Loading...
iden

Kandang Sapi Sederhana Yang Cocok Untuk Peternak Pemula

Bagaimana cara cari untung maksimal dari pemeliharaan sapi, dengan desain kandang sapi sederhana. Bagi ternak, kandang adalah rumah untuk  berlindung dari berbagai cuaca seperti panas, dingin dan hujan. Kandang juga sarana untuk melakukan kegiatan produksi sepert makan, minum, berkembang biak dan lain sebagainya. 

Sedangkan untuk peternak, kandang adalah salah satu fasilitas untuk melakukan kegiatan usaha. Bagaimana desain kandang sapi sederhana namun bisa cari untung maksimal?

Idealnya, kandang harus bisa memenuhi kebutuhan dari sapi dan peternak itu sendiri, yaitu:

  1. Tahan lama, karena menggunakan material dengan kualitas yang baik
  2. Luasnya harus sesuai dengan jumlah sapi dan  peruntukannya
  3. Lantai kandang harus cepat kering dan mudah dibersihkan. Caranya, buatlah lantai dengan kemiringan 5-10° mengarah ke selokan, agar mudah  menarik kotoran dan air kotor ke saluran pembuangan
  4. Cara lain membangun kandang agar selalu kering adalah membangunnya pada lokasi yang selalu mendapat sinar matahari yaitu  pada pagi dan sore hari
  5. Usahakan sirkulasi udaranya berjalan dengan baik dan kelembapan  antara 60-70%. Untuk daerah tropis, desain kandang sapi sederhana yang paling cocok adalah  kandang dengan dinding setengah terbuka.
  6. Atap kandang harus kuat dan tidak bocor sehingga dapat melindungi sapi dari berbagai cuaca
  7. Dindingnya harus kokoh maksudnya tidak mudah rubuh, bahkan jika diseruduk oleh sapi itu sendiri
  8. Tempat pakan dibuat lebar agar sapi mudah mengambil pakan
  9. Air minum selalu tersedia setiap saat (ad libitum)

 

Sedangkan mengenai modelnya, ada dua jenis desain kandang sapi sederhana yaitu:

  • Kandang kelompok dibuat tanpa penyekat, dan sapi tidak diikat alias dibiarkan bebas. Kandang kelompok cocok untuk memelihara sapi dalam jumlah banyak.
  • Kandang individu, digunakan jika jumlah sapi yang dipelihara tidak banyak. Caranya dengan diberi penyekat, dan sapinya diikat. Sapi yang dipelihara dengan desain kandang sapi sederhana model individual bisa lebih cepat gemuk, sehingga beternak bisa cari untung maksimal.

 

Bagaimana dengan ukuran kandang berikut fasilitasnya? Berikut adalah beberapa detil yang menjadi acuan desain kandang sapi sederhana namun tetap ideal untuk menggemukkan sapi: 

  • Panjang dan lebar lantai untuk sapi lokal adalah 2.10 x 1.45 meter, sedangkan  untuk sapi impor yaitu 2.10 x 1.5 meter.
  • Tempat panjang ransum dan air minum adalah selebar tempat sapi
  • Kedalaman tempat ransum sapi adalah ±40 cm
  • Kedalaman tempat air minum sapi adalah ±40 cm
  • Terdapat selokan sedalam ±20 cm dengan lebar 20-30 cm
  • Terdapat jalan di antara kandang baris dengan lebar 1 meter

 

Arah kandang berhubungan dengan tipe kandang, dibuat dengan mempertimbangkan cahaya matahari yang berfungsi sebagai desinfektan alami untuk menghambat perkembangbiakan bakteri. Untuk tipe kandang tunggal, arah kandang dibangun menghadap ke timur. Sementara untuk kandang ganda, dibangun menghadap ke arah utara dan selatan dengan posisi membujur. 

Lokasi yang ideal adalah daerah yang terletak jauh dari pemukiman warga namun mudah diakses oleh kendaraan. Tujuannya untuk menghindari bau kotoran sapi yang dapat mengganggu masyarakat sekitar. Kandang sebaiknya terpisah dari rumah dengan jarak minimal 10 meter agar tidak terjadi pencemaran sumber-sumber lain seperti selokan, irigasi, dll.

Namun jika kondisi tidak memungkinkan, peternak dapat membuat desain kandang sapi sederhana, yang dilengkapi dengan tembok setinggi 3 meter. Agar angin yang membawa bau kotoran dapat ditahan oleh tembok tersebut. Peternak juga harus memilih lokasi yang berada pada wilayah yang bebas penyakit ternak, seperti antraks dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang berpotensi merugikan peternak.

Jika tidak mempertimbangkannya, boro-boro cari untung maksimal, yang ada malah rugi, karena sapinya mati dan peternakan harus ditutup!

Artikel terkait

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Teguh Boediyana, Tokoh Pembela Peternak Yang Mirip Sekali Dengan Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Bung Karno penyambung lidah rakyat indonesia? Jika suatu saat anda bertemu dengan sosok berseragam lengkap mirip presiden pertama Republik Indonesia tersebut, dapat dipastikan bahwa beliau adalah Teguh Boediyana. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.