RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Cara Unik Memberantas Parasit di Tubuh sapi

Parasit adalah organisme yang hidup pada atau di dalam makhluk hidup lain (disebut inang) dengan menyerap nutrisi, tanpa memberi bantuan atau manfaat lain padanya. Salah satu contoh parasit adalah caplak, yang menghisap darah sapi.

Caplak atau dikenali dengan nama lainnya di Sumatera, Kalimantan dan Semenanjung Malaya sebagai Sengkenit, cengkenit, kutu, tempiras atau pirah. Caplak tergolong sebagai parasit luaran (eksoparasit) yang hidup dari darah hewan vertebrata seperti sapi yang ditumpanginya. Karena kebiasaaannya ini, caplak menjadi vektor bagi sejumlah penyakit menular. Caplak mrmang merupakan serangga pemakan darah. Setiap ingin berganti kulit atau berkembang ke fase berikutnya, caplak membutuhkan darah. Jika pada tubuh sapi terdapat caplak bisa menyebabkan parasit darah bahkan menyebabkan kematian sapi.

Caplak ini akan semakin sulit diatasi pada ternak yang digembalakan di padang pengembalaan, karena caplak dapat dengan mudah berkembang biak terutama pada sapi eksotik seperti Simmental dan Limosin.

Seperti pada sistem pemeliharaan sapi di BPTUHPT Padang Mangatas. Sapi jenis Simmental dan Limosin dipelihara menggunakan sistem pastura grazing. Maksudnya,  sapi diberikan kebebasan merumput di padang pengembala sepanjang waktu. Berada di padang pengembalaan membuat sapi-sapi menjadi nyaman

Namun uniknya sapi-sapi rumpun Simental dan Limosin yang sedang merumput di hamparan hijauan rumput di BPTUHPT Padang Mangatas, nyaris tidak banyak terdapat caplak ditubuhnya.

Rupanya, sapi-sapi ini kerap kali dihampiri banyak burung jalak yang bertengger di pundaknya. Proses ini cukup positif bagi sapi karena burung jalak memakan parasit yang ada di tubuh sapi. Kutu-kutu tersebut justru menjadi  menjadi santapan enak bagi si Jalak.

Menurut Kepala BPTUHPT, Dani Kusworo, sejak tahun 2021 lembaga ini telah memelihara beberapa ekor burung jalak dalam penangkaran. Efeknya, diluar dugaan malah banyak burung jalak liar yang datang ke areal BPTUHPT Padang Mengatas.

Ratusan ekor burung jalak inilah yang nantinya selalu mengikuti sapi yang digembalakan. Dan memakan caplak di tubuh sapi. Hasilnya, wabah caplak sangat jauh berkurang dibandingkan dengan tahun 2020. Sehingga angka kematian ternak akibat parasit darah juga sangat berkurang.

Terbukti, cara penanggulangan caplak dan kutu pada ternak lewat kearifan alam seperti menggunakan burung jalak, dapat memberikan manfaat yang besar, dan saling memberikan keuntungan di padang pengembalaan tanpa merusak ekosistemnya.

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Seperti Apakah Bentuk Bangunan Kandang Untuk Mempercepat Proses Perkawinan Alami Pada Sapi Perah?

Kandang merupakan rumah bagi hewan ternak termasuk sapi, oleh karena itu bentuk bangunan kandang sapi harus dibuat senyaman mungkin untuk mendukung kebutuhannya. Kandang sapi yang baik juga harus mempermudah peternak untuk melaksanakan pekerjaannya mulai dari memberi pakan hingga membersihkan kotoran. Baca selengkapnya...

Cara Mudah Mengolah Susu Sapi Menjadi Keju Terbaik Jenis Mozzarella

Jika anda penggemar keju atau penggemar makanan barat, pasti sudah tak asing lagi dengan keju terbaik, termasuk jenis Mozzarela. Keju ini berasal dari Italia yang biasanya digunakan sebagai topping untuk berbagai menu seperti topping pizza, baked rice, lasagna, macaroni shcootel, dan lain sebagainya. Secara harfiah, Mozzarella memiliki arti memotong, berasal dari bahasa Italia yakni mozzare. Kini, keju mozzarella dengan mudah di berbagai tempat. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Baca selengkapnya...

Fakta Tentang Sapi

Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar kata sapi? Hewannya? Dagingnya? Susunya? Atau mungkin cerita tentang sapi yang menjadi hewan keramat di India? Dari mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang didapat semasa sekolah, semua orang tahu bahwa sapi adalah salah satu hewan ternak yang dibutuhkan manusia. Dagingnya, susunya dan juga tenaganya. Baca selengkapnya...