TRANSLATE

Demi Kembangkan Vaksin, Australia akan Impor Sapi Yang Mengidap Penyakit Kulit dari Indonesia

Lumpy Skin Disease (LSD) adalah penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV). Salah satu jenis penyakit pada sapi, yang terdeteksi ada di Indonesia pada awal Maret lalu. Gejalanya  berupa bintil dan benjolan hitam pada kulit sapi, yang disebarkan oleh lalat, kutu dan  nyamuk. Selain menyebabkan demam, LSD juga bisa menyebabkan kematian.

Agar dapat mengembangkan vaksin untuk mencegah penyebarannya,  Pemerintah negara tersebut telah memutuskan akan mengimpor sapi yang mengidap penyakit LSD dari Indonesia. 

Menteri Pertanian Australia. David Littleproud, sebelumnya telah mendapat kritik dari kalangan industri peternakan, karena hanya mengalokasi dana APBN yang terbatas untuk program biosekuriti, termasuk melindungi Australia dari penyakit kulit sapi.

David mengatakan, ia telah menunjuk lembaga penelitian CSIRO di Geelong, Victoria, untuk  menguji virus penyebab penyakit tersebut.   Jika berjangkit di Australia, dampaknya sangat luar biasa karena dapat memusnahkan industri daging merah dan produk susu di negara ini.  CSIRO di Geelong adalah sebuah laboratorium yang dirancang untuk menangani penyakit hewan menular.   CSIRO sebelum ini juga pernah mengembangkan vaksin untuk virus penyakit kuda yang mematikan, yaitu Virus Hendra.

Jika melihat jarak, Indonesia sebenarnya cukup jauh wilayah daratan Australia, yaitu  sekitar 3.000 kilometer. Namun cukup dengan satu kali badai angin topan saja, virus penyakit LSD dapat  menyebar ke Australia.

Nantinya, jika vaksin yang dibuat telah berhasil memusnahkan penyakit LSD, maka  Australia akan berupaya menyediakan vaksin tersebut ke negara lain seperti Indonesia dan Timor Leste.

Oleh sebab itu, Pejabat tertinggi bidang kedokteran hewan Australia, Dr Mark Schipp, menyatakan pihaknya mendukung langkah agar pemerintah mengimpor sapi pengidap penyakit kulit ini dari Indonesia. Mark sendiri telah mengunjungi Indonesia, untuk melihat  sapi-sapi yang terkena  penyakit ini yang menyebar sejak ditemukan pertama kali di Riau. 

Menteri Littleproud mengatakan sebuah satuan tugas segera dibentuk untuk merealisasikan komitmen pemerintah senilai A$61 miliar untuk meningkatkan biosekuriti di Australia utara. Satgas tersebut dipimpin oleh Chris Parker, mantan kepala Otorita Hama dan Kedokteran Hewan Australia.

Baca juga: Waspadai Sesak Nafas Akut Pada Sapi

Sumber: detik.com 

  • 248

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Gyuniku Kyandi, Permen Khas Jepang Yang Dibuat Dari Daging Sapi

Jepang memang tak pernah berhenti menciptakan produk makanan hingga cemilan unik, yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Salah satunya permen daging sapi ini. Bukan seperti permen biasa, bahan bakunya adalah daging sapi yang diiris tipis seperti sukiyaki. Uniknya walaupun dibuat dari daging sapi, permen ini tidak amis sama sekali. Citarasanya sekilas merupakan perpaduan antara rasa asin dan manis, mengingatkan pada rasa saus kecap asin dan sake saat makan daging. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Inilah Manfaat Mandi Susu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Apakah anda pernah mendengar manfaat mandi susu Dancow?. Aktivitas ini seringkali dihubungkan dengan perawatan kecantikan yang seringkali dilakukan oleh para wanita. Biasanya, perawatan mandi susu sapi ini ditemukan di beberapa klinik kecantikan, tapi siapa sangka anda juga bisa melakukan sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Investasi Sapi Perah Jenis Apa Yang Paling Populer di Indonesia?

Investasi sapi perah banyak dilakukan oleh orang di Indonesia sejak dahulu kala. Namun, jika berbicara mengenai sapi perah, bisa dibilang bahwa tidak ada sapi lokal yang benar benar memiliki karakter sebagai sapi perah. Perkenalan masyarakat Indonesia terhdap sapi perah berawal pada abad 18, yaitu pada masa kolonial Belanda yang mendatangkan sapi perah jenis FH atau ‘Friesien Holstein’. Baca selengkapnya...