RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Peternak Wajib Mengetahui Cara Menjual Barang di Online Untuk Memasarkan Produknya

Permintaan pasar terhadap sapi hidup sejatinya memang tidak pernah turun, namun demikian banyak para peternak sapi yang mengeluhkan betapa sulitnya menjual hasil panen mereka, khususnya untuk para peternak sapi pemula. Ada banyak faktor yang menyebabkan ternak sapi anda sulit dijual.

Selain biaya produksi yang mungkin terlalu tinggi, masalah yang lain adalah hampir semua peternak sapi tidak menguasai teknik dan strategi penjualan yang efektif dan efisien. Secara umum, ada 2 metode penjualan yang biasa dilakukan oleh para peternak sapi, yaitu:

 

 

1. Menjual kepasar hewan

Tataniaga peternakan sapi lokal memang tidak mungkin bisa dilepaskan dari keberadaan pasar hewan. Para peternak sapi berharap banyak akan menemukan pembeli ditempat ini. Secara umum ada 3 jenis pembeli dipasar hewan yaitu: jagal (membeli untuk dipotong dan dijual sebagai karkas dan daging), pedagang (membeli untuk dijual lagi baik dipasar tersebut maupun dibawa ke pasar hewan lainnya) dan peternak (membeli pedet atau bakalan untuk dipelihara/dibesarkan).

Pada kenyataannya, para peternak pemula sulit sekali untuk bisa berinteraksi dengan pembeli secara langsung. Ada perantara (makelar) yang menguasai pasar hewan, yang disebut Blantik. Mereka mencari nafkah dengan meminta komisi penjualan, atau selisih harga penjualan yang telah dinaikkan. Tanpa mereka, jangan harap bisa bebas melenggang membawa sapi ke lokasi penjualan.

Disatu sisi, blantik menguntungkan karena bisa membantu peternak yang tidak bisa negosiasi. Tapi disisi yang lain bisa juga merugikan,  jika Blantik menekan harga kepada para peternak agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

 

 

 


2. Menjual langsung kepembeli

Dengan metode ini, keuntungan akan lebih maksimal karena harganya pasti lebih mahal jika di bandingkan dengan menjual kepada tengkulak. Namun, tidak semua peternak bisa melakukan penjualan seperti ini karena  memang agak sedikit ribet, butuh waktu, tenaga, pengalaman serta jaringan bisnis yang hanya bisa terbentuk dalam waktu yang cukup lama.

Bagi anda yang tergolong peternak pemula, tidak perlu kecil hati. Ada teknologi yang bernama internet, yang bisa mengatasi permasalahan dalam hal pemasaran produk usaha ternak. Oleh sebab itu, peternak jaman sekarang wajib mengetahui cara menjual barang di online, agar mampu menjangkau semua penjuru dunia dari semua kalangan. Itu sebabnya, para peternak generasi baru telah menggunakannya, selain untuk mencari pakan, bibit atau sapi bakalan, juga membantu penjualan produk hasil usaha ternaknya.

Salah satu cara menjual barang di online adalah dengan menggunakan media internet yang sangat powerfull yaitu FORSHOP (www.forpate.shop). Toko online ini sangat mudah digunakan, silahkan login dengan akun FACEBOOK, atau masuk dengan email yang terdaftar di handphone anda, maka anda bisa meng-upload dan mempromosikan aneka produk yang berhubungan dengan ternak sapi, domba ataupun kambing.

Silahkan mencoba...

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Perjalanan Sapi Ongole, Sumba Ongole (SO), Hingga Peranakan Ongole (PO)

Sapi ongole adalah jenis sapi yang berasal dari Distrik Prakasam di negara bagian Andhra Pradesh di India. Trah ini diberi nama berdasarkan tempat asalnya, yaitu Kota Ongole. Sapi ongole, yang tergolong dalam subspesies Bos indicus, banyak diminati karena tahan terhadap penyakit mulut dan kuku serta penyakit sapi gila. Sapi Ongole termasuk tipe sapi pekerja dan pedaging. Baca selengkapnya...

Bawa Pakan Sapi Melintasi Jurang, Lebih Mudah dan Cepat Pakai Sling

Dukuh Canguk dan Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, berada di kawasan rawan bencana erupsi Gunung Merapi. Namun demikian, wilayah tersebut cukup aman, karena terlindungi oleh Gunung Biyung Bibi. Jika terjadi erupsi, paling hanya kena abunya saja. Kesulitan yang dirasakan warga disini, hanyalah sulitnya membawa rumput pakan sapi melintas jurang. Baca selengkapnya...

Kuliner Legendaris Bogor, Sop Buntut Sapi Mang Endang

Pengen sop buntut sapi yang paling enak di Bogor? Salah satu pilihannya adalah yaitu Sop Buntut Mang Endang Incu (Cucu) Ma Emun.Lokasinya berada di Jalan Sudirman no 60A, dekat dengan Taman Air Mancur. Bagi masyarakat Bogor, kata “Incu (cucu) Ma Emun” adalah brand yang merupakan jaminan mutu bagi sop buntut sapi, utamanya dalam hal rasa dan tingkat keempukannya. Konon khabarnya, sop buntut ini kerap menjadi langganan penghuni Istana Bogor di masa pemerintahan bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Baca selengkapnya...