Sop Balungan Gajah, Olahan Daging Dan Tulang Sapi Yang Bikin Begah

Sudah pernah dengan kuliner sop balungan gajah? Sedang viral di media sosial lho. Tak perlu takut menikmatinya, karena 'gajah' hanyalah istilah untuk menunjukkan isi sop berupa daging dan tulang sapi yang luar biasa besar. Uniknya harganya ternyata tak se'besar' porsinya. Menu tersebut tersedia di Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu, yang berlokasi di kota gudeg, Yogyakarta.

Menurut pemilik kedai ini yaitu Bayu Iswantoro, Sop Balungan Gajah cuma satu dari sekian menu fenomenal lainnya, yaitu Sate Sultan (sate sapi), Sate Sugih (sate sapi campur koyor), Sate Jawa (sate daging sapi campur babat), Sate Babat, Sate Koyor, Sate Ati, dan Sate Iso.  Ada pula menu sop lainnya seperti Sop Sengkel, Sop Iga, dan Sop Buntut. Juga Iga Sapi yang ketika dibakar aromanya merebak ke se antero warung.

Selain karena suasana alam disekitarnya, Warung sop dan sate sapi Pak Bayu populer karena dengan uang sedikit bisa mendapatkan porsi makanan yang luar biasa besarnya. Mengapa harganya relatip murah?

Menurut Bayu, disaat ini ekonomi sedang sulit seperti sekarang ini, tak banyak orang yang bisa makan kuliner olahan sapi yang umumnya dijual dengan harga mahal. Padahal daging sapi tergolong makan enak yang konon kabarnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu pada tanggal 24 Juni 2020, ia mencoba membuka warung makan yang menggunakan bahan baku dari sapi namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Bayangkan saja, walaupun harga daging sapi cukup mahal, menunya berkisar antara Rp13.000 sampai dengan Rp27.000 saja. Bukan hanya menu makanan, untuk minuman pun harganya murah dan beragam, ada Es Degan Utuh, Wedang Tomat, Jahe Ketumbar, Es Timun Serut, dan lainnya sekitar Rp12.000 - Rp14.000 per gelas. 

Jika penasaran ingin mencoba, warung sop dan sate sapi Pak Bayu ini buka dari jam 09.00-20.00 WIB. Alamatnya di Jalan Yudistiro No.2, Palgading, Sinduharjo, Ngaglik. Patokannya, jika ada di Jalan Kaliurang, terus ke utara hingga sampai Pasar Gentan, kemudian belok ke kanan (timur) kurang lebih 300 meter. Lokasi warung ada di sebelah kiri jalan.

Sebaiknya hindari datang pada jam makan siang maupun makan malam, karena antrean cukup panjang. Pada saat seperti itu, minimal butuh waktu satu jam hingga hidangan baru bisa diantar ke meja.

Sumber: gudeg.net

Inilah Bumbu Sambal Super Untuk Sop Iga Sapi Bening

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga. Tulang iga, atau short ribs, biasa diberi bumbu untuk dibuat menjadi sop iga sapi bening Baca selengkapnya...

Sapi Belgian Blue Harganya Berapa?

Sejak beberapa tahun lalu pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya mengembangbiakkan sapi berjenis belgian blue. Sapi satu ini disebut-sebut termasuk jenis sapi unggul dengan harga jual yang tinggi. Sapi belgian blue merupakan sapi yang berasal dari Belgia Tengah, Belgia. Sapi Belgia adalah hasil proses panjang kawin silang dan “selective breeding” selama hampir 200 tahun dari pengembangan hasil “cross breeding” sapi Durham Shorthorn dari Inggris dan Friesian… Baca selengkapnya...

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...

Waspadai Sesak Nafas Akut Pada Sapi

Sapi yang mengalami sesak napas akut besar kemungkinan terkena penyakit Infectious Bovine Rhinotracheitis (IBR). Penyakit menular ini banyak menyerang ternak sapi, baik sapi potong maupun sapi perah. Sapi yang terkena IBR ini biasanya mengalami demam tinggi (sekitar 42 derajat Celsius), nafsu makan menurun, hipersaliva, produksi air susu menurun (pada sapi perah), dan penurunan berat badan yang drastis. Baca selengkapnya...

Memilih Model Kandang Sapi Perah Yang Cocok Dengan Cuaca Di Indonesia

Akhir-akhir ini, cuaca di Indonesia semakin gerah. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi tersebut secara meteorologis disebabkan suhu udara yang meningkat disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Berdasarkan pencatatan meteorologis yang dilakukan BMKG, suhu tertinggi terjadi di Sentani, Papua. Baca selengkapnya...
  • Bali Cattle National Asset that Needs to be Preserved

    The government needs to increase the population and productivity of Bali cattle, a national asset other countries do not have, an expert has said. The Bogor Agricultural Institute’s (IPB) animal husbandry professor Ronny Rachman Noor said on Thursday that Bali cattle had often been undervalued by the government because they were local livestock.