Loading...
iden

Teknologi Kandang Terapung Untuk Sapi Perah

Minke van Wingerden, seorang pengusaha dari Belanda, memiliki ide yang agak tidak biasa. Ia tertarik untuk mengembangkan teknologi di bidang peternakan berupa kandang yang mengapung di sungai. Uniknya gagasannya didapat setelah mengalami musibah yang luar biasa. Pada tahun 2012, Minke bersama rekannya yang sedang mengerjakan proyek di New York, dihantam badai Sandy yang mengakibatkan banjir besar. Selama 2 hari, mereka tidak mendapatkan makanan segar karena jalur transportasinya terputus.

Dari situlah Minke mulai berpikir untuk memproduksi makanan sehat diatas air. Menurutnya, jumlah lahan yang subur sudah berkurang, sedangkan populasi dunia terus bertambah. Kemudian 70% dari dunia adalah air, mengapa kita tidak mencoba menghasilkan makanan sehat yang cukup di masa depan, dengan menmanfaatkan perairan.

Kini ia sedang menguji sebuah peternakan yang berisi 32 ekor sapi perah di perairan dekat kota Schiedam. Lokasi tersebut adalah sebuah pelabuhan seluas 105 kilometer persegi, yang dilewati kapal-kapal kontainer dari seluruh dunia, sehingga dapat dikatakan sebagai jantung salah satu kawasan industri urban di dunia, yang jauh dari ladang hijau seperti peternakan konvensional.

Peternakan terapung ini dilengkapi dengan teknologi peternakan terbaru seperti sistem pemberian makan otomatis, robot penyapu kotoran, stasiun pembersihan mandiri, dan aplikasi smartphone yang digunakan untuk memonitor sapinya. Unit pengolahan susu dan pupuk kandang terletak di dek bawah, atap kandang digunakan untuk menampung air hujan. Daya listrik untuk peternakan berasal dari panel surya yang mengambang di dekatnya. Padang rumput yang terletak sisi dermaga memberi kesempatan pada hewan untuk berada di tanah kering.

Peternakan terapung ini juga memiliki teknologi pengolahan limbah yang memisahkan bahan kering dari urin, agar dapat digunakan sebagai alas untuk sapi. Sedangkan cairan urin diubah menjadi pupuk organik.

Kini, peternakan sapi terapung ini sudah bisa melayani pengunjung yang ingin membeli secara offline maupun online, produk-produk seperti: susu segar, susu pasteurisasi, atau yoghurt.

 

Sumber: tempo.co

INDONESIA AUTOMOTIVE COMMUNITY

IAC Indonesia Automotive Community Aplikasi Android Terbaik untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya

Aplikasi Android khusus untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya, yang berisi  info terbaru tentang jadwal event, touring, pameran, kopdar, forum diskusi dan penawaran merchandise dari berbagai komunitas baik mobil ataupun motor. Baca selengkapnya...

  • Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

    Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.

gerobak sapi

TAHUKAH ANDA JIKA IDE FOOD TRUCK BERAWAL DARI BISNIS SAPI?

Yaitu saat harus mengirim sapi yang jaraknya sangat jauh, hingga perlu waktu berhari-hari melewati lokasi yang tidak ada penjual makanan dan minuman. Baca selengkapnya....