Loading...
iden

Memilih Tipe dan Konstruksi Bangunan Kandang Untuk Budidaya Ternak Sapi

Salah satu persiapan penting sebelum memulai usaha budidaya ternak, khususnya sapi adalah membangun perkandangan sapi potong yang baik dan memenuhi syarat. Konstruksi bangunan kandang sapi harus dibuat dengan tipe yang sesuai agar ternak sapi yang dipelihara dapat merasa nyaman untuk tinggal di dalamnya.

Kandang adalah pelindung sapi dari berbagai faktor seperti:

  1. Perubahan cuaca atau iklim yang ekstrem (panas, hujan dan angin)
  2. Binatang buas
  3. Pencurian
  4. Penyakit

Kandang juga berfungsi untuk meningkatkan produktifitas baik untuk sapi ataupun peternaknya, oleh sebab itu pembuatan kandang harus memperhatikan beberapa hal yaitu:

  1. Pemberian pakan, minum, dan perkawinan
  2. Pengambilan, pengumpulan dan pembersihan kotoran (feses, urine dan sisa pakan)
  3. Efisiensi penggunaan tenaga kerja.
  4. Tatalaksana dan cara pemeliharaan ternak baik secara intensif, ekstensif maupun pemeliharaan semi intensif.

 

Kandang sapi harus dibangun dengan perencanaan yang mempertimbangkan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi dari sebuah bangunan perkandangan. Antara lain dari segi teknis, ekonomis, kesehatan kandang (ventilasi kandang, pembuangan kotoran), efisien pengelolaan dan kesehatan lingkungan sekitarnya. 

Salah satu segi teknis adalah konstruksi bangunan kandang yang harus kuat, mudah dibersihkan, sirkulasi udaranya bagus, tidak lembab dan punya tempat penampungan kotoran beserta saluran drainasenya. Kontruksi bangunan kandang juga harus bisa bertahan dari benturan dan dorongan dari sapi, juga menjaga keamanan dari pencurian.

Tata letak kandang dan perlengkapannya dirancang sedemikian rupa agar sapi tetap nyaman saat berada didalamnya. Juga memudahkan peternak pada saat memberikan  pakan dan minum, membuang kotoran dan menangani kesehatan sapinya. Bagaimana dengan desainnya?  Konstruksi bangun kandang sapi harus disesuaikan dengan agroekosistem wilayah setempat, tujuan pemeliharaan, dan status fisiologisnya.

Untuk konstruksi bangunan kandang sapi yang dibangun di dataran tinggi, harus tertutup agar sapi tidak kedinginan. Untuk dataran rendah kebalikannya yaitu bentuk kandang yang lebih terbuka.

Mengenai bentuk kandang berdasar status fisiologis dan pola pemeliharaan, harus dibedakan antara kandang pembibitan, penggemukan, pembesaran,
kandang beranak/menyusui, kandang pejantan, kandang paksa (kandang jepit), dll.

Untuk tipe kandang sapi berdasarkan bentuk dan fungsinya terdiri atas dua jenis yaitu:

 

1. Tipe Kandang Tunggal

Kandang tunggal atau kandang individu, merupakan tipe kandang yang menerapkan pola budidaya satu ternak untuk satu kandang. Luas setiap kandang pada tipe kandang tunggal ini disesuaikan berdasarkan ukuran tubuh sapi yang diternakkan, umumnya setiap kandang sapi pada tipe ini dibuat dengan panjang sekitar 2,5m dan lebar 1,5m.

Konstruksi bangunan pada bagian depan kandang ditempatkan sebuah wadah untuk pakan dan minum hewan ternak atau yang biasa disebut sebagai palungan, sedangkan pada bagian belakang terdapat parit atau selokan sebagai saluran pembuangan kotoran. Untuk memisahkan satu kandang sapi dengan kandang lainnya, dipergunakan sekat yang dibangun memanjang mulai dari palungan sampai batas badan.

Menurut susunannya, terdapat beberapa macam kandang individu, di antaranya:

  1. Kandang satu baris.
  2. Kandang dua baris dengan posisi kepala yang berlawanan (saling membelakangi).
  3. Kandang dua baris dengan posisi kepala yang searah (saling menghadap).

 

2. Tipe Kandang Kelompok

Kandang kelompok atau disebut juga dengan kandang koloni/komunal merupakan salah satu model kandang, di mana dalam suatu ruangan kandang ditempatkan beberapa ekor ternak sapi yang dilepas bebas tanpa diikat.

Kandang tipe ini lebih efisien dibandingkan dengan tipe kandang tunggal, peternak hanya fokus pada pemberian pakan dan minum, serta membersihkan palungan.

Berdasarkan bentuk atapnya, tipe kandang komunal ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni:

  • Kandang kelompok beratap seluruhnya.
  • Kandang kelompok beratap sebagian.  

Nah, itulah sekilas informasi mengenai tipe dan konstruksi bangunan kandang sapi. Sama seperti budidaya ternak lainnya, perkandangan sapi potong pun memiliki tipe, persyaratan, dan macam konstruksi yang dapat disesuaikan dengan setiap jenis usaha peternakan sapi. Oleh karena itu, tata perkandangan yang baik dan tepat, dapat menjadi salah satu faktor penjamin keberhasilan budidaya ternak Anda.

INDONESIA AUTOMOTIVE COMMUNITY

IAC Indonesia Automotive Community Aplikasi Android Terbaik untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya

Aplikasi Android khusus untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya, yang berisi  info terbaru tentang jadwal event, touring, pameran, kopdar, forum diskusi dan penawaran merchandise dari berbagai komunitas baik mobil ataupun motor. Baca selengkapnya...

  • Beef Satay Pak Kempleng Culinary You Should Never Miss

    Beef Satay Pak Kempleng: Culinary You Should Never Miss

    When it comes to entertainment, people have different ways to entertain themselves. Some people prefer to watch good movies, some others love to travel, and some others would rather entertain themselves by eating good foods. If you are the third team, there is one special dish in Semarang, Indonesia, that you should never miss tasting. As you probably already know, Indonesia has a lot of cuisines. Even one certain dish has a bunch of versions. One of them is satay. Every region in Indonesia has…

gerobak sapi

TAHUKAH ANDA JIKA IDE FOOD TRUCK BERAWAL DARI BISNIS SAPI?

Yaitu saat harus mengirim sapi yang jaraknya sangat jauh, hingga perlu waktu berhari-hari melewati lokasi yang tidak ada penjual makanan dan minuman. Baca selengkapnya....