Loading...
iden

Semua Makanan Untuk Manusia Yang Tidak Lagi Bisa Dikonsumsi, Bisa Jadi Bahan Baku Pakan Sapi

Pakan sapi dapat dibuat dengan mudah. Hanya dengan menggiling semua bahan baku menggunakan mesin menjadi serpihan, kemudian dikemas dalam karung ukuran 50 Kg. Bahan bakunya juga banyak macamnya seperti sisa sukro, senek, ikan asin juga kurma. Pokoknya, semua makanan yang tidak bisa lagi dikonsumsi manusia bisa jadi pakan sapi.

Demikian yang dikatakan oleh Haji Maulud atau lebih dikenal dengan nama 'Haji Ulud'. Lebih 30 tahun Haji Ulud menjalankan bisnis ini, bahkan menjadi satu-satunya produsen pakan sapi di Kabupaten Garut.

Nyaris semua peternak sapi di Garut menjadi pelanggannya, terbanyak ada di Kecamatan Bayongbong dan Kecamatan Sukaregang. Ketika ditanya mengenai pengaruh pandemi Covid-19 pada bisnisnya, jawabannya agak diluar dugaan.

Semua Makanan Yang Tidak Lagi Dikonsumsi Manusia Bisa Jadi Bahan Baku Pakan SapiDi saat pandemi seperti sekarang ini dimana banyak sekali perusahaan yang gulung tikar, bisnis pakan sapi Haji Ulud masih berjalan, bahkan terjadi lonjakan permintaan.

Peningkatan terjadi karena sapi para peternak sapi hanya bisa membeli pakan dari produsen terdekat, saat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di Garut. Kondisi ini membuat pabrik pakan sapi Haji Ulud banjir pesanan. 

Walaupun demikian, Haji Ulud tidak serta merta menaikkan harganya yakni tetap Rp2.400 per Kg.

Dalam sebulan Haji Ulud bisa menjual produknya sekitar 60 ton. Ia tidak memiliki rencana meningkatkan jumlah produksinya, karena pabrik pakan sapi yang terletak di Komplek Perumahan Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi itu hanya memiliki 12 orang pekerja saja.

Alasannya, Haji Ulud ingin fokus juga pada dua unit bisnisnya yang lain, yaitu minyak kacang dan bungkil kedelai sebagai bahan baku pembuatan oncom.

Bagaimana, apakah anda berminat jadi pengusaha pakan sapi?

 

Sumber: ayobandung.com

Hindari Memberikan Susu Sapi Kepada Anak Kucing, Ini Alasannya...

Pernah menemukan anak kucing ditinggalkan sendirian di suatu tempat oleh induknya? Pasti tidak tega mendengar suaranya yang terdengar seperti tangisan anak bayi. Para pemerhati hewan, umumnya ingin segera mengambil anak kucing tersebut dan membawanya untuk dirawat dengan baik di rumah. Selengkapnya...
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Dengan 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), kami hanya menawarkan produk-produk pilihan yang berkualitas yaitu: