TRANSLATE

Beda Kulit Sapi Dan Kerbau sebagai Bahan Pembuat Wayang

Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia terutama berkembang di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Wayang kulit dibuat dari bahan kulit sapi yang sudah diproses menjadi kulit lembaran, per buah wayang membutuhkan sekitar ukuran 50 x 30 cm kulit lembaran yang kemudian dipahat dengan peralatan khusus terbuat dari besi berujung runcing untuk membuat berbagai bentuk dan lubang ukiran.

Ada dua jenis bahan baku kulit yang digunakan oleh para perajin wayang kulit yaitu  kulit sapi dan kulit kerbau. Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari dua jenis kulit tersebut.  

Kulit kerbau tidak akan berubah bentuk meski cuaca sedang panas atau dingin.Sementara wayang berbahan kulit sapi akan berubah bentuk, khususnya saat cuaca sedang terik. Wayang dari kulit sapi akan tergulung. Namun meski tergulung, wayang bisa kembali pada bentuk semula jika ditekan dengan alat pres.

Karena kelebihan tersebut, harga kulit kerbau menjadi lebih mahal. Hitungannya bukan per lembar melainkan per kilogram. Satu kilogram kulit kerbau dihargai Rp 100.000. Sedangkan untuk kulit sapi kisaran harga ada dibawahnya.

Dari selembar kulit, perajin bisa memproduksi sekitar 10 wayang berukuran besar. Untuk harganya, wayang dari kulit sapi dengan pahatan standar, berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta. Sementara untuk wayang yang sama tapi berbahan kulit kerbau, dipatok harga antara Rp 1,7 juta hingga Rp 3,5 juta.

Kulit untuk bahan baku wayang, tidak bisa menggunakan kulit yang berasal dari sapi atau kerbau yang baru dipotong. Perlu melalui beberapa proses, agar  siap untuk dibentuk, yaitu kulit direndam air biasa, dibentangkan, dijemur, kemudian baru dikerok dan dipotong sesuai kebutuhan.

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Apparently, Sausages in Indonesia Are Not From Beef

Sausage is certainly one of favorite foods in the world. It is produced in different countries under different names. As a result, people know different types of sausage, depending upon the ingredients, production process, taste, and casing. For instance, Italian people have Bologna sausage, French people have Lyon Sausage, and people of England know Berkshire, Lincolnshire, or Wiltshire sausage. The sausage is mostly named after the city or area, where it is made. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

STMJ, Healthy Indonesian Drink from Ginger, Eggs, Milk and Honey

Enjoying a cup of hot drink is a great way to beat the cold weather, right? Of course, you need something that is not only hot but also healthy. In Indonesia, there is a healthy drink called STMJ. Name of the drink is actually derived from Susu (milk), Telur (egg), Madu (honey), and Jahe (ginger). The drink contains healthy ingredients, particularly egg and ginger. Meanwhile, milk and honey serve as the sweetener to replace sugar. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Simental yang Jadi Sapi Primadona di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak macam sapi yang dibudidayakan. Baik untuk sapi pedaging atau sapi perah. Salah satu jenis sapi yang cukup terkenal di kalangan peternak adalah sapi Simental. Baca selengkapnya...