Loading...
iden

Potensi Sapi Grati, Hasil Persilangan Ternak Lokal dengan Sapi Perah Friesian Holstein

Jenis Sapi perah ini pertama kali dikembangbiakkan karena sulitnya mendapatkan bibit sapi perah Friesian Holstein serta untuk meningkatkan produksinya pada lokasi yang cukup panas. Cara meningkatkan kualitas sapi secara umum adalah dengan kawin silang. Umumnya dilakukan pada ternak sapi lokal, yang dikawinkan dengan sapi asal luar negeri yang dianggap memiliki kualitas yang lebih bagus.

Salah satu hasilnya adalah sapi Grati. Sapi Grati kini dianggap sebagai jenis sapi perah lokal yang berasal dari daerah Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Sapi ini dihasilkan dari persilangan antara sapi perah Friesian Holstein (di Indonesia disebut Fries Holland) dengan sapi Madura, sapi PO, atau sapi Jawa.

Meskipun perawakannya lebih kecil dari Fries Holland, ternak sapi Grati mampu menghasilkan susu lebih banyak dari sapi asal Belanda tersebut. Karena dihasilkan dari sistem kawin silang, banyak orang menyebut sapi ini dengan sapi Peranakan Friesian Holstein (PFH).

Namun Sapi perah jantan dari jenis ini kurang cocok dijadikan sapi potong karena postur tubuhnya yang relatif kecil untuk ukuran sapi pedaging. Sapi Grati termasuk dalam bangsa sapi perah tropis. Di Indonesia, ternak sapi jenis Grati banyak dipakai peternak sebagai bibit sapi perah berkualitas. Beberapa jenis sapi yang masuk kategori sapi perah tropis antara lain:

  • Sapi Red Shindi
  • Sapi Sahiwal
  • Sapi Droughtmaster
  • Sapi Australian Milking Zebu

Sebagai sapi dari hasil kawin silang, sapi Grati tentu memiliki beberapa keunggulan dan performa produksi yang lebih baik dibandingkan sapi perah lokal jenis lain, di antaranya adalah:

  1. Mudah Beradaptasi; Sapi Grati sangat mudah menyesuaikan diri dan berdaptasi dengan kondisi iklim dan cuaca Indonesia yang tropis.
  2. Masa Laktasi Lama; Sapi jenis ini memiliki masa laktasi (masa produksi susu untuk diperah) yang cukup lama, yakni selama 9 bulan.
  3. Produksi Susu; Dibandingkan dengan sapi lokal jenis lain, sapi peranakan ini mampu menghasilkan susu sebanyak 12 sampai 13 liter per ekor dalam setiap harinya.
  4. Perangainya Tenang; Sapi Grati disenangi banyak peternak karena memiliki perangai yang jinak dan tenang sehingga mudah dikendalikan dan diternakkan.

Pun karena diturunkan dari sapi perah Friesian Holstein, sapi Grati memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama dengan sapi FH, seperti:

  • Bulu berwarna belang hitam putih, serta terdapat belang berbentuk segitiga pada bagian dahi.
  • Corak putih terdapat pada bagian dada, perut bagian bawah, ekor, serta kaki.
  • Bentuk kepala lebar, panjang, dan lurus.
  • Tanduk kecil dan pendek, menjurus ke depan.
  • Ukuran dan bobot badan sapi Grati lebih kecil dari sapi Fries Holland.

Itu dia sekilas tentang ternak sapi Grati. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin beternak sapi jenis ini.

INDONESIA AUTOMOTIVE COMMUNITY

IAC Indonesia Automotive Community Aplikasi Android Terbaik untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya

Aplikasi Android khusus untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya, yang berisi  info terbaru tentang jadwal event, touring, pameran, kopdar, forum diskusi dan penawaran merchandise dari berbagai komunitas baik mobil ataupun motor. Baca selengkapnya...

  • Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

    Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

    Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.

gerobak sapi

TAHUKAH ANDA JIKA IDE FOOD TRUCK BERAWAL DARI BISNIS SAPI?

Yaitu saat harus mengirim sapi yang jaraknya sangat jauh, hingga perlu waktu berhari-hari melewati lokasi yang tidak ada penjual makanan dan minuman. Baca selengkapnya....