RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Bawa Pakan Sapi Melintasi Jurang, Lebih Mudah dan Cepat Pakai Sling

Dukuh Canguk dan Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, berada di kawasan rawan bencana erupsi Gunung Merapi. Namun demikian, wilayah tersebut cukup aman, karena  terlindungi oleh Gunung Biyung Bibi. Jika  terjadi erupsi, paling hanya kena abunya saja. Kesulitan yang dirasakan warga disini, hanyalah sulitnya membawa rumput pakan sapi melintas jurang.

Tapi, warga disini sudah memiliki solusinya. Jarak tempuh naik turun jurang yang harusnya memakan waktu lama, kini bisa dijangkau hanya dalam hitungan detik. Mereka menggunakan cara tradisional, yakni dengan membentangkan sling.  

Sling adalah alat bantu angkat khususnya barang yang besar dan berat, Caranya menggunakannya dengan dibuat mata (diterminasi) pada salah satu dan atau kedua ujungnya, kemudian dikaitkan pada aksesoris untuk membantu pengangkatan seperti Hook, Masterlink, dll.

Peternak sapi di sini memasang sling melintang di atas jurang yang lebarnya lebih dari 100 meter. Kedua ujung sling dikaitkan pada pancang besi yang ditanam dalam beton cor. Setiap warga yang akan menggunakannya, wajib membawa laker sebagai kunci untuk mengaitkan barang-barang khususnya rumput pakan sapi, yang diturunkan dari areal hutan diatas jurang untuk dibawa ke kampung mereka.

Sudah puluhan tahun, warga setempat memang harus naik turun jurang,  mencari rumput untuk pakan ternak sapi  mereka. Sampai akhirnya terpikir untuk mempermudah mengangkat rumput dengan teknologi sling tersebut. Selain itu, warga secara bersama-sama juga  telah memperbaiki ruas jalan setapak yang semula curam dan licin, menjadi nyaman untuk dilewati.

Dalam satu hari, minimal ada 50 warga yang mencari rumput pakan ternak sapi ke hutan areal kemitraan di Desa Tegalmulyo seluas sekitar 79 hektar tersebut. Karena mata pencaharian utama mereka adalah beternak, dan berladang.

Jika harus membeli pakan buatan pabrik, harganya mahal dan lokasinya penjualnya jauh. Lebih baik mencari pakan rumput sendiri. Gratis, apalagi kalau musim penghujan, rumput  melimpah-ruah.

Kendati sudah dipasang sling,  masih ada sebagian warga yang tidak menggunakannya. Mereka memilih  mengangkut rumput pakan sapi  dengan cara digendong atau disunggi naik turun jurang, atau menggunakan sepeda motor.

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Apa Istimewanya Susu Milku?

'White Gold from the Heart of Europe' adalah salah satu kampanye dari negara Belgia, untuk menyampaikan kepada publik, bahwa produk-produk olahan susu sapi dari Belgia memiliki kualitas prima dan nutrisi yang tinggi, serta diolah dengan mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan. Baca selengkapnya...

Sapi Bermuka Dua Milik Pengusaha Sukses Di Bidang Peternakan Ini Dipelihara Dengan Penuh Kasih Sayang

Mutasi genetik adalah satu peristiwa yang bisa terjadi secara alami pada hewan. Prosesnya ditandai dengan kelainan pada fisik. Karena berbeda struktur dengan gen pada umumnya, sebagian besar hewan yang mengalami mutasi genetik akan mati di dalam rahim. Sebagian kecil yang lahir pun hanya mampu bertahan hidup beberapa hari saja. Baca selengkapnya...

Perbandingan Harga Sapi Limosin dan Simental, Mana Yang Lebih Mahal?

Di Indonesia dikenal banyak jenis sapi, mulai dari sapi kupang, sapi Madura, sapi Bali , sapi Brahman , sapi Simental hingga yang paling bongsor adalah sapi Limosin. Masing-masing sapi memiliki karakteristik berbeda dan tentu saja, harganya pun juga berbeda. Dua sapi yang disebut belakangan, yaitu simental dan limosin termasuk sapi primadona. Tubuhnya yang gempal dan bongsor menjadikan kedua jenis sapi itu ‘menggoda’ di mata para pemburu hewan kurban atau pun untuk disembelih diambil dagingnya. Baca selengkapnya...