Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

KOHE ++ , Bahan Baku Media Tanam Berkualitas

KOHE adalah singkatan dari kotoran hewan. Bisa berupa kotoran sapi, kambing atau ayam, yang sudah mengering dan siap digunakan sebagai salah satu jenis bahan baku untuk membuat media tanam atau pupuk. Media tanam atau disebut juga dengan media tumbuh, adalah sarana untuk membesarkan tanaman, dengan menjadi tempat akar atau bakal akar bisa tumbuh dengan sempurna.

Syarat media tanam yang baik harus bebas dari bibit hama dan penyakit, bebas gulma, mampu menampung serta membuang air, serta memiliki derajat keasaman (pH) antara 6-6,5. Selain itu, media tanam juga harus mengandung remah dan porous sehingga akar dapat tumbuh dan berkembang, juga ringan agar mudah dipindah-pindahkan.

Ada dua jenis media tanam berdasarkan bahan bakunya, yaitu

  1. ORGANIK; Dibuat dari bahan yang berasal dari organisme hidup, contohnya: arang, batang pakis, kompos, moss, pupuk kandang, serabut kelapa, sekam padi, dan humus,
  2. ANORGANIK; adalah media yang menggunakan bahan dengan kandungan unsur mineral tinggi. Pada umumnya berasal dari proses pelapukan di inti bumi, antara lain: gel, pasir, kerikil, pecahan batu bata, spons, tanah liat, vermikulit, perlit, dan gabus (styrofoam).

 

KOHE++

kohe clarisa flora duniasapiBagi para penghobi tanaman hias, kini telah tersedia KOHE++, hasil racikan Agung Sumedi, pebisnis tanaman hias di Bogor (lihat liputannya di SariAgri).

Sedangkan bahan bakunya disupport oleh Abrianto, pengelola duniasapi.com (baca profilnya di Tabloid KONTAN).

KOHE++, adalah bahan baku untuk membuat media tanam dengan dua kelebihan di banding dengan kohe biasa yaitu:

 

1. TELAH DIFERMENTASI

Fermentasi merupakan proses perubahan senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan menggunakan mikroorganisme. Karena manfaatnya yang cukup banyak, maka proses ini biasa digunakan oleh manusia sebagai bagian dari bioteknologi konvensional untuk meningkatkan potensi sumber makanan.

Mikroorganisme yang digunakan pada KOHE++ berasal dari probiotik yang dibuat khusus dari olahan beberapa jenis biji-bijian, untuk mendapatkan cairan yang mengandung bakteri asam laktat. Bakteri ini sudah lama diketahui sangat bermanfaat untuk melindungi bahan organik dari pencemaran bakteri patogen yang merugikan, meningkatkan kandungan nutrisinya, serta memberikan dampak positif bagi kesehatan mahluk hidup.

Hasil uji coba KOHE++ yang dilakukan pada berbagai jenis tanaman hias di kebun Clarisa Flora, hasilnya sangat memuaskan sesuai dengan yang diharapkan.

 

2. POROSITASNYA TINGGI

Yaitu dengan menambahkan sekam padi baik sekam bakar ataupun sekam mentah. Yang dimaksud dengan sekam padi adalah kulit padi setelah diambil bulir berasnya. Walaupun tergolong limbah, sekam padi memiliki manfaat untuk berbagai jenis tanaman ketika digunakan sebagai media tanam, yaitu:

  1. Mengikat unsur unsur hara dalam tanah, sehingga selalu tersedia untuk tanaman.
  2. Tanaman yang diberi sekam bakar, lebih tegak daun daunnya karena kandungan silika yang ada didalamnya.
  3. Mendorong perkembangan sel sel tanaman berkat kandungan phospatnya.
  4. Meningkatkan jasad renik (mikroba bermanfaat), dengan menyediakan tempat yang hidup yang sesuai dengan kebutuhannya.
  5. Juga dapat mengurangi bobot sehingga pot yang menggunakan media tanam menggunakan sekam padi akan lebih ringan.

 

Bagi anda yang membutuhkan, kami menjual produk ini dengan harga hanya Rp10.000 per pack, dengan berat 1,5 kg, setara dengan 2 pot tanaman diameter 22 cm.

Silahkan menghubungi ARANDVI:

TELEPON : 0811112227
OFFLINE  : Jalan Janaka 2 Nomer 13, Bogor 
ONLINE : TOKOPEDIA - DUNIASAPI