TRANSLATE

Mitos Kandang Sapi di Depan Rumah

Di desa Sambiroto, Pracimantoro, Wonogiri, ada sebuah mitos tentang letak atau posisi kandang sapi di halaman rumah. Jika kandang sapi dibangun di belakang rumah, maka sapi yang dipelihara akan tertimpa berbagai musibah, seperti sering sakit hingga mati.

Itu sebabnya, masyarakat di tempat ini umumnya membangun kandang sapi di depan rumah. Sejak kapan mitos ini berkembang, tidak diketahui dengan pasti, namun tetap dipercaya hingga saat ini

Menurut Kepala Desa (Kades) Sambiroto, Sukatmo, Pemerintah Desa sudah mencoba meminta warga agar memindahkan kandang sapi ke belakang rumah. Selain mengganggu keindahan, kandang sapi di depan rumah berpotensi mengganggu kesehatan warga. Hal tersebut juga membuat Desa Sambiroto tidak pernah menjadi juara, ketika mengikuti lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Namun ada beberapa alasan yang masuk akal, mengapa masyarakat di desa ini lebih memilih membangun kandang di depan rumah yaitu:

Pertama, para peternak di desa ini umumnya memelihara sapi dari kecil hingga besar sebagai sebagai tabungan atau aset. Dengan posisi kandang di depan rumah, mereka merasa tenang karena bisa melihat asetnya setiap saat.

Kedua, memudahkan peternak saat memberikan pakan, karena tidak perlu memutar ke belakang rumah.

Ketiga, kandang di belakang rumah sering kali lebih kotor daripada di depan rumah karena tidak terkontrol.

Dan keempat, kandang di belakang rumah juga mudah mengundang ular ke kandang, jika tidak diketahui bisa membahayakan sapi juga peternaknya.

Kepala Desa (Kades) Sambiroto, Sukatmo, tidak membantah jika kandang sapi di depan rumah bisa merusak keindahan dan kebersihan lingkungan. Tetapi hal itu sulit diubah karena sudah menjadi tradisi. Sedangkan mengenai mitos yang beredar, Sukatmo pernah mencoba membuktikannya dengan membangun kandang sapi, walaupun tidak di depan, melainkan disamping rumah, ternyata  aman-aman saja.

Peternak sapi lain, Suratno, membenarkan hal tersebut. Kandang sapi di depan rumah sebenarnya hanya masalah kepraktisan  saja. Segala urusan tentang sapi menjadi lebih mudah jika kandang berada di depan rumah.

Usaha Peternakan Sapi Seperti Apakah Yang Harus Diurus Izinnya?

"Warga Mengeluh, Peternakan Sapi Tanpa Izin Dibiarkan Tetap Beroperasi", demikian judul sebuah berita yang dilansir oleh dejurnal.com, pada tanggal 07 Mei 2021. Peternakan tersebut terletak di Kampung Ciherang Rt 02 Rw 01 Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Menurut informasi yang diperoleh, peternakan tersebut memang tidak memiliki izin, dan keberadaannya tidak mendapatkan restu masyarakat sekitar. Baca selengkapnya...

Pernak Pernik Sapi Dijual

Dispenser Sabun Cuci Tangan Boneka Sapi

Bahan Plastik, Panjang 13 cm, Lebar 8 cm, Tinggi 14 cm

Celengan Plastik Sapi

Tinggi 12 cm, Lebar 6 cm, Panjang 5,5 cm

Sendok Bayi Gambar Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm

Pensil Box Susu Sapi

Panjang 21 cm, Dilengkapi dengan per.

Mug Sapi Biru

Bahan keramik, Tinggi 10, Diameter 8,5 cm

Perlengkapan Mandi Bentuk Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm, Tinggi 14 cm