TRANSLATE

Garam Untuk Sapi Sembalun

Garam adalah  sumber mineral esensial natrium dan khlor untuk ternak. Mineral tersebut tidak disimpan dalam tubuh sapi karena sebagian besarnya terdapat dalam cairan tubuh dan jaringan lunak. Mineral seperti garam tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ternak, akan tetapi di dapat dari luar. Hal itulah yang menyebabkan garam untuk pakan ternak perlu disediakan bagi setiap ternak, yaitu agar ternak mendapatkan mineral yang cukup.

Oleh sebab itu, peternak harus menyediakan garam untuk ternak  termasuk di Sembalun, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Seminggu sekali, pemilik sapi akan membawakan air garam untuk mereka, karena selain butuh mineral, sapi gunung suka sekali  air garam.

Jika berjalan-jalan  ke area perbukitan di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB, anda akan disambut oleh  ternak sapi. Saat masuk ke desa pun, sayup-sayup suara sapi bersahut-sahutan, yang berasal dari  sapi-sapi Sembalun.

Sapi adalah Sembalun adalah sapi gunung, yang sejak jaman  dulu tidak pernah di kandangkan, namun dibiarkan untuk mencari makan sendiri di perbukitan. Saking uniknya, sapi Sembalun kini menjadi obyek wisata yang disenangi oleh turis. Khususnya atraksi pemanggilan sapi.

"Yeeeemaaaaaa," begitulah cara peternak memanggil kawanan sapinya. Segera setelah mendengar ini, sapi-sapi akan berjalan mendekati sang pemilik. Disini, bukan peternak yang mencari sapi, tapi sapi-sapinya lah yang menghampiri tuannya. Misalnya, ada seribu sapi di tempat itu, tapi si peternak hanya punya 100 sapi. Begitu dipanggil dengan cara tadi, hanya 100 sapi miliknyalah yang  kan datang menghampiri.

Sembalun sangatlah luas. Lantas bagaimana peternak tau ke mana sapi-sapi miliknya pergi? Cukup datang ke tempat di mana dia melepas sapinya,maka di tempat itulah sapinya akan datang kembali.

Keunikan lain dari sifat sapi ini akan terlihat ketika sang peternak meninggal. Selama hidupnya, keluarga sang peternak haruslah ikut datang merawat sapi, sehingga sapi-sapi tersebut mengenal keluarga peternaknya. Jika keluarga tidak pernah ikut merawat, maka sapi-sapi ini akan jadi sapi liar. Mereka tidak akan mau dipanggil oleh keluarga peternaknya, karena tidak mengenalnya.

Simmental Sapi Favorit Peternak Generasi Millenial

Apa yang dimaksud dengan generasi Millenial atau generasi Y, yang juga akrab disebut sebagai generation me atau echo boomers? Memang tidak ada kriteria khusus untuk menentukan kelompok generasi yang satu ini. Namun beberapa pakar menggolongkannya berdasarkan tahun lahir awal dan akhir, dengan rentang tahun antara 1980 -1999 Masehi. Sedangkan manusia kelahiran tahun 2000 M sampai sekarang disebut dengan generasi Z atau Z Generation. Baca selengkapnya...

Ikut Asuransi, Terbukti Dapat Menyelamatkan Usaha Ternak Sapi Saat Terjadi Wabah PMK

Adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menyadarkan peternak bahwa asuransi Usaha Ternak Sapi-Kerbau (AUTSK), dapat memberikan perlindungan berupa biaya ganti rugi, apabila sapi atau kerbaunya mati karena berbagai faktor. Baca selengkapnya...

BALITNAK - Balai Penelitian Ternak

Sejarah berdirinya Balitnak - Balai Penelitian Ternak (Balitnak) merupakan gabungan dua Unit Kerja bidang peternakan yaitu Lembaga Penelitian Peternakan (LPP) di jalan Raya Pajajaranm, Bogor dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak (P3T) di Ciawi, Bogor pada tahun 1981. Sejalan dengan perkembangannya, sejak didirikan masing-masing unit kerja tersebut telah beberapa kali mengalami perubahan nama. Baca selengkapnya...