahan tubuh yang baik untuk menghadapi berbagai macam penyakit. Dari segi harga relatif lebih terjangkau dibandingkan sapi lain. Namun kualitasnya sama baiknya.

7.Sapi Brangus

Terakhir ada sapi Brangus yang dijadikan sapi kurban oleh Presiden Jokowi di tahun 2019. Untuk sapi ini merupakan hasil penyilangan sapi brahman dan sapi angus. Dengan disilangkan kedua sapi tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan sapi potong dengan ketahanan di iklim sulit. Biasanya sapi ini memiliki warna hitam, punuk dan leher pendek, badan besar dan tidak bertanduk.

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Kuliner Legendaris Bogor, Sop Buntut Sapi Mang Endang

Pengen sop buntut sapi yang paling enak di Bogor? Salah satu pilihannya adalah yaitu Sop Buntut Mang Endang Incu (Cucu) Ma Emun.Lokasinya berada di Jalan Sudirman no 60A, dekat dengan Taman Air Mancur. Bagi masyarakat Bogor, kata “Incu (cucu) Ma Emun” adalah brand yang merupakan jaminan mutu bagi sop buntut sapi, utamanya dalam hal rasa dan tingkat keempukannya. Konon khabarnya, sop buntut ini kerap menjadi langganan penghuni Istana Bogor di masa pemerintahan bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Baca selengkapnya...
  • 41

    Monggo Ready Daging Sapi Segar

    Menerima partai kecil atau besarbesar. Menyediakan: Daging, Ati. Babat, Iso, Tetelan, Balungan, Koyor, Iga, Buntut, Paru, dll.

MANFAAT SUSU SAPI

Tak Hanya Kandungan Kalsium Buat Tulang Saja, Ada Sejumlah Manfaat Lain Dari Susu Sapi

Susu hewani seperti susu sapi perah dianggap sebagai minuman yang memiliki kandungan terlengkap. Tak hanya bisa dikonsumsi oleh anak-anak saja, susu sapi juga dapat dirasakan oleh orang dewasa agar kesehatannya bisa terjaga. Manfaat yang paling umum dikenal adalah kandungan kalsium buat tulang yang sangat dibutuhkan. Sayangnya, tubuh manusia tidak mampu memproduksi kalsium sendiri. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Ini Dia Sapi Unggulan Indonesia Yang Dagingnya Lezat, Empuk Dan Tubuhnya Cepat Besar

Cita rasa adalah istilah untuk makanan yang meliputi penampakan, bau, rasa, tekstur, dan suhu. Cita rasa dihasilkan dari kerja kelima macam indra manusia, yakni perasa, penciuman, perabaan, penglihatan, dan pendengaran. Sedangkan yang dimaksud dengan rasa sendiri merupakan hasil kerja pengecap rasa (taste buds) yang terletak di lidah, pipi, kerongkongan, atap mulut, yang merupakan bagian dari cita rasa. Bagaimana dengan cita rasa daging sapi? Baca selengkapnya...