TRANSLATE

Bagaimana Menghitung, Membagikan serta Cara Menyimpan Daging Kurban Di Dalam Kulkas

Setiap 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan Hari Raya Idul Adha. Pada hari itu, kaum muslimin disunnahkan untuk berkurban dengan menyembelih hewan, seperti sapi atau kambing/domba. Namun ada syaratnya, telah cukup umur. Namun ada hal lain yang cukup penting untuk diperhatikan panitia kurban yakni menghitung dan membagikan daging kurban agar sesuai dengan jumlah penerima atau mustahik berserta menyimpannya di kulkas.  Bagaimana caranya?

Jika satu ekor sapi dengan berat hidup 350 kg, maka akan didapat berat karkas pada umumnya adalah 50 persen dari berat hidupnya atau sebanyak 125 kg. Adapun berat dagingnya adalah 70 persen dari berat karkas alias 122, 5 kg. Jadi sapi kurban dengan berat hidup 350 kg, akan didapatkan daging  sebanyak 122,5 kg.

Selain daging, ada juga jeroan yang jumlahnya sekitar  10 persen dari berat karkas atau 17,5 kg. Sedangkan untuk kaki sebanyak 4 rata-rata  memiliki berat  4,5 kg. Khusus kepala memiliki berat 4 persen dari berat hidup atau sekitar 14,5 kg. Terakhir adalah ekor, beratnya 0,7 persen dari berat hidup atau 2,45 kg. Jika dijumlahkan dari satu ekor sapi seberat 350 kg, akan didapat total daging plus jeroan sebanyak 161, 45 kg. Jumlah inilah yang bisa dibagikan kepada mustahik.

Perhitungan ini bisa dipergunakan panitia kurban untuk menyesuaikan antara jumlah hewan kurban yang disiapkan dengan jumlah mustahik yang akan mendapatkan daging kurban. Biasanya penerima akan diberikan dalam bentuk kupon untuk mengambilnya.

Terkait dengan daging kurban, sebagian orang ada yang memilih untuk menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas atau freezer, dan mengolahnya beberapa hari kemudian. Namun perlu di ketahui cara agar daging awet dan tidak bau, antara lain:

1. Jangan dicuci;  karena proses pencucian akan menyebabkan bau tidak sedap di dalam daging akan semakin kuat. Selain itu, air yang meresap ke dalam serat-serat daging akan membuat daging menjadi lebih cepat rusak.

2. Potong-potong daging sesuai penggunaanya nanti; selain menghemat tempat juga mempermudah saat akan mengolah daging untuk dimasak.

3. Simpan daging di dalam wadah yang kedap udara berbahan food grade, agar etap aman.

4. Bekukan daging di suhu minus 18 derajat Celcius yaitu didalam freezer; Agar bakteri di dalam daging tidak akan bereaksi, sehingga daging akan awet secara alami.

5. Jika ingin diolah, daging beku jangan dicairkan di suhu ruangan ; karena daging yang sudah bersentuhan dengan udara luar, akan mulai bereaksi dengan bakteri yang ada di sekitarnya. Cara yang lebih baik adalah dengan memindahkan  daging kurban dari freezer ke rak kulkas khusus menyimpan daging, agar daging mencair dengan sendirinya tanpa kehilangan suhu dinginnya.

  • 248

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Daftar Steak Daging Sapi Termahal di Dunia yang Harganya Bikin Geleng-Geleng Kepala

Bicara soal steak daging sapi, ada lho yang harganya bikin geleng-geleng kepala. Dijamin, dompet kalian langsung kempes jika membelinya. Berikut ini adalah beberapa steak termahal di dunia yang harganya bisa bikin bokek. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Cara Ampuh Merayu Anak Mau Minum Susu

Susu sapi kini menjadi ‘senjata’ banyak orang tua untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak. Tak mengherankan karena minuman yang satu ini memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati. Terlebih lagi, kini juga sudah banyak varian susu sapi yang disesuaikan dengan usia anak sehingga anak akan lebih presisi mendapatkan tambahan nutrisi yang dibutuhkan. Baca selengkapnya...
  • 116

    Ayo Bergabung Bersama Kami, Terbatas Hanya 1 Agen Untuk 1 Kecamatan

    Kami SagaraMilk peternak dan penyalur SUSU SAPI & SUSU KAMBING SEGAR 100% MURNI dari Kabupaten Bandung mencari mitra kerjasama UMKM seperti : Agen & Reseller SUSU. Warung/Kedai. Produk olahan berbahan SUSU SAPI atau SUSU KAMBING. Catering untuk karyawan pabrik/kantor. Siap antar wilayah Bandung, Karawang, Bekasi, Jakarta Timur

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Perjalanan Sapi Ongole, Sumba Ongole (SO), Hingga Peranakan Ongole (PO)

Sapi ongole adalah jenis sapi yang berasal dari Distrik Prakasam di negara bagian Andhra Pradesh di India. Trah ini diberi nama berdasarkan tempat asalnya, yaitu Kota Ongole. Sapi ongole, yang tergolong dalam subspesies Bos indicus, banyak diminati karena tahan terhadap penyakit mulut dan kuku serta penyakit sapi gila. Sapi Ongole termasuk tipe sapi pekerja dan pedaging. Baca selengkapnya...
  • 95

    Jual Sapi 22 Ekor

    Bagi yang siap borong semua juga boleh. Lokasi Ds sawangan doro Kab. Pekalongan.