Loading...
iden

Komposisi Campuran Pasir Dan Semen DynamiX Yang Tepat Untuk Membangun Dinding Kandang Sapi

Material bangunan yang digunakan untuk membuat dinding kandang sapi sangat menentukan kualitasnya. Dan dinding bata adalah pilihan terbaik. Untuk membangun dinding bata, diperlukan bahan  adukan yang terdiri dari campuran pasir, batu split atau batu kerikil dan semen. Khusus untuk semen, salah satu merk semen yang terkenal ekonomis, tahan lama, kuat, cepat kering dan enteng adalah Semen DynamiX.

Untuk membuat adukan, komposisi atau perbandingan bahan yang digunakan harus disesuaikan dengan peruntukannya. Berikut ini adalah panduan untuk membuat adukan pasir dan semen DynamiX untuk berbagai keperluan yaitu:

 

I. UNTUK MEMASANG BATA

Ada dua macam perbandingan yaitu:

1. Semen DynamiX 1 bagian + pasir 4 bagian.; Digunakan untuk membuat dinding bata baik yang tertutup tanah, seperti membuat kolam penampungan limbah sapi atau bak untuk cadangan kebutuhan air agar tidak rembes, ataupun dinding bata pada umumnya

2. Semen DynamiX 1 bagian + pasir 6 bagian; Dipakai untuk plesteran dinding yagn berada diatas tanah. Untuk kolam yang dindingnya dibawah tanah, perbandingannya di kurangi yaitu 1 bagian semen + 4 bagian pasir.

 

II. UNTUK ADUKAN BETON

Komposisinya adalah : Semen DynamiX 1 bagian + pasir 2 bagian + batu split 3 bagian; Komposisi bahan bangunan ini digunakan untuk bangunan standar. Untuk yang membutuhkan struktur khusus seperti kolam yang dibeton, maka perbandingannya adalah 1 : 1.5 : 2.5 yaitu 1 bagian semen DynamiX + 1,5 bagian pasir + 2,5 bagian split.

 

Dinding bata atau tembok adalah salah satu pilihan dari 3 bahan dinding bangunan kandang sapi selain kayu dan bambu. Tembok adalah yang terkuat, tidak mudah ambruk, baik saat tertiup angin maupun terkena benturan atau tendangan sapi dari dalam kandang.
    
Namun, kekurangan dari tembok bata adalah terhambatnya sirkulasi udara bila tembok bata dibangun terlalu tinggi. Solusinya adalah dengan membuat beberapa lubang agar udara bisa keluar masuk dengan leluasa. 
    
Bila ingin memilih kayu untuk dinding kandang, pastikan bahwa kayu yang digunakan cukup kuat. Ada beberapa kelebihan dari kayu walaupun saat ini harganya lebih mahal dari dinding bata, yaitu memberikan rasa adem di dalam kandang. Ada berbagai macam kayu yang bisa dipilih, bahkan bisa menggunakan kayu daur-ulang (seperti bekas rumah atau gudang), selama kualitasnya masih bagus. 
    
Lalu, apa kekurangan dari kayu untuk dinding kandang sapi? Selain mudah lapuk dimakan rayap atau terkena pengaruh perubahan cuaca (baik musim kemarau maupun musim hujan), kayu juga lebih rentan terhadap benturan. Kayu yang telah pecah juga berpotensi mencederai sapi yang membentur dinding kayu tersebut.
    
Bagaimana dengan bambu? Butuh keahlian khusus untuk menyambungkan banyak bambu sebagai bahan dinding bangunan kandang yang kuat. Selain lebih murah dan bahkan bisa ditemukan di hutan bambu, sirkulasi udara juga lebih lancar mengalir lewat sela-sela bambu. Kekurangannya? Belum tentu sekuat kayu walaupun sama-sama dirawat dengan apik.

Demikian sedikit informasi tentang dinding kandang sapi. Sekali lagi, pemilihan bahan untuk kandang tergantung kebutuhan dan dana yang Anda miliki sebagai pemilik usaha peternakan. Apakah akan menggunakan dinding bata yang dibuat dengan adukan semen DynamiX dan pasir, kayu ataupun bambu....

PRODUK TERLARIS

  • Pupuk Hayati Untuk Tanaman Hias

    Penggunaan pupuk kimia yang terus menerus dan berlebihan, dapat mematikan mikroorganisme yang tadinya berada secara alami dalam tanah. Padahal, mikroorganisme tersebut berfungsi untuk meningkatkan kesuburan tanah guna tumbuh kembang tanaman. Untuk mengembalikan keberadaan mikroorganisme tersebut, anda memerlukan pupuk hayati.

KOMUNITAS PETERNAK

KOMUNITAS PETERNAK SAPI BANYUWANGI

Wadah untuk berbagi informasi para peternak sapi. Dilarang saling menghujat, salam guyub rukun.

JUAL PRODUK SERBA SAPI

  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Dengan 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), kami hanya menawarkan produk-produk pilihan yang berkualitas.

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…