TRANSLATE

Trobos Livestock: "Complete Feed Dengan Nama Heryaki Powder Ini Mempunyai Aroma Buah, Sehingga Meningkatkan Nafsu Makan Ternak"

Pertambahan bobot badan atau Average Dailly Gain (ADG) domba lokal masih sangat rendah, hanya mampu kurang 50 gram per hari. Melihat problematika tersebut membuat Hery Supratman, Dosen Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Bandung membuat inovasi teknologi melalui complete feed (pakan komplet).

“Permasalahan ADG yang masih rendah di domba lokal menjadi inspirasi saya untuk membuat inovasi teknologi complete feed (pakan komplet) yang difermentasi probiotik, sehingga ADG lebih tinggi. Kelebihan lain, pakan komplet ini dapat disimpan sepanjang tahun, praktis dalam pemberiannya dan ramah lingkungan,” tutur Hery kepada TROBOS Livestock.

Ia menjelaskan, fungsi probiotik ini sebagai pengawet pada hijauan yang biasa disebut silase, sedangkan probiotik pada konsentrat menambahkan aroma wangi buah sehingga meningkatkan nafsu makan ternak domba. Selain itu, menambah jumlah mikroba pencernaan pakan, mengurangi bau kandang dan dapat meningkatkan pertambahan berat badan domba jantan lokal hingga kisaran 100 – 150 gram perhari.

“Probiotik ini diproduksi sendiri, bentuknya cair dan menggunakan Bakteri Asam Laktat yaitu Lactobacillus case, dan Acetobacter. Dalam proses fermentasi kita siapkan biji-bijian sebagai sumber makanan mikroba yang dapat diberikan dihari kelima dalam kondisi anaerob (kedap udara), sehingga bakteri dapat dirombak dan menghasilkan aroma wangi buah. Justru disitu rahasia aroma probiotik ini dengan probiotik lain,” ungkap Hery.

 

Diaplikasikan ke Peternak

Pakan komplet ini diutarakan Hery diberi nama Heryaki Powder dan sudah diaplikasikan kepada peternak sejak 2014 sampai sekarang. Agar lebih banyak peternak merasakan manfaat pakan komplet ini, Hery memberikan pelatihan cara pembuatan pakan complete feed untuk domba kambing ini. “Baik yang diminta langsung peternak rakyat atau oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat maupun pemerintah Kabupten seperti Subang, Garut, Bogor, Tasikmalaya, Ciamis dan Legok Tangerang,” terangnya.

Salah satu peternak yang sudah mengaplikasikan pakan komplet buatan Hery yaitu Jeppy Ibrahim peternak domba asal Jatinangor, Sumedang. Ia menuturkan, sudah lama membuat complete feed ini, karena banyak keuntungan yang diapat. Diantaranya hemat tenaga kerja dan waktu untuk menyabit rumput, sehingga dapat menambah populasi pemeliharan ternak domba. Ia mengaku, menggunakan complete feed sejak awal penelitiannya di teaching farm kandang domba kambing milik Fapet UNPAD pada 2015.

“Complete feed ini sangat membantu dalam proses pemeliharan karena lebih efisien, sehingga peternak tidak usah khawatir untuk menambahkan populasi ternak dombanya. Lalu, untuk penambahan ADG ternak dapat mencapai 130 gram rata-rata per hari. Jauh, dari sebelumnya tanpa mengaplikasikan compete feed yang hanya mampu 50-80 gram rata – rata per hari ADG-nya,” jelas Jeppy.

 

Cara Pembuatan

Proses pembuatan complete feed , dipaparkan Hery cukup mudah, pertama harus menyiapkan hijauan segar, konsentrat atau limbah jagung. Setelah itu, ditambahkan probiotik Heryaki Powder dan vitamin mineral. “Hijauan diawetkan terlebih dahulu dengan probiotik Heryaki Powder dalam kondisi anaerob. Kemudian hari ketujuh bisa digunakan untuk pembuatan complete feed, dimana perbandingan bahan campuran utama dari hijauan awetan atau silase 15 %, konsentrat 85 % dan probiotik Heryaki Powder 0,5 % dari 5 kilogram pakan,” terangnya.

Lanjutnya, pakan hijauan dan konsentrat difermentasi terpisah sehingga dapat meningkatkan daya awet hijauan yang dapat disimpan dalam jangka lama sekitar empat bulan. Begitu juga dengan konsentrat yang dapat meningkatkan nafsu makan ternak dan dapat disimpan untuk persediaan selama dua bulan. Complete feed dapat diberikan pada pukul 08.00 dan 17.00 wib.

Selengkapnya baca di majalah TROBOS Livestock Edisi 220/Januari 2018


 

  • 164

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

T-Bone Steak Adalah Olahan Daging Sapi Yang Terkenal Kelezatannya, Begini Cara Membuatnya...

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T Bone steak adalah salah satu jenis olahan daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Ragam Jenis Susu Sapi Yang Beredar di Indonesia, Mana Yang Terbaik?

Apabila ditanya mengenai seberapa sering anda mengkonsumsi susu, pasti anda menjawab sering. Susu bisa dikatakan sebuah minuman yang bisa dikonsumsi untuk semua usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentunya masih membutuhkan susu guna memenuhi kebutuhan tubuh agar semua sistem tubuh bisa berjalan dengan normal. Baca selengkapnya...
  • 43

    Jual Susu Sapi Murni Ready Setiap Hari

    Langsung dari Koperasi susu SUKA MAKMUR, Grati, Pasuruan. Asli tanpa campuran air dan tambahan apapun Harga: 16ribu/liter (mentah) Pembelian 10Liter harga reseller Yang kemasan botol siap minum juga ada 6ribu/botol (250ml), pembelian Minimum 4botol Free ongkir GKB, randu agung, pongangan dan cerme

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Jenis-jenis Sapi Potong di Indonesia Yang Terkenal Dengan Kualitas Dagingnya

Melakoni usaha pemotongan sapi di Indonesia memang sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Pasalnya, konsumsi daging sapi di Indonesia terbilang tinggi. Terlebih dengan mayoritas penduduknya yang Muslim, permintaan terhadap daging hewan mamalia yang satu ini akan membludak terutama jelang hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Baca selengkapnya...
  • 41

    Ready Stok Sapi Perempuan

    Hasil kawin suntik Lemosin Induk muda 2x produksi Peranggang/doro Induk anak rambon cocok kawin suntik/ib Induk anak sapi bali Satuan bisa, borongan lebih ringan.