Loading...
iden

Membangun Kandang Sapi Sederhana Untuk Peternak Pemula

Bagaimana cara cari untung maksimal dari pemeliharaan sapi, dengan desain kandang sapi sederhana. Bagi ternak, kandang adalah rumah untuk  berlindung dari berbagai cuaca seperti panas, dingin dan hujan. Kandang juga sarana untuk melakukan kegiatan produksi sepert makan, minum, berkembang biak dan lain sebagainya. 

Sedangkan untuk peternak, kandang adalah salah satu fasilitas untuk melakukan kegiatan usaha. Bagaimana desain kandang sapi sederhana namun bisa cari untung maksimal?

Idealnya, kandang harus bisa memenuhi kebutuhan dari sapi dan peternak itu sendiri, yaitu:

  1. Tahan lama, karena menggunakan material dengan kualitas yang baik
  2. Luasnya harus sesuai dengan jumlah sapi dan  peruntukannya
  3. Lantai kandang harus cepat kering dan mudah dibersihkan. Caranya, buatlah lantai dengan kemiringan 5-10° mengarah ke selokan, agar mudah  menarik kotoran dan air kotor ke saluran pembuangan
  4. Cara lain membangun kandang agar selalu kering adalah membangunnya pada lokasi yang selalu mendapat sinar matahari yaitu  pada pagi dan sore hari
  5. Usahakan sirkulasi udaranya berjalan dengan baik dan kelembapan  antara 60-70%. Untuk daerah tropis, desain kandang sapi sederhana yang paling cocok adalah  kandang dengan dinding setengah terbuka.
  6. Atap kandang harus kuat dan tidak bocor sehingga dapat melindungi sapi dari berbagai cuaca
  7. Dindingnya harus kokoh maksudnya tidak mudah rubuh, bahkan jika diseruduk oleh sapi itu sendiri
  8. Tempat pakan dibuat lebar agar sapi mudah mengambil pakan
  9. Air minum selalu tersedia setiap saat (ad libitum)

 

Sedangkan mengenai modelnya, ada dua jenis desain kandang sapi sederhana yaitu:

  • Kandang kelompok dibuat tanpa penyekat, dan sapi tidak diikat alias dibiarkan bebas. Kandang kelompok cocok untuk memelihara sapi dalam jumlah banyak.
  • Kandang individu, digunakan jika jumlah sapi yang dipelihara tidak banyak. Caranya dengan diberi penyekat, dan sapinya diikat. Sapi yang dipelihara dengan desain kandang sapi sederhana model individual bisa lebih cepat gemuk, sehingga beternak bisa cari untung maksimal.

 

Bagaimana dengan ukuran kandang berikut fasilitasnya? Berikut adalah beberapa detil yang menjadi acuan desain kandang sapi sederhana namun tetap ideal untuk menggemukkan sapi: 

  • Panjang dan lebar lantai untuk sapi lokal adalah 2.10 x 1.45 meter, sedangkan  untuk sapi impor yaitu 2.10 x 1.5 meter.
  • Tempat panjang ransum dan air minum adalah selebar tempat sapi
  • Kedalaman tempat ransum sapi adalah ±40 cm
  • Kedalaman tempat air minum sapi adalah ±40 cm
  • Terdapat selokan sedalam ±20 cm dengan lebar 20-30 cm
  • Terdapat jalan di antara kandang baris dengan lebar 1 meter

 

Arah kandang berhubungan dengan tipe kandang, dibuat dengan mempertimbangkan cahaya matahari yang berfungsi sebagai desinfektan alami untuk menghambat perkembangbiakan bakteri. Untuk tipe kandang tunggal, arah kandang dibangun menghadap ke timur. Sementara untuk kandang ganda, dibangun menghadap ke arah utara dan selatan dengan posisi membujur. 

Lokasi yang ideal adalah daerah yang terletak jauh dari pemukiman warga namun mudah diakses oleh kendaraan. Tujuannya untuk menghindari bau kotoran sapi yang dapat mengganggu masyarakat sekitar. Kandang sebaiknya terpisah dari rumah dengan jarak minimal 10 meter agar tidak terjadi pencemaran sumber-sumber lain seperti selokan, irigasi, dll.

Namun jika kondisi tidak memungkinkan, peternak dapat membuat desain kandang sapi sederhana, yang dilengkapi dengan tembok setinggi 3 meter. Agar angin yang membawa bau kotoran dapat ditahan oleh tembok tersebut. Peternak juga harus memilih lokasi yang berada pada wilayah yang bebas penyakit ternak, seperti antraks dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang berpotensi merugikan peternak.

Jika tidak mempertimbangkannya, boro-boro cari untung maksimal, yang ada malah rugi, karena sapinya mati dan peternakan harus ditutup!

Artikel terkait

Hindari Memberikan Susu Sapi Kepada Anak Kucing, Ini Alasannya...

Pernah menemukan anak kucing ditinggalkan sendirian di suatu tempat oleh induknya? Pasti tidak tega mendengar suaranya yang terdengar seperti tangisan anak bayi. Para pemerhati hewan, umumnya ingin segera mengambil anak kucing tersebut dan membawanya untuk dirawat dengan baik di rumah. Selengkapnya...
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Dengan 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), kami hanya menawarkan produk-produk pilihan yang berkualitas yaitu: