TRANSLATE

Karya Seni Ukir Tulang Sapi Ala Cileunyi, Terkenal Hingga Mancanegara

Tulang sapi merupakan salah satu bagian dari tubuh ternak sapi. Umumnya, dimanfaatkan sebagai bahan olahan kuliner yang lezat seperti sup iga atau kaldu. Padahal tulang sapi dapat diolah menjadi beragam barang yang berguna dan berseni, contohnya adalah karya seni ukir.

Tulang sapi juga mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan tulang hewan lainnya, antara lain :

  • Strukturnya lebih kuat sehingga tidak mudah keropos seperti tulang kuda.
  • Ukurannya relatif lebih panjang dibanding tulang kerbau.
  • Mudah didapat.

Idin adalah salah satu contoh pengrajin asal Bandung, yang menggunakan tulang sapi sebagai bahan dasar produknya. Beragam karya seni ukir diproduksi oleh bapak empat orang anak ini, seperti cangklong, kalung, gantungan kunci, tongkat, dan berbagai barang kerajinan lainnya.

Keahlian mengolah tulang sapi didapatnya dari ayahnya yang sudah menjadi pengrajin sejak tahun 1970-an. Hingga kini ia dan keluarganya terus menekuni usaha bengkel kerajinan tersebut. Bahkan telah menjadi ciri khas kampung dmana mereka tinggal yaitu Kampung Pasir Tukul, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Pada beberapa dekade yang lalu,  bengkel karya seni ukir tulang sapi keluarga Idin kerap kebanjiran pesanan, bukan dari dalam negeri saja, tapi juga mancanegara seperti Singapura, Malaysia, dan Jepang. Kondisi tersebut berubah, sejak harga daging sapi melambung tinggi. Kini semakin tulang sapi semakin sulit dicari dan tidak terbeli. Akibatnya, terjadi penurunan omzet yang cukup signifikan.

Untuk mengatasinya, Idin kini menerima jasa pembuatan karya seni ukir menggunakaan bahan baku dibawa sendiri oleh pemesan. Biaya yang dikenakan tidak terlalu mahal, bergantung pada ukuran dan kerumitan yang dipesan. Semoga usaha keluarga Idin bisa terus bertahan.....

Sumber: www.pikiran-rakyat.com

Usaha Peternakan Sapi Seperti Apakah Yang Harus Diurus Izinnya?

"Warga Mengeluh, Peternakan Sapi Tanpa Izin Dibiarkan Tetap Beroperasi", demikian judul sebuah berita yang dilansir oleh dejurnal.com, pada tanggal 07 Mei 2021. Peternakan tersebut terletak di Kampung Ciherang Rt 02 Rw 01 Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Menurut informasi yang diperoleh, peternakan tersebut memang tidak memiliki izin, dan keberadaannya tidak mendapatkan restu masyarakat sekitar. Baca selengkapnya...

Pernak Pernik Sapi Dijual

Piring Makan Gambar Sapi

Bahan plastik, Diameter 23 cm

Pensil Box Susu Sapi

Panjang 21 cm, Dilengkapi dengan per.

Mug Sapi Biru

Bahan keramik, Tinggi 10, Diameter 8,5 cm

Pensil Motif Sapi

Pensil Faber Castell. Panjang 17,4 cm

Celengan Plastik Sapi

Tinggi 12 cm, Lebar 6 cm, Panjang 5,5 cm

Perlengkapan Mandi Bentuk Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm, Tinggi 14 cm