TRANSLATE

Untuk Mengganti Sapi, Petani ini Memodifikasi Sepeda Motor Bekas Menjadi Traktor Pembajak Sawah.

Sejak dahulu, tenaga sapi menjadi andalan bagi sebagian petani untuk membajak sawah. Menggunakan sepasang sapi lengkap dengan alat bajak, petani menggiring sapi berjalan mengelilingi sawah. Sesekali melalui cambuk di tangan kanannya, petani berteriak sambil memecut agar  sapi tersebut bekerja.

Membajak lahan dengan menggunakan sapi memang membutuhkan waktu lama, juga harus sabar. Beda sekali jika menggunakan traktor. Namun harga traktor cukup mahal sehingga tidak semua petani bisa memilikinya.

Sebagai solusinya, seorang petani memiliki cara unik dan kreatif. Diunggah dalam akun TikTok @petanimudamilenial, berhasil membuat sebuah traktor dengan biaya minimalis. Petani tersebut memanfaatkan mesin sepeda motor bekas untuk dijadikan traktor pembajak sawah.

Untuk Mengganti Sapi Petani ini Memodifikasi Sepeda Motor Bekas Menjadu Traktor Pembajak Sawah 2

Caranya mengganti velg dan bannya dengan roda  traktor yang terbuat dari besi. Kemudian, memindahkan tuas gasnya ke belakang menyatu dengan pegangan besi dan di sebelah kirinya ditempatkan tuas transmisi. Menurut keterangan pengunggah, biaya yang digunakan untuk melakukan modifikasi ini hanya Rp 5 juta saja.

Cukup murah daripada membeli traktor buatan pabrik. Tetapi di lapangan, para peternak sebenarnya memang belum banyak yang mau menggunakan traktor. Selain tidak mampu membelinya,  mereka juga  masih  meyakini bahwa membajak sawah dengan cara tradisional memiliki kelebihan tersendiri.

Membajak sawah menggunakan sapi atau bajak tradisional mampu mempertahankan humus tanah dan menjaga kwalitas dari padi yang dihasilkan. Tekstur lumpur pun lebih halus dan tidak tercemari oleh limpahan bahan bakar dan oli yang tercecer dari traktor.

Walaupun membajak tanah dengan sapi,  membutuhkan keahlian khusus dan harus lebih berhati-hati. Pasalnya, sapi itu juga memiliki perasaan seperti manusia. Jika salah dalam penanganan, sapi bisa ngambek dan tak mau diajak bekerja.

Saat kondisi itu terjadi, ada baiknya sapi-sapi diistirahatkan terlebih dahulu, hingga keadaanya menjadi tenang kembali. Ya, layaknya manusialah jika capek membutuhkan istirahat cukup.Persis seperti manusia, saat istirahat sapi juga harus diberi makan agar tenaganya pulih.

Kelebihannya, sapi pasti akan jalan terus, bagaimana kondisi medannya, asal tidak menghantam batu. Tapi, memang harus pandai-pandai mengambil hati sapi, kalau hanya asal paksa jangan harap sapi mau bekerja.

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Cara Mengolah Hati Sapi Agar Layak Untuk Dinikmati

Hati sapi adalah salah satu jenis jeroan yang cukup digemari para pecinta kuliner tradisional Indonesia. Sebagian zat yang terkandung didalam hati sapi bermanfaat bagi kesehatan, antara lain zat besi yang berfungsi dalam proses pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu hati sapi ini sangat cocok apabila dikonsumsi oleh orang yang mengalami kekurangan kadar sel darah merah yang rendah. Baca selengkapnya...
  • 23

    Sedia Daging Slice Sapi Untuk BBQ Di Trusmi Plered, Cirebon

    Sukiyaki, Teriyaki, Yakiniku, Shabu-shabu dll. Kami juga menyediakan berbagai macam daging sapi kualitas super. Siap isi Rumah makan, bbq deliveri dll. Produksi Sendiri. Kemasan Styrofoam 250gr, 500gr. Bersih, Premium, Higienis dan Frozen Food. 100% Halal. Keunggulan Produk Kami? "Sehat, Aman, Halal, Utuh dan Toyiban " (SAHUT): SEHAT : Daging memiliki zat-zat yang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan pertumbuhan tubuh manusia AMAN : Daging tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik…

MANFAAT SUSU SAPI

Mari Menjaga Kebugaran Jasmani Dengan Mengkonsumsi Susu Sapi

Pastinya anda semua sudah tahu bukan jika didalam susu sapi ada banyak sekali manfaat dan khasiat yang tentunya sangat bermanfaat sekali dalam menjaga kesehatan serta kebugaran jasmani. Salah satu manfaat dari susu sapi ini ialah bisa mencegah terjadinya osteoporosis, melindungi kesehatan gigi, meningkatakan kinerja pada otak besar dan bisa menjadikan pembuluh darah lebih sehat. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Perbedaan Sapi Perah Biasa Dengan Jenis A2?

Belum lama ini telah ditemukan jenis sapi baru, dinamakan dengan sapi A2. Kelebihan dari sapi perah ini dibandingkan dengan jenis yang biasa adalah, bisa menghasilkan susu yang tidak menyebabkan gangguan pencernaan, utamanya bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Baca selengkapnya...