Loading...
iden

Mahalnya Harga Daging Sapi Bukan Salah Peternak!

Menurut peneliti dari Center for Indonesia Policy Studies (CIPS), Felippa An Amanta, penyebab utamanya adalah rantai distribusi daging sapi yang sangat panjang. Sebelum sampai ke tangan konsumen harus melewati tujuh hingga sembilan tahapan. Dimulai dari peternak atau tempat penggemukan sapi (feedlot) yang menjual kepada pedagang kecil. Selanjutnya pedagang kecil ini menjualnya kembali kepada pedagang skala besar.

Dari pedagang besar, sapi akan pindah tangan ke pedagang regional yang wilayah perdagangannya mulai dari kabupaten hingga provinsi. Dari pedagang regional ini sapi akan dijual di penampungan ternak (holding ground) yang merupakan area transit untuk menunggu pedagang grosir dari Rumah Potong Hewan (RPH). Pedagang dari RPH inilah yang nanti akan memotong sapi tersebut dan menjualnya kepada konsumen.

Dengan panjangnya rantai distribusi tersebut, menurut anda apakah peternak yang salah jika harga daging sapi mahal?

Sumber: cendananews

Hindari Memberikan Susu Sapi Kepada Anak Kucing, Ini Alasannya...

Pernah menemukan anak kucing ditinggalkan sendirian di suatu tempat oleh induknya? Pasti tidak tega mendengar suaranya yang terdengar seperti tangisan anak bayi. Para pemerhati hewan, umumnya ingin segera mengambil anak kucing tersebut dan membawanya untuk dirawat dengan baik di rumah. Selengkapnya...
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Dengan 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), kami hanya menawarkan produk-produk pilihan yang berkualitas yaitu: