TRANSLATE

Cara Membuat Dendeng Sapi Ala Rumahan

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan.

Resep dendeng umumnyamenggunakan daging sapi. Namun dendeng sebenarnya dapat dibuat dari daging lainnya, seperti kambing atau babi. Bisa juga dendeng dibuat dari hasil buruan seperti venison, elk, caribou, dan rusa. Saat ini, terdapat juga dendeng yang dibuat dari dari kalkun, burung onta, salem, buaya, dan tuna.

Kunci sukses dari pembuatan dendeng adalah, daging harus dikeringkan dengan cepat, untuk memperlambat pertumbuhan bakteri saat itu juga. Caranya, daging dipotong tipis, atau ditekan sampai tipis.

Dendeng dari daging sapi merupakan salah satu menu hidangan enak. Rasanya begitu gurih dan istimewa. Saking lezatnya, dendeng sapi ini kerap menjadi menu andalan rumah makan, restoran, hingga hotel berbintang.

Tapi bagi yang nggak mau repot mesti beli di luar, kamu bisa membuat dendeng sapi ini sendiri. Dendeng sapi ala rumahan tetap nikmat, tak kalah dengan buatan restoran lho. Cara membuatnya hanya butuh kesabaran dan ketelitian lebih agar rasanya tetap renyah.

Caranya:

1. Iris daging tipis dan searah serat.

2. Rebus daging.

3. Kemdian beri bumbu hingga tercampur rata. Bumbunya yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar, dan lain-lain.

4. Masak di wajan sampai empuk; Jika daging kurang empuk, kamu bisa menambahkan air dan tunggu sampai menyusut.

5. Pipihkan daging; Tiriskan daging dari wajan. Kemudian pukul daging sampai pipih. Jangan pukul terlalu keras, supaya daging tidak hancur.

6. Goreng sedikit demi sedikit; Goreng daging dendeng pakai minyak yang sudah panas. Supaya lebih matang, kering, dan crispy, goreng dendeng sedikit demi sedikit.

7. Goreng sampai kecokelatan; Goreng daging cukup sampai kecokelatan saja, tidak perlu hingga gosong. Namun pastikan daging sudah matang sempurna agar teksturnya menjadi crispy.

Simmental Sapi Favorit Peternak Generasi Millenial

Apa yang dimaksud dengan generasi Millenial atau generasi Y, yang juga akrab disebut sebagai generation me atau echo boomers? Memang tidak ada kriteria khusus untuk menentukan kelompok generasi yang satu ini. Namun beberapa pakar menggolongkannya berdasarkan tahun lahir awal dan akhir, dengan rentang tahun antara 1980 -1999 Masehi. Sedangkan manusia kelahiran tahun 2000 M sampai sekarang disebut dengan generasi Z atau Z Generation. Baca selengkapnya...

Ikut Asuransi, Terbukti Dapat Menyelamatkan Usaha Ternak Sapi Saat Terjadi Wabah PMK

Adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menyadarkan peternak bahwa asuransi Usaha Ternak Sapi-Kerbau (AUTSK), dapat memberikan perlindungan berupa biaya ganti rugi, apabila sapi atau kerbaunya mati karena berbagai faktor. Baca selengkapnya...

BALITNAK - Balai Penelitian Ternak

Sejarah berdirinya Balitnak - Balai Penelitian Ternak (Balitnak) merupakan gabungan dua Unit Kerja bidang peternakan yaitu Lembaga Penelitian Peternakan (LPP) di jalan Raya Pajajaranm, Bogor dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak (P3T) di Ciawi, Bogor pada tahun 1981. Sejalan dengan perkembangannya, sejak didirikan masing-masing unit kerja tersebut telah beberapa kali mengalami perubahan nama. Baca selengkapnya...