Loading...
iden

Hindari Memberikan Susu Sapi Kepada Anak Kucing, Ini Alasannya...

Pernah menemukan anak kucing ditinggalkan sendirian di suatu tempat oleh induknya? Pasti tidak tega mendengar suaranya yang terdengar seperti tangisan anak bayi. Para pemerhati hewan, umumnya ingin segera mengambil anak kucing tersebut dan membawanya untuk dirawat dengan baik di rumah. 

Pada prakteknya, ternyata tidak mudah untuk merawat kucing yang baru berusia satu minggu. Yang harus diperhatikan, adalah makanan sebagai sumber nutrisi yang cukup untuk menopang kehidupannya.

Pada usia tersebut, anak kucing belum bisa mengkonsumsi makanan padat, sebagai penggantinya anda bisa memberikan susu formula kucing sebagai sumber nutrisi yang harganya cukup mahal dan tidak mudah didapatkan. Dengan alasan kepraktisan, beberapa orang kemudian menggantinya dengan susu sapi dalam kemasan.

 

Apakah hal tersebut tepat?

Ternyata tidak, anak kucing belum memiliki banyak enzim yang tepat untuk mencerna laktosa dalam susu sapi. Memberi susu sapi kepada anak kucing dapat menyebabkan diare dan dehidrasi dengan sangat cepat, seperti yang dilansir dari Pet MD, Selasa (6/4/2021)

Ternyata bukan hanya susu sapi, karena anak kucing memiliki perut yang sensitif, oleh sebab itu hindari juga  memberikan susu kedelai, susu almond atau susu kacang. Alasannya, susu kacang dan susu kedelai tidak dapat memberikan keseimbangan yang sesuai dengan asam amino yang dibutuhkan kucing. Karena kucing adalah hewan karnivora maka harus makan produk hewani, jika tidak maka akan kekurangan gizi.

 

Bagaimana dengan susu kambing?

Memang ada beberapa informasi yang merekomendasikan susu kambing untuk anak kucing. Namun, demikian, sebagian besar dokter hewan akan melarangnya. Sebab, tersedia pilihan susu formula yang lebih baik untuk anak kucing yang kandungan gizinya lengkap, seimbang, dan cocok untuk sistem pencernaan anak kucing.

Sumber: kompas.com

'Ibu Tiri Kalah Kejam Dengan Ibu Kota' Tidak Berlaku Bagi Peternak Sapi Perah di Jakarta

Istilah Ibu Kota dan ibu tiri, sudah diperbincangkan sejak tahun 1981. Berawal dari film nasional yang dibintangi oleh almarhum Ateng dan Iskak yang berjudul 'Kejamnya ibu tiri tak sekejam Ibu Kota'. Kisahnya tentang Ateng yang memiliki ibu tiri yang jahat, yang diperankan oleh Doris Calleboute. Selengkapnya...
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Dengan 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), kami hanya menawarkan produk-produk pilihan yang berkualitas yaitu: