TRANSLATE

Cara Tepat Berikan Daging Sapi pada Kucing Peliharaan

Dikenal sebagai salah satu binatang pemakan daging alias karnivora, tubuh kucing dirancang untuk dapat menyerap nutrisi dari protein hewani. Tidak heran jika kucing  lebih menyukai berbagai macam daging, salah satunya daging sapi.

Banyak yang menganggap kucing bisa memakan daging sapi mentah, mengingat kerabatnya yang berburu mangsa di alam liar. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, karena daging sapi mentah tidak bisa menjamin terbebas patogen dan parasit yang dapat mengganggu kesehatan kucing.

Akan jauh lebih aman jika kucing diberikan daging sapi giling. Juga lebih higienis dan sehat jika proses dilakukan sendiri di rumah dengan menyisihkan lemaknya, bukan beli yang sudah jadi di pasar.  Daging sapi giling pun sebaiknya  diberikan kepada kucing  dalam keadaan matang. Namun biarkan rasa alami daging sapi  muncul, bukan rasa yang berasal dari tambahan bumbu seperti garam, merica, bahkan bawang-bawangan yang dapat mengganggu kesehatan hewan. Berikan sebagai kudapan saja bukan menu makanan utama.

Untuk mematangkan daging sapi giling, paling tepat dengan cara ditumis  hingga berwarna kecoklatan dan biarkan dingin. Umumnya, untuk kucing dengan berat 4 kilogram membutuhkan sekitar 300 kalori per hari, atau  55 kalori per ons daging giling yang sudah matang. Jadi cukup berikan daging sapi giling sebanyak  1-2 ons saja.

Jika kucing belum terbiasa dengan daging sapi giling yang sudah dimasak, coba dalam jumlah kecil untuk memberi peluang bagi kucing untuk beradaptasi. Mulai dengan meletakkan sedikit dijarimu dan biarkan kucing peliharaanmu datang untuk mengendusnya. Jika belum juga tertarik, letakkan daging sapi giling  yang matang sedikit dekatmu untuk memancing rasa ingin tahunya. Jika sudah menyukainya, baru disediakan dengan jumlah lebih banyak lebih banyak di lain waktu.

Simmental Sapi Favorit Peternak Generasi Millenial

Apa yang dimaksud dengan generasi Millenial atau generasi Y, yang juga akrab disebut sebagai generation me atau echo boomers? Memang tidak ada kriteria khusus untuk menentukan kelompok generasi yang satu ini. Namun beberapa pakar menggolongkannya berdasarkan tahun lahir awal dan akhir, dengan rentang tahun antara 1980 -1999 Masehi. Sedangkan manusia kelahiran tahun 2000 M sampai sekarang disebut dengan generasi Z atau Z Generation. Baca selengkapnya...

Ikut Asuransi, Terbukti Dapat Menyelamatkan Usaha Ternak Sapi Saat Terjadi Wabah PMK

Adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menyadarkan peternak bahwa asuransi Usaha Ternak Sapi-Kerbau (AUTSK), dapat memberikan perlindungan berupa biaya ganti rugi, apabila sapi atau kerbaunya mati karena berbagai faktor. Baca selengkapnya...

BALITNAK - Balai Penelitian Ternak

Sejarah berdirinya Balitnak - Balai Penelitian Ternak (Balitnak) merupakan gabungan dua Unit Kerja bidang peternakan yaitu Lembaga Penelitian Peternakan (LPP) di jalan Raya Pajajaranm, Bogor dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak (P3T) di Ciawi, Bogor pada tahun 1981. Sejalan dengan perkembangannya, sejak didirikan masing-masing unit kerja tersebut telah beberapa kali mengalami perubahan nama. Baca selengkapnya...