Loading...
iden

Lokasi Usaha Yang Strategis Adalah Kunci Sukses Beternak Sapi Perah

Beternak sapi perah bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Lokasi usaha yang strategis adalah hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang peternak yang ingin memulai usaha ini. Setelah itu ada masih ada banyak sekali aspek penting lainnya, seperti memilih anakan sapi yang tepat, perawatan yang baik, vaksinasi, dan lain sebagainya.

Peternak disarankan untuk melakukan survei lokasi kandang terlebih dahulu. Dengan lokasi kandang yang sesuai dengan kebutuhan ternak, maka sapi bisa menghasilkan susu yang jauh lebih banyak. Selain itu, sapi juga akan jarang sakit sehingga menghindari adanya kematian yang sangat merugikan. Oh ya, untuk memilih  lokasi usaha yang strategis adalah dengan menyimak uraiannya di bawah ini.

 

 


1. Ketinggian Lokasi Bakal Kandang Sapi

Sapi perah tidak akan menghasilkan susu secara maksimal jika dipelihara di dataran rendah. Udara panas di kawasan pesisir atau sekitarnya akan membuat sapi cenderung mudah stres setiap harinya. Untuk lokasi usaha yang strategis adalah berada di kawasan dengan ketinggian 500-800 meter dari permukaan air laut. Ketinggian ini sangat ideal karena bersuhu sejuk dan tidak terlalu dingin dengan kisaran 14-19 derajat Celcius.

Dengan perlakuan yang sama, sapi yang berada di ketinggian kurang dari 500 meter menghasilkan susu yang lebih rendah. Bahkan yang awalnya produksi susu mencapai 30 liter, bisa anjlok menjadi hanya 10 liter saja. Penurunan yang nyaris 70% ini tentu akan merugikan petani karena pakan dan perawatan sapi perah lebih mahal ketimbang sapi konsumsi atau sapi yang digunakan untuk keperluan pembajakan sawah.

 

 


2. Terkonsentrasi di Satu Wilayah

Beternak sapi perah tidak bisa sembarang dilakukan di mana saja meski secara posisi sudah sesuai dengan udara yang sejuk. Lokasi usaha yang strategis adalah wilayah yang merupakan pusat dari kawasan peternakan sapi. Desa-desa yang berada di lereng gunung biasanya banyak menjadi lokasi yang tepat karena mayoritas penduduknya memiliki usaha ternak sapi perah.

Pemilihan lokasi yang terkonsentrasi ini akan memudahkan peternak dalam hal perawatan, penjualan susu yang telah diproduksi, pembibitan, penyuluhan, dsb. Biasanya wilayah yang sudah terkonsentrasi menjadi Village Breeding Center (VBC) akan lebih mudah menjual produksi ke perusahaan atau diolah sendiri menjadi oleh-oleh khas yang memiliki nilai jual tinggi.

 

 


3. Tidak Mengganggu Ketertiban dan Kepentingan Umum

Masalah utama dari peternakan sapi perah adalah limbah yang dihasilkan. Jika memelihara sapi perah di kawasan yang padat penduduk tentu akan membuat keresahan. Bau dari limbah yang ditimbulkan akan merugikan banyak orang. Selain itu, masalah pembuangan limbah juga akan menjadi permasalahan lain karena jumlahnya yang sangat banyak.

Sebelum membangun kandang, pastikan dahulu lingkungannya. Apakah akan terkena dampak limbah atau tidak. Inilah alasan lain mengapa peternakan sapi perah biasanya terkonsentrasi di satu tempat atau desa. Jika semua peternak berada di satu lokasi yang sama, masalah limbah tentu bisa dibicarakan bersama, bahkan diolah bersama agar tidak mengganggu penduduk atau membuat kesehatan sapi terganggu.

 

 


4. Memilih Lokasi yang Memudahkan Pengelolaan Limbah

Cara ternak sapi yang baik tidak hanya dilakukan dengan pemilihan anakan dan perawatannya saja. Tapi juga pengolahan limbah yang dihasilkan agar tidak merusak lingkungan. Lokasi usaha yang strategis adalah daerah yang memiliki topografi yang memungkinkan untuk mengolah dan mengangkut limbah dengan mudah. Selain itu, masalah pengadaan air bersih juga harus diperhatikan untuk menunjang kebersihan kandang.

Semoga beberapa tips diatas bisa menjadi pertimbangan sebelum memulai usaha peternakan sapi perah.

INDONESIA AUTOMOTIVE COMMUNITY

IAC Indonesia Automotive Community Aplikasi Android Terbaik untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya

Aplikasi Android khusus untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya, yang berisi  info terbaru tentang jadwal event, touring, pameran, kopdar, forum diskusi dan penawaran merchandise dari berbagai komunitas baik mobil ataupun motor. Baca selengkapnya...

  • Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

    Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.

gerobak sapi

TAHUKAH ANDA JIKA IDE FOOD TRUCK BERAWAL DARI BISNIS SAPI?

Yaitu saat harus mengirim sapi yang jaraknya sangat jauh, hingga perlu waktu berhari-hari melewati lokasi yang tidak ada penjual makanan dan minuman. Baca selengkapnya....