Loading...
iden

Apa Saja Bumbu Empal Gentong Dan Sebaiknya Menggunakan Jenis Daging Sapi Bagian Mana?

Jalan-jalan ke Cirebon, Jawa Barat, belum komplit jika tidak mencicipi kuliner kebanggaan kota ini, yaitu empal gentong. Daging sapi yang dimasak dalam gentong dengan bumbu menggunakan kayu bakar ini memang menggoda selera. Empal gentong sejatinya bukan masakan asli Cirebon. Menurut penuturan pemandu wisata Ajat Sudrajat kepada Okezone, empal gentong aslinya adalah masakan Timur Tengah yang ada di Cirebon sejak berabad-abad lalu.

Ajat menambahkan, Cirebon adalah kota yang multikultur dengan kehadiran orang-orang Asia dan Timur Tengah. Empal gentong ini dilestarikan oleh orang-orang Cirebon sendiri. Mengenai nama gentong, hal itu karena zaman dulu belum ada panci, sehingga memasaknya di dalam gentong (semacam panci dari tanah liat). Cara masaknya juga unik, yaitu menggunakan kayu bakar. Justru lantaran cara masak yang kuno inilah yang membuat empal gentong semakin nikmat.

 

 

DAGING SAPI UNTUK EMPAL GENTONG

Nah, jika Anda ingin membuat empal gentong sendiri, pilihan bagian dagingnya juga harus tepat; pilihlah has dalam, has luar, atau paha atas. Buang urat dan lemaknya, kemudian potong melintang 8-10 sentimeter. Lalu, iris membujur seratnya setebal kira-kira 0,75 sentimeter.

Hal yang harus diperhatikan, potong daging berlawanan arah dengan seratnya agar daging tidak keras saat dimasak. Selain itu, jika daging yang dipilih terlalu berlemak atau berurat, maka empal yang dihasilkan akan terlalu keras.

 

 

APA SAJA BUMBU EMPAL GENTONG?

Anda bisa membuat empal gentong yang enak dirumah. Bumbu-bumbu yang dihaluskan adalah: bawang merah, bawang putih, ketumbar (sangrai), kemiri (sangrai), jinten (sangrai), merica, jahe, dan kunyit bakar.

Lalu, ada juga bumbu cemplungnya, yaitu daun salam, daun jeruk, kapulaga, kayu manis, bunga lawang (pekak), lengkuas yang sudah dimemarkan plus sereh (ambil putihnya kemudian memarkan), gula jawa dan cengkeh bubuk.

Rebus daging sapi dengan bumbu cemplung hingga empuk. Kemudian di tempat terpisah, tumis bumbu halus hingga harum dan tuangkan ke dalam rebusan daging. Masak dan jangan lupa koreksi rasa, ya!

Lalu, tuangkan santan dan terus aduk hingga tidak pecah. Pastikan santan matang dan daging empuk. Kemudian tuang ke mangkok saji. Empal gentong siap disajikan.

Empal gentong biasa disajikan dengan lontong atau nasi. Jangan lupa taburi daun bawang, bawang goreng dan bubuk cabe bagi yang suka pedas. Rasanya pasti oke banget!

Bagi yang diet dan tidak ingin menggunakan santan, Anda bisa memakai susu sapi rendah lemak atau krimer nabati untuk pilihan lebih sehat.

 

 

EMPAL GENTONG HAJI APUD

Nama ini sudah kondang tak hanya di Cirebon, tetapi juga di seluruh Indonesia. Empal Gentong Haji Apud sudah punya tiga cabang di Cirebon. Menurut salah satu cucu Haji Apud yang ikut mengurus rumah makan ini kepada Kompas Travel, kesuksesan empal gentong daging sapi kakeknya ini tidak diperoleh secara instan. Haji Apud berjualan dengan pikulan yang tentunya berat karena kualinya (gentong) terbuat dari tanah liat.

Cara masaknya masih menggunakan kayu bakar dan gentong tanah liat. Begitu semua bumbu dimasukkan, maka akan terasa rempahnya meresap ke daging. Wah, pasti enak ya! Selain empal gentong, ada juga empal asam daging sapi ditempat ini. Empal asam cocok bagi mereka yang ingin menghindari santan dan rasanya juga enak lho!

Seiring dengan banyaknya pesanan dari kota Jakarta dan Bandung.tempat empal legendaris ini mulai menyesuaikan diri. Tempat masaknya juga lebih besar, yaitu berupa panci. Husen juga tidak ketinggalan mempromosikan kuliner Cirebon (yang tidak hanya empal gentong saja) lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Prof. Dr. Ir. I Wayan Mathius MSc., Doktor Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

Beliau adalah alumnus SMA Katholik Surya di Atambua, Nusa Tenggara Timur, lulus pada tahun 1969. Tahun 1975 menyelesaikan pendidikan Sarjana Muda dalam bidang Produksi Peternakan pada Universitas Nusa Cendana Kupang, NTT dan Program S1 (1979) di Universitas Udayana Bali dalam bidang yang sama. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.