Loading...
iden

Cara Mudah Mengolah Susu Sapi Menjadi Keju Terbaik Jenis Mozzarella

Jika anda penggemar keju atau penggemar makanan barat, pasti sudah tak asing lagi dengan keju terbaik, termasuk jenis Mozzarela. Keju ini berasal dari Italia yang biasanya digunakan sebagai topping untuk berbagai menu seperti topping pizza, baked rice, lasagna, macaroni shcootel, dan lain sebagainya.

Secara harfiah, Mozzarella memiliki arti memotong,  berasal dari bahasa Italia yakni mozzare. Kini, keju mozzarella dengan mudah di berbagai tempat. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Membuat keju mozzarella ternyata tak sulit. Walaupun membutuhkan beberapa bahan yang agak jarang ditemui seperti rennet dan asam sitrat. Tapi tidak perlu khawatir, di toko penyedia bahan kue biasanya tersedia.

Mengapa anda harus mencoba membuatnya sendiri? Keju terbaik jenis mozzarella ternyata harganya cukup mahal. Padahal cara membuatnya tergolong mudah. Simak caranya dibawah ini:

 

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat 500 gram keju mozzarella adalah sebagai berikut:

  • 5 liter susu sapi pasteurisasi
  • 10 gram asam sitrat
  • ¼ tablet rennet
  • ½ gelas air
  • 10 gram garam

 

Susu pasteurisasi adalah susu murni atau susu segar yang kemudian dipanaskan pada suhu sekitar 70 – 75 derajat celcius dimana cara ini berguna untuk mematikan bakteri bakteri pathogen yang ada di dalam susu.

Kemudian, yang dimaksud dengan rennet adalah sebuah enzim yang memiliki fungsi untuk mengikat zat zat pada di susu sehingga bisa menjadi satu dan terpisah dari laktoserumnya atau whey.

 

Langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, masukkan susu pasteurisasi ke dalam panci besar dan hangatkan hingga mencapai suhu sekitar 30 derajat celcius.
  2. Kemudian, larutkan bubuk asam sitrat dengan ¼ gelas air bersih, lalu tuangkan ke dalam susu tersebut.
  3. Aduk merata selama 5 menit lamanya.
  4. Di tempat terpisah, larutkan rennet dengan ¼ gelas air dan campurkan secara merata pada susu. Proses penggumpalan atau koagulasi akan terjadi di tahap ini.
  5. Tutup panci dan tunggu selama sekitar 10 menit sampai dengan susu menggumpal.
  6. Potong potong susu yang telah menggumpal di dalam panci tersebut hingga berbentuk kubus
  7. Jangan lupa untuk menggunakan saringan guna memisahkan gumpalan susu dan air dadihnya.
  8. Lalu, masukkan gumpalan susu dengan sedikit saja sisa dari air dadihnya ke dalam wadah yang tahan panas. kemudian, taburi dengan garam dan panaskan sebentar saja di atas kompor sembari diuleni.
  9. Langkah terakhir dalam membuat keju mozzarella ini adalah pemelaran atau pengulenan. Anda bisa menggunakan 2 buah spatula, uleni gumpalan susu tersebut hingga kalis, kenyal, serta mencapai tingkat elastisitas yang diinginkan.
  10. Kemudian, pindahkan ke dalam wadah kering dan bersih.
  11. Keju mozzarella buatan sendiri siap digunakan untuk berbagai menu masakan.

 

Selamat mencoba, dan nikmati keju terbaik buatan anda sendiri.

INDONESIA AUTOMOTIVE COMMUNITY

IAC Indonesia Automotive Community Aplikasi Android Terbaik untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya

Aplikasi Android khusus untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya, yang berisi  info terbaru tentang jadwal event, touring, pameran, kopdar, forum diskusi dan penawaran merchandise dari berbagai komunitas baik mobil ataupun motor. Baca selengkapnya...

  • Beef Satay Pak Kempleng Culinary You Should Never Miss

    Beef Satay Pak Kempleng: Culinary You Should Never Miss

    When it comes to entertainment, people have different ways to entertain themselves. Some people prefer to watch good movies, some others love to travel, and some others would rather entertain themselves by eating good foods. If you are the third team, there is one special dish in Semarang, Indonesia, that you should never miss tasting. As you probably already know, Indonesia has a lot of cuisines. Even one certain dish has a bunch of versions. One of them is satay. Every region in Indonesia has…

gerobak sapi

TAHUKAH ANDA JIKA IDE FOOD TRUCK BERAWAL DARI BISNIS SAPI?

Yaitu saat harus mengirim sapi yang jaraknya sangat jauh, hingga perlu waktu berhari-hari melewati lokasi yang tidak ada penjual makanan dan minuman. Baca selengkapnya....