TRANSLATE

Cara Mudah Mengolah Susu Sapi Menjadi Keju Terbaik Jenis Mozzarella

Jika anda penggemar keju atau penggemar makanan barat, pasti sudah tak asing lagi dengan keju terbaik, termasuk jenis Mozzarela. Keju ini berasal dari Italia yang biasanya digunakan sebagai topping untuk berbagai menu seperti topping pizza, baked rice, lasagna, macaroni shcootel, dan lain sebagainya. Secara harfiah, Mozzarella memiliki arti memotong,  berasal dari bahasa Italia yakni mozzare. Kini, keju mozzarella dengan mudah di berbagai tempat. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Membuat keju mozzarella ternyata tak sulit. Walaupun membutuhkan beberapa bahan yang agak jarang ditemui seperti rennet dan asam sitrat. Tapi tidak perlu khawatir, di toko penyedia bahan kue biasanya tersedia.

Mengapa anda harus mencoba membuatnya sendiri? Keju terbaik jenis mozzarella ternyata harganya cukup mahal. Padahal cara membuatnya tergolong mudah. Simak caranya dibawah ini:

 

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat 500 gram keju mozzarella adalah sebagai berikut:

  • 5 liter susu sapi pasteurisasi
  • 10 gram asam sitrat
  • ¼ tablet rennet
  • ½ gelas air
  • 10 gram garam

 

Susu pasteurisasi adalah susu murni atau susu segar yang kemudian dipanaskan pada suhu sekitar 70 – 75 derajat celcius dimana cara ini berguna untuk mematikan bakteri bakteri pathogen yang ada di dalam susu.

Kemudian, yang dimaksud dengan rennet adalah sebuah enzim yang memiliki fungsi untuk mengikat zat zat pada di susu sehingga bisa menjadi satu dan terpisah dari laktoserumnya atau whey.

 

Langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, masukkan susu pasteurisasi ke dalam panci besar dan hangatkan hingga mencapai suhu sekitar 30 derajat celcius.
  2. Kemudian, larutkan bubuk asam sitrat dengan ¼ gelas air bersih, lalu tuangkan ke dalam susu tersebut.
  3. Aduk merata selama 5 menit lamanya.
  4. Di tempat terpisah, larutkan rennet dengan ¼ gelas air dan campurkan secara merata pada susu. Proses penggumpalan atau koagulasi akan terjadi di tahap ini.
  5. Tutup panci dan tunggu selama sekitar 10 menit sampai dengan susu menggumpal.
  6. Potong potong susu yang telah menggumpal di dalam panci tersebut hingga berbentuk kubus
  7. Jangan lupa untuk menggunakan saringan guna memisahkan gumpalan susu dan air dadihnya.
  8. Lalu, masukkan gumpalan susu dengan sedikit saja sisa dari air dadihnya ke dalam wadah yang tahan panas. kemudian, taburi dengan garam dan panaskan sebentar saja di atas kompor sembari diuleni.
  9. Langkah terakhir dalam membuat keju mozzarella ini adalah pemelaran atau pengulenan. Anda bisa menggunakan 2 buah spatula, uleni gumpalan susu tersebut hingga kalis, kenyal, serta mencapai tingkat elastisitas yang diinginkan.
  10. Kemudian, pindahkan ke dalam wadah kering dan bersih.
  11. Keju mozzarella buatan sendiri siap digunakan untuk berbagai menu masakan.

 

Selamat mencoba, dan nikmati keju terbaik buatan anda sendiri.

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Dendeng Batokok, This Food is Made From Beaten Meat

Having multi-cultural society, Indonesia is known for culinary richness. Every region in this country has its specific foods. One of areas in Indonesia that is known rich cuisine is West Sumatera, which is known for so many specific foods. The most popular ones include rendang and sate padang. Besides these two popular foods, there is also dendeng or beef jerky, which is also available in some variants. Dendeng or Indonesian beef jerky is a specific food from West Sumatera. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

makanan jadul dari susu sapi

Makanan Lawas Dari Susu Sapi Ini Kembali Populer

Virus corona jenis baru atau disebut Covid-19 masih menjadi topik perbincangan panas hingga saat ini. Hal ini menyusul wabah tersebut telah menjangkiti lebih dari separuh negara di dunia. Seperti diketahui, virus tersebut pertama kali ditemukan di Wuhan, Hubei, China dan kemudian menyebar ke daerah dan bahkan negara lain. Indonesia pun tak luput dari paparan virus tersebut. Demikian pula, Jepang yang notabene-nya merupakan tetangga China. Baca selengkapnya...
  • 44

    Jual Susu Sapi Murni Ready Setiap Hari

    Langsung dari Koperasi susu SUKA MAKMUR, Grati, Pasuruan. Asli tanpa campuran air dan tambahan apapun Harga: 16ribu/liter (mentah) Pembelian 10Liter harga reseller Yang kemasan botol siap minum juga ada 6ribu/botol (250ml), pembelian Minimum 4botol Free ongkir GKB, randu agung, pongangan dan cerme

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Gede Banget! Inilah Fakta Unik Sapi Limosin

Bicara soal sapi, jenisnya memang ada banyak. Mulai dari sapi Bali, Belgian Blue, Brahman, hingga limousin. Di antara sapi-sapi tersebut, sapi limosin merupakan sapi yang paling besar badannya. Dengan bodinya yang gede banget itu, terselip banyak fakta unik tentang sapi limousin. Apa saja itu? Duniasapi.com akan mengajak Anda mengulik 5 fakta unik di sapi jumbo itu.Rasanya tak berlebihan memang kalau menyebut Limosin sebagai raksasanya sapi. Pasalnya, sapi ini benar-benar besar ukurannya.… Baca selengkapnya...
  • 41

    Ready Stok Sapi Perempuan

    Hasil kawin suntik Lemosin Induk muda 2x produksi Peranggang/doro Induk anak rambon cocok kawin suntik/ib Induk anak sapi bali Satuan bisa, borongan lebih ringan.