Bumbu Marinasi Daging Sapi untuk Steak Yang Empuk Dan Lezat

Tips dan Trik mengolah daging sapi untuk steak mungkin salah satu informasi yang banyak dicari oleh orang. Sajian steak ini memang sangat enak dan cenderung mudah untuk dibuat. Meski demikian, ada saja langkah yang cenderung butuh perhatian agar steak memiliki citarasa dan tekstur yang memanjakan lidah.

Salah satunya adalah memberi bumbu marinasi daging. Berikut ini adalah informasi dan tips mengenai cara untuk mengempukkan dan marinasi daging sapi yang akan dimasak menjadi steak.

 

1. Trik Mengempukkan Daging untuk Steak

Kita akan mulai tips dan trik mengolah daging sapi untuk steak ini dengan langkah untuk mengempukkan daging. Ternyata, tak semua daging sapi melewati proses ini karena ini tergantung dengan jenis daging sapi yang anda pilih.

Misalnya saja daging dari sapi yang berasal dari Selandia Baru dan USA biasanya memang sudah empuk sehingga dapat langsung diberi bumbu marinasi daging dan dimasak tanpa harus diempukkan terlebih dahulu. Apabila anda memilih daging sapi lokal, maka mungkin anda harus melalui proses pengempukkan terlebih dahulu.

Salah satu cara yang legendaris dan merupakan tips dan trik mengolah daging sapi agar empuk yang paling populer adalah dengan menggunakan nanas. Cara ini juga termasuk sederhana sehingga wajib untuk anda coba.

Caranya adalah dengan menghaluskan buah nanas yang sudah dikupas. Anda bisa menghaluskan secara manual atau menggunakan blender. Kemudian, rendam daging sapi yang akan dibuat setak dengan nanas halus ini selama sekitar 30 menit lamanya.

Tak berhenti disini. Bungkus wadah rendaman ini sehingga akan menjadi kedap udara dan selanjutnya masukkan ke dalam lemari es. Setelah sekitar 30 menit, keluarkan dari lemari es dan cuci daging hingga bersih. Setelah ini barulah daging sapi siap untuk menerima proses selanjutnya yaitu diberi bumbu marinasi daging.

 

 

2. Cara Memberi Bumbu Marinasi Daging Sapi

Dalam tips dan trik mengolah daging sapi untuk steak, termasuk di dalamnya langkah untuk memberi bumbu marinasi daging. Namun banyak juga yang beranggapan bahwa steak tak butuh bumbu marinasi daging ini itu yang terlalu banyak atau hanya dibutuhkan bumbu bumbu sederhana saja.

Mengapa? Hal ini dengan tujuan agar rasa asli dari daging sapi, terutama apabila anda memilih menggunakan daging sapi impor. Itu sebabnya, steak ala eropa atau amerika hanya diberi merica, garam, dan olive oil atau minyak zaitun.

Beda dengan steak selera orang Indonesia, karena terbiasa mengkonsumsi masakan dengan rasa yang kuat dan bumbu yang kaya. Bumbu marinasi daging ala Indonesia, terdiri dari campuran lada, garam, kecap, dan bawang putih yang dihaluskan.

Setelah selesai menambahkan bumbu marinasi daging, jangan lupa tusuk-tusuk daging dengan menggunakan garpu di beberapa sisinya agar bumbu dapat meresap. Kemudian simpan dulu dalam kulkas minimal  30 menit atau semalaman agar meresap sempurna.

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Susu Murni Tahan Berapa Hari Di Kulkas?

Pernahkah anda mengalami kejadian susu sapi yang menjadi basi padahal sudah anda simpan? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan teknik dan cara menyimpan anda. Susu merupakan sebuah produk dari sapi yang sangat bergizi namun memang memiliki sifat yang mudah sekali basi. Oleh sebab itu, harus benar-benar di tangani dengan baik jika ingin deisimpan. Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan susu sapi murni yang baik dan benar: Baca selengkapnya...

Hindari Memberi Pakan Secara Berlebihan Pada Sapi Bunting

Budidaya sapi bibit memang mengandalkan pedet sebagai hasil usaha, selain penambahan bobot pada induknya. Banyak hambatan dan kendala yang harus dihadapi, diantaranya, kekurangan nutrisi dan gangguan reproduksi. Seperti kesulitan melahirkan (distokia). Hal tersebut bisa terjadi salah satunya karena perkawinan yang belum cukup umur. Baca selengkapnya...

Diduga Menderita Kelainan Tulang Belakang, Sapi Ini Lahir Dan Bertahan Hidup Dengan Enam Kaki

Tak hanya manusia, hewan pun bisa menjadi selebritas di media. Seperti yang terjadi pada Lili, seekor sapi yang memiliki keistimewaan yang lain bila dibandingkan dengan sapi sejenis. Lili sangat terkenal karena menjadi topik pembahasan media-media di Swiss. Bukan karena kualitas ataupun kuantitas susu yang dihasilkan, melainkan pada bentuk fisiknya yang terjadi akibat kelainan tulang belakang. Baca selengkapnya...