RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan tunggangan ada beberapa tips untuk peternak yang harus diperhatikan yaitu:

Pilih jenis sapi jenis sapi yang mudah dijinakkan. Salah satunya adalah sapi peranakan ongole (PO). Berdasarkan pengalamannya bertahun-tahun, ia selalu bisa menjinakkan sapi PO dalam rentang dua hingga tiga hari saja. Selain tenaga kuat, postur sapi PO juga lebih bagus dibandingkan sapi jenis lain. Harga jualnya juga lebih mahal. Berdasarkan pengalamannya bertahun-tahun pelihara sapi , ia selalu bisa menjinakkan sapi PO hanya dalam rentang dua hingga tiga hari saja.

Hal terpenting dalam menjinakkan sapi, yakni cara menagani sapi yaitu  menyayanginya  sebagai sesama mahluk hidup.  Contohnya harus dielus-elus, kemudian sering diajak jalan.

Yang agak repot adalah menangani sapi jenis Brahman Cross. Sapi Brahman cross memiliki sifat yang berbeda dengan kebanyakan sapi lokal seperti jeni PO yang banyak dipelihara peternak lokal di pedesaan.Sapi jenis ini terbiasa hidup secara koloni di negara asalnya. Jika salah dalam penanganan, sapi brahman cross bisa stress bahkan ngamuk hingga loncat dan lari keluar kandang.

Jika sapi sudah terlanjur stress, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah biarkan sapi tersebut tenang terlebih dahulu. Setelah sapi tenang, buka jalur ke dalam kandang dan biarkan 2-3 ekor sapi sapi keluar kandang. Lalu giring sapi yang stress tersebut kedalam jalur yang sudah ada sapinya.

Biasanya sapi akan langsung bergerak menuju ke sapi-sapi lain yang ada dalam jalur. Setelah masuk ke jalur, tutup pintu jalur dan giring sapi secara bersamaan kedalam kandang.

 

Tips Menggiring Sapi Brahman Cross

  1. Cara paling mudah menggiring sapi brahman adalah dalam jumlah lebih dari 1 untuk menghindari sapi stress.
  2. Tempatkan satu orang penggiring didepan sebagai "komandan" yang bertugas mengamankan jalur yang akan dilalui koloni sapi dan satu orang lagi di belakang sebagai penutup..
  3. Usahakan jumlah sapi yang digiring jangan terlalu banyak, maksimal 20 an ekor
  4. Giring dan  jalan secara normal, tidak perlu sambil berlari. Tujuannya agar sapi tidak stress dan tidak mengalami susut yang terlalu banyak.

 

Cara Mengatasi Sapi Brahman Cross Yang Sulit Dikeluarkan Dari Kandang

  • Pertama, kedalam kandang yang berisi sapi yang tidak mau keluar, masukkan beberapa ekor sapi lain. Kemudian giring keluar secara bersamaan. Jika sapi tidak mau keluar juga bahkan cenderung menyerang petugas yang menggiringny maka gunakan cara kedua.
  • Kedua, ambil terpal dengan panjang sekitar 3 - 4 meter, pegang ujungnya oleh dua orang dengan posisi diberdirikan sehingga seolah-olah seperti tembok. Gunakan tembok terpal ini untuk menggiring sapi secara perlahan-lahan. Umumnya cara ini sering berhasil karena dengan menggunakan terpal yang lebar maka sapi akan menganggap bahwa ada tembok didepannya sehingga dia akan mencari jalan lain dan tentunya yang dituju adalah jalan keluar kandang.

Kunci utama mengeluarkan sapi stress dari kandang adalah tidak boleh dikasari dan harus dengan cara natural tidak menggunakan pemukul maupun alat-alat yang bisa menyakiti ternak. Semakin disakiti dan dikasari sapi brahman cross yang stress akan semakin stress dan semakin sulit diatasi.

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Obat Murah Meriah Untuk Sapi Mencret

Cara mengatasi sapi yang terkena penyakit, yang harus dilakukan pertama kali adalah menghilangkan penyebab penyakit dan mengatasi efek yang ditimbulkan. Contohnya adalah Diare, penyakit yang membuat sapi menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer atau berair (mencret). Diare pada sapi umumnya disebabkan oleh beberapa faktor fisiologis berupa perubahan lingkungan ternak, yang meliputi: perubahan pakan, perpindahan ternak, perubahan cuaca, dan pergantian pemeliharaan. Baca selengkapnya...

Gede Banget! Inilah 5 Fakta Unik Sapi Limosin

Bicara soal sapi, jenisnya memang ada banyak. Mulai dari sapi Bali, Belgian Blue, Brahman, hingga limousin. Di antara sapi-sapi tersebut, sapi limosin merupakan sapi yang paling besar badannya. Dengan bodinya yang gede banget itu, terselip banyak fakta unik tentang sapi limousin. Apa saja itu? Duniasapi.com akan mengajak Anda mengulik 5 fakta unik di sapi jumbo itu.Rasanya tak berlebihan memang kalau menyebut Limosin sebagai raksasanya sapi. Pasalnya, sapi ini benar-benar besar ukurannya.… Baca selengkapnya...

Layak Diapresiasi, Begini Cara Bank BRI Membantu Peternak Sapi saat Pandemi

Istilah 'bank' berasal dari bahasa Italy, yakni 'banco' artinya bangku. Pada zaman dahulu, para pengelolanya memang menggunakan bangku saat melayani masyarakat untuk mengelola uangnya. Setelah itu berkembang hingga menjadi bank seperti sekarang ini. Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, definisi bank adalah badan usaha yang mewadahi kegiatan masyarakat untuk melakukan investasi, distribusi, konsumsi, atau jasa yang menggunakan uang sebagai medianya untuk… Baca selengkapnya...