Loading...
iden

Apakah Bahan Atap Bangunan Kandang Yang Anda Pilih Sudah Sesuai Kebutuhan Ternak Sapi?

Bagi yang sedang fokus dalam pembangunan kandang sapi potong, Anda bisa memulai dari merancang dulu keseluruhan desainnya agar berfungsi secara maksimal dan sesuai dengan tata letak yang ada.

Kemudian pilihlah model atap bangunan kandang yang akan digunakan. Salah satu bagian terpenting dalam perkandangan sapi potong adalah atapnya. Bagaimana cara membangun atap kandang sapi potong yang sesuai, agar sapi betah di kandang dan tetap sehat, sebelum saatnya dipotong?
    
Semuanya harus dipikirkan matang-matang, mulai dari model kandang sapi potong hingga konstruksi kandang sapi potong. Khusus untuk bagian atap bangunan kandang, carilah bahan-bahan yang kuat dan tahan dari sengatan panas matahari. Lebih baik lagi bila bahan-bahan tersebut didapatkan dengan harga terjangkau.

Mengapa demikian? Sebelum dipotong, ternak sapi menghabiskan nyaris seluruh waktunya di dalam kandang tersebut (kecuali, mungkin sesekali Anda atau peternak yang bekerja pada Anda rajin menggembalakan mereka agar punya kesempatan untuk lebih banyak bergerak). Bisa dibayangkan yang terjadi bila kandang terasa tidak nyaman. Sapi-sapi di usaha peternakan Anda bisa tidak betah, cepat haus, dan rentan stres. Bukan tidak mungkin lagi kalau sapi potong di usaha peternakan Anda tidak akan menghasilkan daging yang berkualitas bagus.
    
Karena itulah, bahan untuk membuat atap bangunan kandang sapi potong sebaiknya jangan yang terbuat dari seng dan letaknya juga jangan terlalu rendah. Mengapa? Seng dapat menyerap panas dengan lebih mudah, yang membuat sapi-sapi cepat haus. Karena itulah, Anda disarankan untuk memilih genting sebagai bahan atap bangunan kandang sapi potong.

Selain harganya murah dan mudah ditemukan karena relatif banyak dijual, bahan genting juga tidak mudah menyerap panas. Jadi, bisa dipastikan sapi di dalam kandang untuk peternakan sapi milik Anda akan merasa nyaman dan tidak mudah stres.
    
Lalu, bagaimana dengan ketinggian atap kandang untuk sapi potong yang baik dan benar? Ketinggian atap yang baik dari tanah ke atas harus sampai 3m. Jangan lupa dengan sudut kemiringan sebanyak 30°. Mengapa harus demikian?

Ternak sapi membutuhkan sirkulasi udara yang bagus, terutama agar mereka dapat bernapas lebih lega dan tidak merasa sesak. Dengan demikian, bila ditambah dengan pakan ternak berkualitas tinggi dan persediaan air minum yang memadai, proses penggemukan sapi sebelum menjadi sapi potong dapat berjalan dengan lancar.
    
Meskipun sudah mendapatkan bahan atap bangunan kandang yang tepat dan memutuskan tingkat kemiringan yang sesuai, pastikan juga sapi-sapi di usaha peternakan Anda terlindungi dari cipratan air hujan dari bagian samping. Memang, ada baiknya kalau sesekali semua sapi dimandikan agar bersih.

Namun, sapi yang selalu basah (terutama saat musim hujan), dapat menyebabkan sapi jatuh sakit. Tidak hanya Anda harus menambah biaya untuk pemeriksaan dokter hewan, namun lagi-lagi dapat menurunkan harganya bila dijual dalam kondisi kurang sehat.

INDONESIA AUTOMOTIVE COMMUNITY

IAC Indonesia Automotive Community Aplikasi Android Terbaik untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya

Aplikasi Android khusus untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya, yang berisi  info terbaru tentang jadwal event, touring, pameran, kopdar, forum diskusi dan penawaran merchandise dari berbagai komunitas baik mobil ataupun motor. Baca selengkapnya...

  • Beef Satay Pak Kempleng Culinary You Should Never Miss

    Beef Satay Pak Kempleng: Culinary You Should Never Miss

    When it comes to entertainment, people have different ways to entertain themselves. Some people prefer to watch good movies, some others love to travel, and some others would rather entertain themselves by eating good foods. If you are the third team, there is one special dish in Semarang, Indonesia, that you should never miss tasting. As you probably already know, Indonesia has a lot of cuisines. Even one certain dish has a bunch of versions. One of them is satay. Every region in Indonesia has…

gerobak sapi

TAHUKAH ANDA JIKA IDE FOOD TRUCK BERAWAL DARI BISNIS SAPI?

Yaitu saat harus mengirim sapi yang jaraknya sangat jauh, hingga perlu waktu berhari-hari melewati lokasi yang tidak ada penjual makanan dan minuman. Baca selengkapnya....