Sate Maranggi Ceu Loli, Penjual Sate Khas Purwakarta Di Bogor

Sate maranggi adalah salah makanan lezat khas Kabupaten Purwakarta,  yang kini mendunia  karena dinobatkan sebagai salah satu dari delapan jajanan kaki lima favorit dunia versi CNN. Mungkin banyak yang belum tahu, jika Sate Maranggi memiliki sejarah yang menarik karena ada beberapa pendapat tentang asal usulnya. Terlepas dari ketidakpastian asal usulnya, sate maranggi sudah pasti lezat. Jika sedang berada di  Bogor, jangan lupa mampir ke kedai Sate Maranggi yang mulai terkenal karena citarasanya yang nikmat, yaitu Sate Maranggi Ceu Loli.

Meski tergolong baru, namun berkat pengalaman dan kepiawaian pemiliknya yang sudah cukup lama berkecimpung di bidang kuliner, hanya dalam waktu beberapa bulan setelah warung ini dibuka telah berhasil menjadi penjual Sate Maranggi yang diburu para penggemarnya.

Sebagai pelengkap menyantap Sate Maranggi, tersedia Sop Tulang sapi yang berisi tulang iga sapi dengan bumbu spesial dan diberi taburan bawang merah dan putih goreng diatasnya. Sangat cocok disantap dalam suasana apapun, terutama ketika musim hujan atau cuaca dingin seperti di Bogor.

Lokasi Sate Maranggi Ceu Loli berada disebuah kawasan wisata kuliner terpopuler di kota Bogor, tepatnya di: Jl. Pandu Raya No.3, RT.1/RW.13, Tegal Gundil.

Jika membutuhkan panduan GOOGLE MAP, silahkan  KLIK DISINI

 

 

ASAL USUL SATE MARANGGI

Dikutip dari nationalgeographic.grid.id. asal usul sate maranggi berasal dari tiongkok. Pendapat tersebut diutarakan oleh Chef Haryo Pramoe, koki yang mendalami kuliner Indonesia dan juga pendiri Indonesian Food Channel.

Keberadaan Sate maranggi di Indonesia, berawal dari para pendatang dataran Tiongkok yang hidup dan menetap disini, khususnya di daerah Jawa Barat di tengah-tengah masyarakat Sunda.

Mereka membuat Sate Maranggi menggunakan daging babi dengan ragam bumbu yang dibawa dari negeri asalnya. Sebagai bukti, bumbu yang digunakan pada sate maranggi, sama persis dengan bumbu untuk membuat dendeng babi dan dendeng ayam yang dijual di Tiongkok, Hongkong, dan Taiwan

Pengggantian jenis daging yang digunakan untuk membuat sate maranggi terjadi setelah terjadi setelah banyak orang tionghoa ini yang belajar agama Islam dan menjadi mualaf yang mengharamkan daging babi. Sejak itulah, daging babi dengan daging sapi atau daging kambing.

 

 

Asal Usul sate Maranggi Versi Pemerintah Kabupaten Purwakarta

Sedangkan menurut purwakartakab.go.id, sate maranggi awalnya merupakan makanan hasil kreasi para pekerja di sebuah peternakan domba di Kecamatan Plered.

Karena hanya bisa menikmati daging domba ini di waktu-waktu tertentu, itupun hanya daging yang tersisa dari tempat pemotongan. Dengan modal potongan daging domba tersebut, mereka mencoba mengolahnya dengan cara merendam daging didalam larutan yang diberi bumbu rempah dengan tambahan sedikit gula aren.

Hasilnya adalah sebuah masakan baru yang enak. Informasi tentang kelezatnya olahan tersebut bahkan terdengar hingga keluar dari area peternakan. Melihat adanya peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan, beberapa penduduk di sekitarnya kemudian menjualnya sebagai sate domba.

Salah satu warung sate domba yang tersohor adalah milik Mak Anggi. Seiring berjalannya waktu, penyebutan Sate Mak Anggi pun berubah menjadi sate Makanggi dan kini lebih dikenal dengan nama sate maranggi.

Para pedagang sate maranggi yang lahir di Kecamatan Plered pun terus menyebar bukan hanya di Purwakarta saja melainkan sampai ke Cianjur, Sukabumi, Subang hingga Bogor. Resep dan penyajiannya pun semakin bervariasi. Mulai dari penggunaan sambal tomat, sambel oncom dan ketan bakar sebagai pengganti nasi, seperti Sate Maranggi Ceu Loli ini.

Dilihat 106 kali
  • 248

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Basah Atau Kering, Beginilah Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Rendang daging sapi atau randang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau, dengan teknik memasak serta pilihan dan penggunaan bumbu rendang berbeda-beda menurut daerah. Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam), karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. Potongan daging sapi dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu terserap olah daging… Baca selengkapnya...
  • 101

    Toko Daging Mang Oong

    Ayo belanja di pasar tradisional Sedia daging sapi lokal berkualitas (Hasil pemotongan terbaru dari RPH): Daging sop soto rendang semur sate Tualng iga tulang rangu kaki sapi Gajih jando urat Tetelan hati paru babat usus

MANFAAT SUSU SAPI

Peralatan Untuk Mengawetkan Susu Karya Anak Bangsa

Apakah anda tahu persoalan yang mendera para peternak sapi perah tradisional selama berpuluh tahun? Tak lepas dari masalah daya tahan susu yang cuma 3 sampai 4 jam pada suhu ruang. Saat berada di suhu kamar, susu hasil perahan memang sangat rentan terhadap pencemaran yang dapat menurunkan kualitas susu. Baca selengkapnya...
  • 79

    Jual Susu Sapi Murni Ready Setiap Hari

    Langsung dari Koperasi susu SUKA MAKMUR, Grati, Pasuruan. Asli tanpa campuran air dan tambahan apapun Harga: 16ribu/liter (mentah) Pembelian 10Liter harga reseller Yang kemasan botol siap minum juga ada 6ribu/botol (250ml), pembelian Minimum 4botol Free ongkir GKB, randu agung, pongangan dan cerme

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Gede Banget! Inilah Fakta Unik Sapi Limosin

Bicara soal sapi, jenisnya memang ada banyak. Mulai dari sapi Bali, Belgian Blue, Brahman, hingga limousin. Di antara sapi-sapi tersebut, sapi limosin merupakan sapi yang paling besar badannya. Dengan bodinya yang gede banget itu, terselip banyak fakta unik tentang sapi limousin. Apa saja itu? Duniasapi.com akan mengajak Anda mengulik 5 fakta unik di sapi jumbo itu.Rasanya tak berlebihan memang kalau menyebut Limosin sebagai raksasanya sapi. Pasalnya, sapi ini benar-benar besar ukurannya.… Baca selengkapnya...
  • 95

    Jual Sapi 22 Ekor

    Bagi yang siap borong semua juga boleh. Lokasi Ds sawangan doro Kab. Pekalongan.