TRANSLATE

Jamu Adalah Salah Satu Rahasia Memenangkan Persaingan Bisnis Sapi Kurban

Persaingan usaha atau bisnis adalah usaha-usaha dari dua pihak/lebih perusahaan yang masing-masing bergiat memperoleh pesanan dengan menawarkan harga/syarat yang paling menguntungkan. Persaingan selalu terjadi di segala bidang usaha, termasuk bisnis sapi kurban.

Para pelaku bisnis sapi kurban harus bisa menawarkan produk dan jasa yang menarik, baik dari segi harga, kualitas dan pelayanan. Kombinasi ketiga faktor digunakan untuk merebut hati para konsumen, dapat diperoleh melalui inovasi, penerapan teknologi yang tepat, serta kemampuan manajerial untuk mengarahkan sumber daya perusahaan dalam memenangkan persaingan.

Hal yang perlu menjadi perhatian untuk memenangkan suatu persaingan bisnis sapi kurban , salah satunya adalah daya saing kualitas. Mialnya, sapi kurban  yang akan dijual harus gemuk dan bebas dari penyakit..

Salah satu cara yang ditempuh adalah memberikan ramuan jamu tradisional khusus pendongkrak nafsu makan dan stamina sapi.

Jamu untuk sapi kurban, diracik dari bahan-bahan  tradisional, ama dengan ramuan  jamu penambah nafsu makan pada manusia. Terdiri dari aneka rempah, yaitu kunyit hitam, kunyit putih, jahe merah, jahe biasa, temulawak, sereh dan garam. Kemudian ditambahkan pemanis dari tetes tebu serta telur ayam. Selanjutnya, bahan bahan tersebut ditumbuk halus, diberi air dan direbus hingga mendidih.

Setelah matang, ramuan tersebut  didinginkan di suhu ruangan dan diberikan kepada sapi yang akan dijual untuk kurban, sebanyak dua kali, pagi dan sore.

Efeknya konon cukup signifikan, ada penambahan bobot antara 25 sampai 30 persen, dibandingkan dengan sapi biasa yang tidak diberi jamu jamuan ini. Sebelum diberi jamu, bobot sapinya sekitar  lima kwintal. Setelah diberi ramuan, bobot hidupnya naik menjadi  tujuh kwintal lebih, demikian yang diklaim olah seorang  peternak sapi  bernama Idi Fitriyadi (51), warga Desa Sisalam, Kecamatan Wanasari, Brebes.

Simmental Sapi Favorit Peternak Generasi Millenial

Apa yang dimaksud dengan generasi Millenial atau generasi Y, yang juga akrab disebut sebagai generation me atau echo boomers? Memang tidak ada kriteria khusus untuk menentukan kelompok generasi yang satu ini. Namun beberapa pakar menggolongkannya berdasarkan tahun lahir awal dan akhir, dengan rentang tahun antara 1980 -1999 Masehi. Sedangkan manusia kelahiran tahun 2000 M sampai sekarang disebut dengan generasi Z atau Z Generation. Baca selengkapnya...

Ikut Asuransi, Terbukti Dapat Menyelamatkan Usaha Ternak Sapi Saat Terjadi Wabah PMK

Adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menyadarkan peternak bahwa asuransi Usaha Ternak Sapi-Kerbau (AUTSK), dapat memberikan perlindungan berupa biaya ganti rugi, apabila sapi atau kerbaunya mati karena berbagai faktor. Baca selengkapnya...

BALITNAK - Balai Penelitian Ternak

Sejarah berdirinya Balitnak - Balai Penelitian Ternak (Balitnak) merupakan gabungan dua Unit Kerja bidang peternakan yaitu Lembaga Penelitian Peternakan (LPP) di jalan Raya Pajajaranm, Bogor dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak (P3T) di Ciawi, Bogor pada tahun 1981. Sejalan dengan perkembangannya, sejak didirikan masing-masing unit kerja tersebut telah beberapa kali mengalami perubahan nama. Baca selengkapnya...