Loading...
iden

Media Tanam "Karya Subur" Rp15.000 Per Pack

Pupuk kandang adalah sebuah istilah untuk menyebut olahan kotoran hewan yang bentuknya padat, contohnya tahi sapi (faeces). Pupuk kandang digunakan pada lahan pertanian sebagai upaya untuk memperbaiki kesuburan dan struktur tanah, melalui unsur hara yang terdapat didalamnya, seperti nitrogen, magnesium, kalium, kalsium dan lain sebagainya.

Manfaat lain dari pupuk kandang dari kotoran sapi adalah mempertahankan struktur fisik tanah sehingga akar dapat tumbuh secara baik. Hal itu bisa terjadi karena kandungan serat yang cukup tinggi.

Namun demikian kotoran sapi segar tidak begitu saja dapat digunakan sebagai pupuk. Perlu pematangan dan atau pengomposan terlebih dahulu hingga warnanya berubah dari hijau menjadi hitam gelap, teksturnya gembur, tidak lengket, suhunya dingin dan tidak berbau.

Apabila langsung kotoran sapi segar langsung dipakai untuk memupuk tanaman, akan terjadi perebutan unsur N antara tanaman dengan proses dekomposisi kotoran sapi tersebut. Umumnya tanaman yang akan kalah, yang ditandai oleh daun yang kering, berubah warna menjadi kuning hingga merah kecoklatan. Atau bunga atau buahnya tidak bisa tumbuh sempurna alias kerdil.

Pupuk dari kotoran sapi sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu bahan untuk pembuatan media tanam. Yang disebut media tanam adalah sarana untuk tempat tumbuh dan berkembangnya akar tanaman. 

Bagi anda penggemar tanaman hias, wajib tahu tentang media tanam yang cocok dengan jenis tanamannya. Pada prinsipnya, apapun jenis  tanaman nya, pasti membutuhkan media tanam yang sesuai dengan habitat asalnya.

Contohnya untuk Aglaonema, media tanam yang sesuai untuk tanaman hias ini terdiri atas dua jenis, media bersifat keras dan media bersifat lembek atau lunak. Media tanam keras untuk menciptakan porousitas, sedangkan media tanam lunak berfungsi untuk pertumbuhan akar dan menyediakan zat hara.

Sekam adalah salah satu contoh bahan media tanam keras, yang berasal dari kulit biji padi. Sekam umumnya digunakan dalam bentuk sekam bakar atau sekam mentah yang telah didiamkan atau dilayukan selama 4-8 minggu. 

Sebagai bahan baku media tanam, sekam bakar tidak perlu proses sterilisasi lagi karena patogen telah mati pada saat pembakaran. Kandungan karbon pada sekam bakar juga bisa membuat media tanam menjadi lebih gembur. Mengenai tingkat porousitasnya, antara sekam bakar dan sekam mentah nyaris tidak berbeda jauh.

Tapi, ada kelemahan dari sekam bakar, dikarenakan sifatnya yang mudah lapuk, media tanam yang menggunakan sekam bakar harus lebih sering diganti.

Sedangkan sekam mentah memiliki memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sekam bakar. Antara lain mudah mengikat air, tidak mudah lapuk, mengandung kalium (K) yang dibutuhkan tanaman, serta tidak mudah menggumpal. Akan tetapi sekam mentah cenderung miskin hara. Untuk menutup kekurangan itulah, pada pembuatan media tanam untuk Aglaonema bisa ditambahkan pupuk kandang dari kotoran sapi.

Media

Pecinta Sapi Kediri dan Sekitarnya

Siapa saja bisa melihat siapa anggota grup ini dan apa yang diposting.
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Dengan 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), kami hanya menawarkan produk-produk pilihan yang berkualitas.

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…