Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Apa Istimewanya Grandong, Sapi Brangus Yang Menjadi Rebutan Selebritis?

Grandong adalah nama yang diberikan kepada seekor sapi kurban. Yang menghebohkan adalah, sapi ini menjadi rebutan antara Irfan Hakim dan Atta Halilintar. Bukan tanpa alasan, karena sapi jenis Brangus dengan bobot 1,330 ton ini  memang salah satu jenis sapi persilangan yang kualitasnya sangat baik.

Sebelum menjadi milik Irfan Hakim, Sapi Grandong yang dipelihara oleh Hermawan dari Setia Farm ini sempat dibeli oleh seseorang yang berasal dari Jakarta, dengan harga kurang lebih Rp280 juta.

Namun, orang tersebut tidak jadi mengambilnya karena ingin berkurban sapi putih. Setelah tahu bahwa Grandong tidak jadi dibeli, Irfan Hakim langsung meminta izin kepada keluarganya untuk bisa membawa pulang hewan kurban tersebut. Hingga akhirnya Sapi Grandong sampai di Jakarta dan menjadi hewan kurban untuk keluarga Irfan Hakim.

Sapi Brangus merupakan salah satu jenis sapi yang mudah untuk dipelihara. Merupakan sapi persilangan antara sapi betina Brahman (Bos indicus) dan pejantan Aberden Angus (Bos Taurus) yang dilakukan pertama kali di Oklahoma, Amerika Serikat

Komposisi genetiknya аdаlаh 3/8 Brahman dan 5/8 Aberdeen Angus. Ciri dari sapi Brangus adalah berwarna hitam, bertanduk kecil, leher dan telinga pendek, komposisi badan kompak dan padat, kaki kuat dan kokoh.

Jika memiliki punuk, merupakan warisan sifat dari sapi Brahman. Sedangkan dari sapi Aberdeen Angus, menurunkan produktifitas daging dan persentase karkas yang  tinggi.

Kulit sapi Brangus berwarna hitam, namun tahan terhadap cuaca panas, gigitan serangga, serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. 

Keunggulan lain dari sapi Brangus antara lain, bobot badannya bisa diatas 1 ton dalam waktu relatif cepat.

Semoga di tahun-tahun mendatang ada lagi yang seperti sapi grandong,  dan menghebohkan dunia sapi kurban di Indonesia. Pastinya juga menguntungkan bagi peternak yang merawatnya.

 

Sumber: okezone.com