Loading...
iden

Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Dengan Objek Penelitian Adalah Peternakan

Balai Penelitian Peternakan atau biasa disingkat sebagai Balitnak, adalah sebuah lembaga riset yang bertugas untuk  mencari dan meningkatkan manfaat dari sumberdaya peternakan, menghasilkan dan mendiseminasi  inovasi teknologi, membangun jaringan kerjasama dan pertukaran informasi teknologi, serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, sarana dan prasarana penunjang kegiatan penelitian peternakan.

Untuk mendukung kinerja  dengan objek penelitian adalah bidang peternakan, Balitnak didirikan diareal yang cukup luas, sekitar 23 Ha di Desa Banjarwaru. Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, pada ketinggian tempat antara 450 - 500 m dpl dengan curah hujan antara 3.500-4.000 mm/tahun.

Lembaga riset yang telah berdiri cukup lama ini sesungguhnya adalah penggabungan dari dua Unit Kerja bidang peternakan yaitu Lembaga Penelitian Peternakan (LPP) di  jalan Raya Pajajaranm, Bogor dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak (P3T) di Ciawi, Bogor pada tahun 1981. Dan masing-masing unit kerja tersebut telah mengalami perubahan nama berungkali yaitu :

 

A. Lembaga Penelitian Peternakan

1950 -> Balai Penelitian Umum
1952 -> Balai Penyidikan Peternakan (BPP)
1956 -> Pusat Balai Penyelidikan Peternakan (PBPP)
1961 -> Lembaga Penelitian Peternakan
1966 -> Lembaga Peternakan
1966 -> Lembaga Penelitian Peternakan

 

B. Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak (P3T)

04/12/1974 - Cikal bakal lembaga ini adalah  memorandum persetujuan kerjasama Direktorat Jenderal Peternakan, Departemen Pertanian, Indonesia dengan Colombo Plan, CSIRO (Commonwealth Scientific and Industri Research Organization)  Australia, yang ditandatangani pada tanggal  4 Desember 1974 untuk jangka waktu 10 tahun. Semula bernama B.A.R.I. (Bogor Animal Husbandry Research Institute) kemudian berubah  menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (P4)
13/11/1978  - Berubah menjadi P3T, setelah diresmikan penggunaannya oleh Presiden Soeharto dan dihadiri oleh Perdana Menteri Australia serta pejabat tinggi kedua negara.
 1981  - Penggabungan LPP dan P3T menjadi Balai Penelitian Ternak (Balitnak) berdasarkan SK Mentan No. 71/KPts/OT.210/1/2002 dan sekaligus pelimpahan kedudukan yang semula dibawah Direktorat Jenderal Peternakan menjadi Unit Kerja Badan Litbang Pertanian.

 

Demikian info singkat tentang lembaga riset dengan objek penelitian adalah bidang petenakan yang disebut dengan nama BALITNAK

 

Sumber : balitnak.litbang.pertanian.go.id

 

Di tag dibawah

INDONESIA AUTOMOTIVE COMMUNITY

IAC Indonesia Automotive Community Aplikasi Android Terbaik untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya

Aplikasi Android khusus untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya, yang berisi  info terbaru tentang jadwal event, touring, pameran, kopdar, forum diskusi dan penawaran merchandise dari berbagai komunitas baik mobil ataupun motor. Baca selengkapnya...

  • Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

    Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

    Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.

gerobak sapi

TAHUKAH ANDA JIKA IDE FOOD TRUCK BERAWAL DARI BISNIS SAPI?

Yaitu saat harus mengirim sapi yang jaraknya sangat jauh, hingga perlu waktu berhari-hari melewati lokasi yang tidak ada penjual makanan dan minuman. Baca selengkapnya....