Cara Memasak Daging Has Dalam (Tenderloin) Untuk Memaksimalkan Cita Rasanya

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini mungkin akan sangat disukai dan ditunggu karena akan membahas mengenai tenderloin atau daging has dalam sapi. Daging jenis ini letaknya di bawah bagian rusuk dan tulang belakang yang memang jarang aktif bergerak dan digunakan oleh sapi. Karena itulah, daging ini sangat empuk, memiliki rasa lezat dan juicy.

Meskipun tergolong mudah sekali diolah, ada beberapa trik yang bisa anda gunakan agar kelezatan daging has dapat dinikmati secara maksimal.

 

1. Usahakan Membeli Daging Has Dalam dengan label ‘prime’ atau ‘choice’

Apabila anda memang menginginkan daging dengan kualitas nomor satu, anda bisa membeli tenderloin dengan label ‘choice’ atau ‘prime’. Biasanya daging ini memang merupakan daging pilihan, dengan tingkat kesegaran dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Kemudian, anda juga harus menentukan ingin membeli daging yang sudah dikupas atau tidak. Daging has yang sudah dikupas maksudnya adalah sudah dibersihkan dari lemak yang menempel namun masih memiliki kulit keperakan. Kulit keperakan ini biasanya akan membuat daging has agak sedikit alot.

 

2. Bersihkan Daging Has Dalam Dengan Benar

Tips dan trik mengolah daging has ini selanjutnya adalah dengan membersihkannya. Apabila anda tak ingin repot, maka anda bisa memilih daging sapi yang sudah dikupas sehingga anda tak perlu membersihkannya lagi. Namun, apabila daging seperti ini tak tersedia, anda bisa membeli tenderloin biasa. Kemudian hilangkan bagian selaput yang menutupi sisi daging karena biasanya bagian ini terasa alot. Setelah selesai membersihkan daging has, anda bisa memasukkannya ke dalam freezer untuk dibekukan, atau dicuci dengan air jika ingin langsung diolah.

 

3. Menepuk atau Memukul Mukul Daging Has Dalam sebelum diolah

Ada satu lagi tips dan trik mengolah daging has agar lebih empuk dan bumbu bisa meresap dengan baik. Setelah dibaluri bumbu,, anda bisa menepuk nepuk atau memukulnya dengan menggunakan alat pemukul daging yang kini banyak tersedia di pasaran. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan garpu untuk menusuk-nusuknya. Lakukan pada seluruh bagian daging has sehingga daging akan menjadi lebih empuk dan bumbu juga menjadi lebih mudah untuk meresapke dalam daging yang nantinya akan dimasak.

 

4. Tips Membumbui Daging Has Dalam

Jika bingung mau diolah menjadi masakan apa, daging has tetap lezat walaupun hanya menggunakan bumbu sederhana. Misalnya saja dengan bawang putih, ketumbar, lada, dan garam. Haluskan bahan tersebut dan balurkan pada tenderloin, lalu biarkan atau resting sejenak sebelum dimasak.

Setelah dirasa daging sudah cukup di resting, maka selanjutnya anda bisa langsung memasaknya dengan bumbu bumbu sesuai selera dan keinginan anda. cara memasaknya pun bisa sesuai selera, bisa ditumis, digoreng, pan sheared, oven, grill, atau cara lainnya. Anda juga bisa menentukan sendiri tingkat kematangannya mulai dari matang hingga setengah matang.

Itulah tips dan trik mengolah daging has dalam (tenderloin), jenis daging sapi yang paling mudah diolah menjadi masakan apa saja.

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Maramadi, Tradisi Budaya India Yang Mirip Dengan Karapan Sapi Khas Indonesia

Anda sudah pasti pernah mendengar tentang tradisi budaya Karapan Sapi bukan?! Sebagian dari Anda mungkin pernah menyaksikan langsung Karapan Sapi. Ya, Karapan Sapi adalah olahraga sekaligus tradisi yang sangat terkenal di Madura. Rupanya tradisi serupa juga ada di India. Negeri Gangga mengenal tradisi itu dengan nama Maramadi. Apa keunikannya? Tahan penasaran Anda, karena Dunia Sapi kali ini akan mengajak Anda mengulik fakta unik tentang Maramadi, Karapan Sapi khas India. Baca selengkapnya...

Seratus Ribu Petugas Akan Melakukan Proses Cek KTP Ternak, Data Apa Saja Yang Akan Diperiksa?

Pada saat ini, di India terdapat 88 juta ternak sapi dan kerbau (41 juta ekor kerbau dan 47 juta ternak sapi berbagai jenis). Dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dari industri susu pada tahun 2022, Perdana Menteri India Narendra Modi, mewacanakan penggunaan teknologi terkini di bidang peternakan. Caranya adalah dengan menerbitkan kartu identitas ternak, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk manusia, menggunakan 12 digit angka. Baca selengkapnya...

Hindari Memberi Pakan Secara Berlebihan Pada Sapi Bunting

Budidaya sapi bibit memang mengandalkan pedet sebagai hasil usaha, selain penambahan bobot pada induknya. Banyak hambatan dan kendala yang harus dihadapi, diantaranya, kekurangan nutrisi dan gangguan reproduksi. Seperti kesulitan melahirkan (distokia). Hal tersebut bisa terjadi salah satunya karena perkawinan yang belum cukup umur. Baca selengkapnya...