Loading...
iden

Cara Buat Surat Izin Usaha Peternakan Sapi Berikut Persyaratannya

Tergantung kepada kebijakan Pemerintah Daerah setempat, ternyata tidak semua peternakan sapi harus punya ijin usaha. Secara umum yang wajib memilikinya adalah peternakan  yang memelihara minimal 200 ekor sapi  potong indukan dan bakalan, atau memiliki sapi dengan jumlah keseluruhan sebanyak 500 ekor baik sapi potong dan sapi perah. Bagaimana cara buat surat izin usaha tersebut?

Dengan memiliki izin usaha, anda berhak mendapatkan perlindungan hukum, pembinaan, pengarahan, dan pengawasan terhadap kegiatan usaha peternakan sapi tersebut. Termasuk untuk mendapatkan bantuan, juga mempermudah pada saat mengajukan kredit ke Bank.

Yang dimaksud dengan izin usaha adalah suatu bentuk persetujuan atau pemberian izin dari pihak berwenang atas penyelenggaraam suatu kegiatam usaha oleh seorang pengusaha atau suatu perusahaan. Agar kegiatan usaha lancar, maka setiap pengusaha wajib untuk mengurus dan memiliki izin usaha dari instansi pemerintah yang sesuai dgn bidangnya.

 

1. IZIN PRINSIP (IP)

Izin Prinsip adalah izin dari pemerintah, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota yang wajib dimiliki dalam rangka memulai usaha. Dasarnya adalah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, Undang-Undang No. 32 Tahun 2000 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

IP dibutuhkan untuk mendirikan perusahaan baru atau memulai usaha baik sebagai penanaman modal dalam negeri (PMDN), penanaman modal asing (PMA) atau dalam rangka perpindahan lokasi proyek PMA atau PMDN.

Permohonan IP diajukan kepada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bidang Penanaman Modal seperti Badan Kordinasi Penanaman Modal atau juga Badan Perizinan Terpadu yang ada di tingkat Kabupaten/Kota atau Provinsi.

Jika pemegang saham perusahaan Anda adalah warga negara asing dan sebagian lagi orang warga Negara Indonesia, maka pengurusan IP dilakukan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Cara buat surat izin usaha dan persyaratan yang harus dipenuhi jika perusahaannya belum terbentuk:

  1. Formulir IP, yang dilengkapi dan ditandatangani oleh seluruh calon pemegang saham dari perusahaan PMA
  2. Fotocopy KTP dan NPWP bagi WNI atau Kartu Tanda Pengenal yang sah bagi Warga Negara Asing (Paspor)
  3. Uraian kegiatan dan penjelasan tentang produk yang dihasilkan
  4. Rekomendasi dari dinas peternakan
  5. Data estimasi produksi dan pemasaran
  6. Luas Tanah yang dibutuhkan
  7. Jumlah Tenaga Kerja
  8. Nilai Investasi

Persyaratan jika perusahaannya sudah ada:

  1. Formulir IP, yang dilengkapi dan ditandatangani oleh seluruh calon pemegang saham dari perusahaan PMA
  2. Nama Pimpinan Tertinggi Perusahaan
  3. Copy Akta Pendirian
  4. Copy Surat Keterangan Domisili Usaha
  5. Copy NPWP
  6. Copy Surat Pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM
  7. Copy SIUP
  8. Copy TDP
  9. Bidang Usaha
  10. Lokasi Proyek (Proyeksi)
  11. Data estimasi produksi dan pemasaran
  12. Luas Tanah yang dibutuhkan
  13. Jumlah Tenaga Kerja
  14. Rencana Nilai Investasi
  15. Rencana Permodalan

 

2. IZIN PENGGUNAAN TANAH (IPT)

Izin ini diwajibkan bagi usaha peternakan yang menggunakan tanah seluas 2000 m2 atau lebih dikaitkan dengan rencana umum tata ruang daerah yang bersangkutan.

Persyaratan:

  1. Surat permohonan ditandatangani diatas materai
  2. Foto copy KTP Pemohon/Penanggungjawab perusahaan.
  3. Foto copy Akte Pendirian Perusahaan bagi yang berbadan hukum .
  4. Foto copy NPWP.
  5. Proposal/Study Kelayakan.
  6. Site Plan.
  7. Foto Copy Bukti Kepemilikan tanah.
  8. Tanda lunas PBB tahun terakhir.

Masa berlaku Izin Peruntukan Penggunaan Tanah adalah 3 (tiga) bulan dan dapat diperpanjang 1 (satu) kali berdasarkan permohonan yang bersangkutan.

Demikianlah uraian singkat mengenai cara buat surat izin usaha untuk bidang peternakan sapi, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Cara mengurus IMB dan HO (Ijin Gangguan) untuk usaha peternakan sapi berikut persyaratan yang harus dipenuhi 

 

promo gratisUntuk membantu memulihkan kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19, kami akan mempromosikan semua jenis produk anda di website ini secara GRATIS! 

Caranya, kirimkan data lengkap seperti nama produk, info singkat, foto, harga, cara order (WA, bukalapak, shopee, tokopedia, dll berikut link-nya) kepada kami via WA ke 0811112227

 

"Karapan Sapi" Madura: An Enchanted Charm from Madura, East Java Island

Indonesia is an exotic country, as it is rich with cultures and traditions. There are hundreds of islands in the country, and each island has diverse cultures and traditions. One of them is Madura Island. Even though the island is not as famous as Bali, Nusa Tenggara, or Java Island, Madura offers interesting attractions to see as a part of your trip in Indonesia. Before discussing the travel packages and travel insurance you need during your trip, let’s see what makes Madura Island a great… Read More...